HPN 2016 tak Ganggu Kunjungan Wisatawan Asing ke Lombok

hadi di jkt

LA Hadi Faishal (Ist)

Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat diyakini tidak akan mengganggu kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Pulau Seribu Masjid itu lantaran HPN 2016 akan dilakukan ketika low season.

Malah, keberadaan media massa selama HPN 2016 akan membantu promosi Lombok kepada publik sehingga akan mengetahui potensi wisata di Pulau Seribu Masjid itu secara keseluruhan dan bisa berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Lombok.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. “Rencana penyelenggaraan HPN 2016 di Lombok dilakukan pada Februari mendatang yang biasanya kunjungan wisatawan, termasuk turis asing mengalami low season,” ucap Hadi, begitu ia biasa disapa.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menuturkan bahwa saat low season tingkat okupansi hotel cenderung menurun sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap wartawan yang meliput HPN 2016 di Lombok.

Sebelumnya Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung Lombok menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com, Senin (9/11/2015). Hadi berharap pemerintah provinsi NTB mengajak rombongan media massa untuk keliling Lombok agar wartawan bisa mengetahui Lombok secara keseluruhan.

“Penting bagi wartawan untuk mengetahui semua potensi wisata yang ada di Lombok,” ucap Hadi. Menurutnya, selama media massa berada di Lombok, wartawan tidak hanya sekadar mengetahui destinasi wisata tapi juga dapat mengetahui potensi wisata kuliner khas Lombok, kerajinan tangan, dan lainnya sehingga bisa diinformasikan kepada publik yang akan berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Lombok.

Jadi, lanjut Hadi yang juga sebagai Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, wartawan bisa meliput Pulau Seribu Masjid ini secara keseluruhan sehingga bisa menulis secara komprehensif mengenai potensi wisata Lombok.

Adapun Lombok dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2016. Perhelatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan pelayaran jurnalis (sail journalist).

TNI Angkatan Laut akan mengerahkan satu uni KRI untuk mengangkut peserta ke lokasi HPN 2016. Informasi yang dikumpulkan patainanews.com beberapa waktu lalu, rencana sail journalist ini dibicarakan dalam pertemuan antara Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi dengan Panitia HPN 2016 di Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

“TNI AL mendukung kegiatan sail journalist dan kami yakin ini akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk kalangan pers tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara umum,” ujar Laksamana Ade Supandi yang dalam pertemuan didampingi Aspam KSAL Laksamana Muda TNI Agus Heryana dan Kadispenal Laksamana Pertama TNI M Zainuddin.

Adapun rombongan Panitia HPN 2016 dipimpin Penanggung Jawab HPN 2016 yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ketua Panitia HPN Teguh Santosa dan didampingi pengurus harian PWI Kiki Iswara, Agus Yuli dan Dar Edi Yoga.

“HPN adalah ajang terbesar masyarakat pers Indonesia. Diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Margiono.

Wakil Ketua Dewan Pers itu berharap perjalanan dengan menggunakan KRI menuju lokasi HPN dapat memperkuat pemahaman masyarakat pers Indonesia mengenai isu-isu laut dan maritim serta wawasan kebangsaan.

“Pada praktiknya, laut dan maritim sudah menjadi hal yang dibicarakan masyarakat Indonesia sehari-hari. Karena itu masyarakat pers di Indonesia tidak bisa tidak harus memiliki pemahaman yang memadai mengenai hal ini,” ujar Margiono.

Usai pertemuan, Ketua Panitia HPN Teguh Santosa mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan berbagai program sepanjang perjalanan menuju lokasi HPN 2016.

Selain mengangkut jurnalis, pihak TNI AL juga akan melakukan sejumlah kegiatan lain di arena HPN 2016, seperti pameran alutsisa, operasi pembersihan pantai dan penanaman terumbu karang serta mangrove.
“Kami juga mengundang TNI AL untuk ikut dalam kegiatan operasi katarak. Bima di NTB merupakan salah satu daerah dengan penderita katarak terbanyak di dunia.” tutup dia. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Jogja Fashion Rendezvous, Upaya Yogyakarta Menuju Destinasi Wisata Fashion Indonesia

JFR 2017 (Ist) Indonesia selama ini dikenal kaya akan beragam potensi pariwisata dan budaya. Menariknya pariwisata dan budaya khas yang tersebar di Tanah Air ternyata diminati wisatawan mancanegara untuk berkunjung

Tourism

PATA Travel Mart 2016 akan Datangkan 75000 Wisman ke Indonesia

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September

Travel Operator

Saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

Festival

Pemerintah Serius Sambut PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Indonesia kembali bakal mendapatkan kehormatan besar di bidang pariwisata. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bakal menjadi tuan rumah pameran terbesar di Asia Pasifik, PATA Travel

Heritage

Indonesia Negara Paling Aman Nomor 9 di Dunia

Kapolri Tito Karnavian dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU berlangsung di

World Heritage

Slank Gelar Konser Sambut GMT 2016 di Palu

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Grup band papan atas, Slank, akan tampil menghibur wisatawan saat fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 di Palu, Sulawesi Tengah. Hal tersebut