HPN 2017 akan Beri Dampak Besar untuk Maluku

ora-beach1

Pantai Ora Maluku (Ist)

Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Margiono menyatakan Kota Ambon telah menyiapkan diri dengan baik untuk penyelenggaraan HPN 2017 mulai 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang.

Ini berarti, Maluku telah siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar insan pers nasional ini. Pernyataan ini disampaikan Margiono saat menghadiri rapat bersama antara Panitia Pusat dan Panitia Daerah HPN 2017 bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

“Ambon adalah penyelenggara HPN yang paling siap. Ambon telah menyiapkan diri dengan baik,”kata Margiono di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, Ambon, Kamis, (5/1/2017).

Pada kesempatan ini, Margiono juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat Maluku yang telah bekerja keras agar gelaran HPN nanti berjalan sukses.

Margiono mengatakan, keputusan PWI Pusat menunjuk Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017 juga bukanlah tanpa alasan. PWI Pusat menilai, Maluku adalah provinsi paling siap yang untuk menjadi host HPN 2017.

“Kegiatan ini kegiatan besar. Kalau kami tidak yakin satu daerah tidak mampu, tidak akan kami putuskan jadi tuan rumah HPN 2017,” bebernya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

HPN, lanjut Margiono, bukan hanya sekadar kegiatan yang besar dan bermanfaat bagi insan pers tapi juga harus memberi dampak yang besar bagi daerah.

Itu juga yang menjadi alasan gelaran HPN selalu berpindah-pindah daerah setiap tahunnya. Provinsi Maluku misalnya, provinsi yang berdekatan dengan Papua ini sedang berupaya keras untuk meraih status ‘lumbung ikan nasional’, dan juga sedang giat membangun di tengah keterbatasan APBD yang dimiliki.

Lewat HPN, pers dapat membantu menjadi penghubung agar pemerintah pusat dapat memberikan perhatian yang konkret bagi rakyat Maluku.

“Kami berusaha, ada ide yang konkret untuk mewujudkan keinginan Maluku. Kita akan merumuskan, di acara puncak nanti seperti apa konkretnya,” tegas Margiono.

Hal ini sudah menjadi komitmen PWI Pusat. PWI Pusat berkomitmen untuk membantu Provinsi Maluku, menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Pusat, terkait dengan kebijakan tol laut dan pembangunan infrastruktur yang masih minim di Maluku.

Salah satu rencana konkret yang akan dilakukan di HPN 2017 adalah pengadaan telepon gratis. PWI Pusat tengah menyiapkan proyek nasional pengadaan telepon gratis bagi masyarakat. Margiono berkeinginan, program ini pertama kali dicanangkan di Maluku pada HPN 2017 nanti.

“Setidaknya ada 10 hingga 15 telepon gratis yang bisa dicanangkan Presiden Jokowi disini. Konsep ini tengah kita matangkan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, HPN 2017 di Maluku sudah terencana dan tertata dengan baik, hingga hari puncak di tanggal 9 Februari yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Koordinasi antara panitia pusat dan daerah juga sudah terkonsolidasi dengan baik, lewat pembagian masing-masing tanggung jawab. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

JAS Serius Promosikan Pariwisata Indonesia

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Manajemen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional menyatakan ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia guna mendukung upaya

Investments

Jababeka Apresiasi Kinerja Wartawan

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono (tengah) foto bersama dengan wartawan pemenang lomba (Ist) PT Grahabuana Cikarang yang membangun dan mengelola sektor residensial dan komersial di Kawasan Industri

Culture

Ke Tanjung Lesung, Jangan Lupa Tonton Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

Slideshow

Morotai yang Seksi Diincar Investor Asing

Morotai (Ist)   Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyebut Morotai menjadi incaran investor asing lantaran potensinya yang besar, tidak sebatas hanya dari sektor pariwisata namun juga di sektor lainnya. “Morotai ini

Cuisine

Dukung Lombok Menang World’s Best Halal Honeymoon Destination

Pesona Gili Trawangan Lombok (Ist) Keindahan Lombok selama ini tak kalah dengan daerah lainnya, termasuk Pulau Dewata. Kini, Lombok yang semakin diminati wisatawan asing rupanya menjadi destinasi yang menarik untuk

Airlines

Pemerintah Gencar Promosi Pariwisata Indonesia di Perancis

Promosi pariwisata Indonesia di Perancis (Ist) Promosi Indonesia di September tidak akan berhenti di acara TOP RESA. Mulai 26 hingga 30 September 2016, VITO bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan