HPN 2016 tak Ganggu Kunjungan Wisatawan Asing ke Lombok

hadi di jkt

LA Hadi Faishal (Ist)

Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat diyakini tidak akan mengganggu kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Pulau Seribu Masjid itu lantaran HPN 2016 akan dilakukan ketika low season.

Malah, keberadaan media massa selama HPN 2016 akan membantu promosi Lombok kepada publik sehingga akan mengetahui potensi wisata di Pulau Seribu Masjid itu secara keseluruhan dan bisa berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Lombok.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. “Rencana penyelenggaraan HPN 2016 di Lombok dilakukan pada Februari mendatang yang biasanya kunjungan wisatawan, termasuk turis asing mengalami low season,” ucap Hadi, begitu ia biasa disapa.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menuturkan bahwa saat low season tingkat okupansi hotel cenderung menurun sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap wartawan yang meliput HPN 2016 di Lombok.

Sebelumnya Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung Lombok menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal ketika dihubungi patainanews.com, Senin (9/11/2015). Hadi berharap pemerintah provinsi NTB mengajak rombongan media massa untuk keliling Lombok agar wartawan bisa mengetahui Lombok secara keseluruhan.

“Penting bagi wartawan untuk mengetahui semua potensi wisata yang ada di Lombok,” ucap Hadi. Menurutnya, selama media massa berada di Lombok, wartawan tidak hanya sekadar mengetahui destinasi wisata tapi juga dapat mengetahui potensi wisata kuliner khas Lombok, kerajinan tangan, dan lainnya sehingga bisa diinformasikan kepada publik yang akan berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan, termasuk turis asing ke Lombok.

Jadi, lanjut Hadi yang juga sebagai Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, wartawan bisa meliput Pulau Seribu Masjid ini secara keseluruhan sehingga bisa menulis secara komprehensif mengenai potensi wisata Lombok.

Adapun Lombok dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2016. Perhelatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan pelayaran jurnalis (sail journalist).

TNI Angkatan Laut akan mengerahkan satu uni KRI untuk mengangkut peserta ke lokasi HPN 2016. Informasi yang dikumpulkan patainanews.com beberapa waktu lalu, rencana sail journalist ini dibicarakan dalam pertemuan antara Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi dengan Panitia HPN 2016 di Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

“TNI AL mendukung kegiatan sail journalist dan kami yakin ini akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk kalangan pers tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara umum,” ujar Laksamana Ade Supandi yang dalam pertemuan didampingi Aspam KSAL Laksamana Muda TNI Agus Heryana dan Kadispenal Laksamana Pertama TNI M Zainuddin.

Adapun rombongan Panitia HPN 2016 dipimpin Penanggung Jawab HPN 2016 yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ketua Panitia HPN Teguh Santosa dan didampingi pengurus harian PWI Kiki Iswara, Agus Yuli dan Dar Edi Yoga.

“HPN adalah ajang terbesar masyarakat pers Indonesia. Diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Margiono.

Wakil Ketua Dewan Pers itu berharap perjalanan dengan menggunakan KRI menuju lokasi HPN dapat memperkuat pemahaman masyarakat pers Indonesia mengenai isu-isu laut dan maritim serta wawasan kebangsaan.

“Pada praktiknya, laut dan maritim sudah menjadi hal yang dibicarakan masyarakat Indonesia sehari-hari. Karena itu masyarakat pers di Indonesia tidak bisa tidak harus memiliki pemahaman yang memadai mengenai hal ini,” ujar Margiono.

Usai pertemuan, Ketua Panitia HPN Teguh Santosa mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan berbagai program sepanjang perjalanan menuju lokasi HPN 2016.

Selain mengangkut jurnalis, pihak TNI AL juga akan melakukan sejumlah kegiatan lain di arena HPN 2016, seperti pameran alutsisa, operasi pembersihan pantai dan penanaman terumbu karang serta mangrove.
“Kami juga mengundang TNI AL untuk ikut dalam kegiatan operasi katarak. Bima di NTB merupakan salah satu daerah dengan penderita katarak terbanyak di dunia.” tutup dia. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

Pelindo III Siapkan Rp1,7 Triliun Garap Pelabuhan Benoa

President Director Pelindo III Ari Askhara (kedua dari kiri) tengah  memberikan penjelasan (Ist)  Manajemen PT Pelindo III terus berupaya mengembangkan salah satu pelabuhan wisatanya guna mendongkrak kunjungan wisatawan terutama wisatawan kapal

Heritage

Danau Toba Miliki Toilet Berkelas Bintang Lima

Toilet Bersih Bintang Lima di sekitar kawasan wisata Danau Toba (Ist) Toilet di sekitar destinasi Danau Toba sudah mulai berubah wajah. Pengolahan waste–nya menggunakan biotank yang ramah lingkungan. Kompositnya ditata

Slideshow

EL JOHN akan Gelar Final Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2017

Malam Grand Final Putra-Putri Nusantara 2017 (Ist) Komitmen Yayasan El John Indonesia terlibat langsung dalam pengembangan dan promosi pariwisata Indonesia selama ini memang patut diacungi jempol. El John diketahui sudah lama fokus

Festival

Hebat! Pariwisata Indonesia Mendapat Penghargaan 4 PATA Gold Awards 2016

Pariwisata Indonesia berjaya di PATA Gold Awards 2016 (Ist) Lagi, Indonesia mendapat prestasi dunia. Pariwisata Indonesia kali ini pengharggaan 4 PATA Gold Awards 2016. Pemberian penghargaan untuk sejumlah kategori internasional

Slideshow

Buka Puasa Bersama di Hotel Mercure Jakarta Sabang

Buka puasa bersama di Hotel Mercure Jakarta Sabang (Ist) Di bulan suci Ramadan ini, Hotel Mercure Jakarta Sabang mengadakan Buka Puasa bersama keluarga besar Mercure Jakarta Sabang juga mengundang anak-anak

Tour Package

Terminal 3 Ultimate Jadi Tourism HUB Airport

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan (kiri) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya belum lama