HPN 2017 akan Berantas Hoax

hpn 2017

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku (Ist)

Masyarakat Maluku dan insan pers Tanah Air berharap dapat merayakan acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017 bersama Presiden Jokowi di Ambon, Ibukota Provinsi Maluku.

Panitia HPN 2017 telah meminta kehadiran Presiden Jokowi di perhelatan tahunan ini kepada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat diterima di Kantor Sekretaris Kabinet, Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Pramono menyampaikan, ia sudah berkoordinasi dengan pihak Istana untuk kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu di Ambon nanti.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Presiden dan juga sudah kontak dengan Gubernur Maluku,” kata Pramono. Selain memastikan kehadiran Presiden Jokowi di Ambon, Pramono juga secara khusus mengajak insan pers di HPN nanti untuk membicarakan perihal isu tersanter saat ini, yakni mengenai ‘HOAX’.

Pemerintah, kata Menseskab, sangat konsen dengan persoalan ini. Ia berharap agar di HPN 2017 membahas secara khusus tentang hoax.

Apalagi, ia membeberkan, nanti sambutan Presiden Jokowi di acara puncak HPN juga akan menyinggung soal hoax. “Kalau ini didukung teman-teman pers, akan menjadi bagus gemanya,” ujar Pramono berpesan.

Pemerintah saat ini telah membentuk Badan Cyber Nasional yang langsung dibawah koordinasi Presiden untuk menanggulangi informasi hoax, berita bohong dan masalah dunia cyber.

Badan Cyber Nasional ini terdiri dari cabang-cabang seperti Cyber Defence di Kementerian Pertahanan, Cyber Intelligence yang dimiliki BIN dan Cyber Security dibawah Kepolisian.

Pramono menyampaikan, pemerintah telah mengetahui bahwa informasi hoax justru lebih banyak muncul dari luar, bukan dari dalam negeri. Maka dari itu pemerintah sangat serius mengatasi persoalan hoax yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

“Media massa diharapkan bisa membantu memberikan informasi dan pendidikan kepada publik atas informasi yang valid,” kata Pramono dalam siaran pers yang diterima patainanews.com baru-baru ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono menyambut positif program pemerintah memberantas hoax.

Panggung HPN 2017 nantinya juga memiliki sesi khusus, yakni pada acara Konvensi Nasional Media Massa akan membahas soal hoax. 

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara akan menjadi patner diskusi insan pers se Indonesia yang hadir untuk membahas soal hoax.

“Di HPN nanti akan dirumuskan bagaimana media bersikap menghadapi gempuran informasi hoax dan medsos,” kata Margiono.

Ia juga memaparkan kepada Menseskab tentang bantuan-bantuan yang diberikan oleh Kementerian-Kementerian kepada rakyat Maluku di HPN tahun ini.

Beberapa Kementerian akan memberikan bantuan langsung kepada rakyat Maluku, seperti Kementerian Perhubungan memberikan bantuan sekolah vokasi bagi 1.000 pemuda Maluku, bantuan kapal dan bus dan life jacket.

Kementerian ESDM memberikan bantuan ‘Lampu Matahari’ kepada warga Maluku yang rumahnya belum dialiri listrik dari PLN. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Sosial dan juga lembaga negara lain seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga turut mengucurkan bantuan kepada masyarakat Maluku lewat gelaran HPN 2017. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Memotret Genting Dream, Kapal Pesiar Besar lagi Mewah

Berita Foto: Kapal pesiar Genting Dream tak salah disebut kapal pesiar yang begitu mewah. Ya, Genting Dream mampu meyakinkan wisatawan selama berlayar tak akan pernah bosan lantaran kapal pesiar ini

Nature

Sambut HUT RI ke-72, Hotel Horison NJ Semarang Tawarkan Promo Menarik

Promo Hotel Horison NJ Semarang (Ist) Dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke-72, Hotel Horison NJ Semarang kembali menghadirkan berbagai promo menarik, dari promo kamar hingga Food & Beverage dengan mengangkat

World Heritage

Pemerintah Perlu Perhatikan Destinasi Wisata Penyumbang Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga (kanan) (Ist) Pemerintah saat ini diketahui tengah menggenjot promosi dalam upaya mengembangkan 10 destinasi wisata unggulan

Culture

Traveling ke TMII, Jangan Lupa Menginap di Hotel Desa Wisata

Hotel Desa Wisata (Ist) Taman Mini Indonesia Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi wisata di Jakarta. Menariknya di TMII banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan. Pastinya ada 33 anjungan daerah

Heritage

Jadi Hub Pariwisata, Makassar Bisa Kembangkan TTI

Suasana launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) (Ist) Makassar di Sulawesi Selatan bisa menjadi hub untuk pariwisata di Indonesia, khususnya kawasan timur Indonesia sehingga Makassa bisa mengembangkan tourism, trade,

Investments

CC Terbesar di Tanjung Perak Siap Beroperasi

Twinlift petikemas di TPS (Ist) Container Crane baru PT Terminal Petikemas Surabaya nomor 14 di dermaga internasional, Selasa (4/4/2017) telah resmi memberikan layanan bongkar muat penuh untuk kapal CSCL Santiago