HPN 2016 Momen Sosialisasi Halal Tourism di Indonesia

hadi di depan patung

LA Hadi Faishal (Ist)

Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai menjadi momen yang tepat untuk melakukan sosialisasi mengenai penerapan halal tourism di berbagai daerah di Indonesia.

“HPN 2016 akan dihadiri oleh berbagai media massa nasional sehingga menjadi momen yang pas untuk sosialisasi mengenai keberhasilan Lombok mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination di event World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab,” tutur Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com, Senin (23/11/2015).

Hadi, begitu ia biasa disapa, menuturkan bahwa dalam HPN 2016 yang direncanakan akan dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya bisa saja menjadi awal dicanangkannya halal tourism oleh pemerintah diterapkan di berbagai destinasi di negeri ini.

“Nanti HPN 2016 di Lombok juga bisa dimanfaatkan untuk seremonial syukuran keberhasilan Lombok berhasil meraih dua gelar bergengsi dalam event prestise di World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menjelaskan bahwa wisatawan asing yang berkunjung ke beragam destinasi di Indonesia berasal dari berbagai negara yang terdiri dari multi etnis, dan multi keyakinan sehingga tidak salah jika halal tourism dilakukan di semua daerah di Indonesia.

lombok menang dlm halal tourism

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist)

“Negara-negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia selama ini sudah menerapkan halal tourism, namun tidak dilakukan di semua bagian negara mereka sehingga menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menerapkan halal tourism di beragam destinasi di negeri ini,” ucapnya.

Menurutnya, penerapan halal tourism bisa dimulai dengan makanan halal, dan penyediaan fasilitas tempat ibadah untuk wisatawan. Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini mengatakan bahwa Lombok menjadi entry point bagi penerapan halal tourism di Indonesia lantaran Lombok yang menjadi wakil negeri ini dalam event bergengsi World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab belum lama ini.

“Lombok berhasil meraih anugerah bergengsi dalam event berskala dunia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dan, itu bisa dicontoh oleh destinasi lainnya di Indonesia sehingga nantinya destinasi lainnya itu juga bisa ikut dalam event prestise tersebut,” ungkapnya. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

Melestarikan Gerabah, Menjaga Kearifan Lokal

Suasana pembukaan  Pameran Kerajinan Gerabah Antara Sitiwinangun dan Pagerjurang Bayat (Ist) Pameran Kerajinan Gerabah Antara Sitiwinangun dan Pagerjurang Bayat yang dibuka Senin, 3/4/2017 oleh GM Bentara Budaya Jakarta Frans Sartono,

SightSeeing

Kampung Wisata di Yogyakarta Diyakini Memikat Wisatawan

Istri Wakil Gubernur DI Yogyakarta GKBRAY A Paku Alam X membatik menandai pembukaan Festival Batik& Bathok Night di Kampung Wisata Budaya Langenastran disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro di nDalem Dorojaten. (Ist)

Destinations

Turis India Penting untuk Pariwisata Indonesia

Seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016) (Ist) Wisatawan asal India dinilai punya penting bersama turis asal Tiongkok

Nature

Kepri Mendulang Wisman Singapura

Daya tarik wisatawan di Kepri (Ist) Bisnis pariwisata di Kepualauan Riau (Kepri) semakin bergairah. Salah satu yang membuat atmosfer itu bergairah adalah serangkaian events yang di-posting di akhir tahun 2016.

Culture

Turis AS Belum Banyak yang Mengenal Indonesia

Imelda Budiman (Ist)  Turis asal Amerika Serikat (AS) harus diakui memang belum banyak yang mengenal Indonesia. Namun, tidak semua turis dari Negeri Paman Sam itu juga mengenal Bali. Demikian disampaikan Mrs Indonesia

SightSeeing

Gunung Bromo Menang di PATA Gold Award 2015

Gunung Bromo di Jawa Timur Pacific Asia Travel Association (PATA) dengan bangga mengumumkan pemenang dari 2015 PATA Grand and Gold Awards lantaran ajang bergengsi ini didukung dan disponsori oleh Kantor