HPN 2017 akan Beri Dampak Besar untuk Maluku

ora-beach1

Pantai Ora Maluku (Ist)

Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Margiono menyatakan Kota Ambon telah menyiapkan diri dengan baik untuk penyelenggaraan HPN 2017 mulai 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang.

Ini berarti, Maluku telah siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar insan pers nasional ini. Pernyataan ini disampaikan Margiono saat menghadiri rapat bersama antara Panitia Pusat dan Panitia Daerah HPN 2017 bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

“Ambon adalah penyelenggara HPN yang paling siap. Ambon telah menyiapkan diri dengan baik,”kata Margiono di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, Ambon, Kamis, (5/1/2017).

Pada kesempatan ini, Margiono juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat Maluku yang telah bekerja keras agar gelaran HPN nanti berjalan sukses.

Margiono mengatakan, keputusan PWI Pusat menunjuk Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017 juga bukanlah tanpa alasan. PWI Pusat menilai, Maluku adalah provinsi paling siap yang untuk menjadi host HPN 2017.

“Kegiatan ini kegiatan besar. Kalau kami tidak yakin satu daerah tidak mampu, tidak akan kami putuskan jadi tuan rumah HPN 2017,” bebernya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

HPN, lanjut Margiono, bukan hanya sekadar kegiatan yang besar dan bermanfaat bagi insan pers tapi juga harus memberi dampak yang besar bagi daerah.

Itu juga yang menjadi alasan gelaran HPN selalu berpindah-pindah daerah setiap tahunnya.¬†Provinsi Maluku misalnya, provinsi yang berdekatan dengan Papua ini sedang berupaya keras untuk meraih status ‘lumbung ikan nasional’, dan juga sedang giat membangun di tengah keterbatasan APBD yang dimiliki.

Lewat HPN, pers dapat membantu menjadi penghubung agar pemerintah pusat dapat memberikan perhatian yang konkret bagi rakyat Maluku.

“Kami berusaha, ada ide yang konkret untuk mewujudkan keinginan Maluku. Kita akan merumuskan, di acara puncak nanti seperti apa konkretnya,” tegas Margiono.

Hal ini sudah menjadi komitmen PWI Pusat. PWI Pusat berkomitmen untuk membantu Provinsi Maluku, menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Pusat, terkait dengan kebijakan tol laut dan pembangunan infrastruktur yang masih minim di Maluku.

Salah satu rencana konkret yang akan dilakukan di HPN 2017 adalah pengadaan telepon gratis. PWI Pusat tengah menyiapkan proyek nasional pengadaan telepon gratis bagi masyarakat. Margiono berkeinginan, program ini pertama kali dicanangkan di Maluku pada HPN 2017 nanti.

“Setidaknya ada 10 hingga 15 telepon gratis yang bisa dicanangkan Presiden Jokowi disini. Konsep ini tengah kita matangkan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, HPN 2017 di Maluku sudah terencana dan tertata dengan baik, hingga hari puncak di tanggal 9 Februari yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Koordinasi antara panitia pusat dan daerah juga sudah terkonsolidasi dengan baik, lewat pembagian masing-masing tanggung jawab. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Lulusan SD Membangun Warteg Kharisma Bahari untuk Angkat Derajat Warteg

Kuliner di Warteg Kharisma Bahari (Ist) Hanya bermodalkan ijazah sekolah dasar (SD) tak membuat sosok pria yang terbilang masih muda asal Tegal, Jawa Tengah ini menyerah pada kenyataan hidup di

SightSeeing

Jelang Libur Akhir Tahun, Mampir ke Astindo Jakarta Travel Fair 2016

Pembukaan Astindo Jakarta Travel Fair 2016 di JCC (Ist) Menjelang libur akhir tahun, traveler yang tengah mencari promo tiket dan paket liburan tidak perlu khawatir karena bisa mampir ke Astindo

Tourism

Memaknai HUT RI ke-71 dengan PATA Travel Mart 2016

Dirgahayu RI ke-47 Bangsa Indonesia dua hari lagi akan memeringati HUT RI ke-71. Dan, negeri ini kini dipimpin Presiden Jokowi yang memasang target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia

Destinations

Borobudur Jadi Centrum Events Pariwisata 2017

Candi Borobudur (Ist) Borobudur tak ingin tertinggal dari Banyuwangi, Solo, dan NTB dalam hal penyelenggaraan event dan festival. Memasuki bulan kedua 2017, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi ’10 Bali Baru’

Nature

Jangan Lupa Festival Pesona Cirebon

Kereta Singa Barong (Ist) Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada 31 Maret hingga 2 April mendatang oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi Cirebon

Airlines

2017 WILL ROCK YOU

Mercure (Ist) Mercure Convention Center, Ancol Jakarta akan mengadakan dua pesta perayaan Malam Tahun Baru bagi tamu beserta keluarga untuk memeriahkan penghujung tahun 2016 di Ballroom Krakatau (Gala Dinner &