HPN 2016 Harus Lambungkan Wisata Halal

 

menbudpar-pwi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist)

Salah satu upaya pemerintah Indonesia mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada 2019 mendatang adalah dengan mempromosikan konsep wisata halal di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan demikian, penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di NTB dinilai tepat dalam rangka ikut mempromosikan wisata halal di daerah itu. Begitu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika bertemu dengan pimpinan Persatuan Wartawan (PWI dan Panitia HPN 2016 di kantornya, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum PWI Margiono yang didampingi anggota Dewan Penasihat PWI Sofyan Lubis, juga pengurus PWI Kiki Iswara, Muhamad Ihsan dan Agus Yuli serta Rita Sri Hastuti.

Dari unsur panitia HPN hadir Ketua Panitia HPN Teguh Santosa bersama panitia lainnya Dar Edi Yoga dan Christiana Chelsie Chan. “Untuk mendorong peningkatan kunjungan wisman, kita harus memanfaatkan potensi turisme di setiap objek wisata. Pemerintah Provinsi NTB berupaya memperkenalkan NTB sebagai objek halal tourism, ini harus kita dukung. HPN bisa melambungkannya,” ujar Arief Yahya.

Selain wisata halal, sambung Arief Yahya, potensi wisata bahari di NTB juga sangat besar. Kebijakan bebas visa yang baru-baru ini diumumkan pemerintah, katanya lagi, diharapkan juga akan menarik perhatian kapal-kapal pesiar singgah di kepulauan Indonesia, khususnya di NTB.

Menyambut pernyataan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ketua Umum PWI yang juga Penanggung Jawab HPN 2016 menambahkan, pihaknya tengah merancang program bersama antara komponen pers dan Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan kesadaran wisata di kalangan jurnalis dan pengelola redaksi.

“Target kunjungan wisman ke Indonesia juga menjadi tanggung jawab pers Indonesia. Mengabarkan keindahan negeri kita kepada dunia adalah juga tugas dan tanggung jawab kami secara moral,” demikian Margiono. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

Presiden Jokowi Promosikan Pariwisata RI di Tiongkok

Presiden Jokowi di Tiongkok (Ist) Pemerintah melakukan cara yang cerdas dalam membidik turis Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Tiongkok ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Cuisine

Samosir Kembangkan Destinasi Wisata

Turis asing ke Samosir (Ist) Pemerintah kabupaten Samosir di Sumatera Utara tampak serius mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata Pasir Putih Tandarabun, Pantai Parmonangan dan Pantai Langat guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Festival

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Pemerintah Perlu Perhatikan Kantong Destinasi Wisata Penyumbang Wisman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Meski pemerintah tengah giat mempromosikan dan mengembangkan 10 destinasi wisata unggulan yang

Culture

Yogyakarta Curi Perhatian di TTE Expo 2016 Manila

Menteri Pariwisata Arief Yahya Filipina bukan pasar terbesar Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. Critical

Slideshow

Menteri Susi Resmikan Wajah Baru Gedung OLVEH

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Ist) Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan wajah baru gedung OLVEH (Onderlinge Levensverzekering Van Eigen Hulp) di seberang pintu selatan Stasiun Kota setelah direvitalisasi

Slideshow

Investor Minati Pariwisata Riau

Foto bersama jumpa pers Anugerah Pesona Indonesia 2018 Anugerah Pesona Indonesia (API) rupanya sudah menjadi salah satu penghargaan yang prestisius dalam pariwisata Indonesia. Adapun Ajang kompetisi pariwisata antardaerah ini tahun