HPN 2017 akan Beri Dampak Besar untuk Maluku

ora-beach1

Pantai Ora Maluku (Ist)

Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Margiono menyatakan Kota Ambon telah menyiapkan diri dengan baik untuk penyelenggaraan HPN 2017 mulai 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang.

Ini berarti, Maluku telah siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar insan pers nasional ini. Pernyataan ini disampaikan Margiono saat menghadiri rapat bersama antara Panitia Pusat dan Panitia Daerah HPN 2017 bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

“Ambon adalah penyelenggara HPN yang paling siap. Ambon telah menyiapkan diri dengan baik,”kata Margiono di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, Ambon, Kamis, (5/1/2017).

Pada kesempatan ini, Margiono juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat Maluku yang telah bekerja keras agar gelaran HPN nanti berjalan sukses.

Margiono mengatakan, keputusan PWI Pusat menunjuk Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017 juga bukanlah tanpa alasan. PWI Pusat menilai, Maluku adalah provinsi paling siap yang untuk menjadi host HPN 2017.

“Kegiatan ini kegiatan besar. Kalau kami tidak yakin satu daerah tidak mampu, tidak akan kami putuskan jadi tuan rumah HPN 2017,” bebernya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

HPN, lanjut Margiono, bukan hanya sekadar kegiatan yang besar dan bermanfaat bagi insan pers tapi juga harus memberi dampak yang besar bagi daerah.

Itu juga yang menjadi alasan gelaran HPN selalu berpindah-pindah daerah setiap tahunnya. Provinsi Maluku misalnya, provinsi yang berdekatan dengan Papua ini sedang berupaya keras untuk meraih status ‘lumbung ikan nasional’, dan juga sedang giat membangun di tengah keterbatasan APBD yang dimiliki.

Lewat HPN, pers dapat membantu menjadi penghubung agar pemerintah pusat dapat memberikan perhatian yang konkret bagi rakyat Maluku.

“Kami berusaha, ada ide yang konkret untuk mewujudkan keinginan Maluku. Kita akan merumuskan, di acara puncak nanti seperti apa konkretnya,” tegas Margiono.

Hal ini sudah menjadi komitmen PWI Pusat. PWI Pusat berkomitmen untuk membantu Provinsi Maluku, menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Pusat, terkait dengan kebijakan tol laut dan pembangunan infrastruktur yang masih minim di Maluku.

Salah satu rencana konkret yang akan dilakukan di HPN 2017 adalah pengadaan telepon gratis. PWI Pusat tengah menyiapkan proyek nasional pengadaan telepon gratis bagi masyarakat. Margiono berkeinginan, program ini pertama kali dicanangkan di Maluku pada HPN 2017 nanti.

“Setidaknya ada 10 hingga 15 telepon gratis yang bisa dicanangkan Presiden Jokowi disini. Konsep ini tengah kita matangkan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, HPN 2017 di Maluku sudah terencana dan tertata dengan baik, hingga hari puncak di tanggal 9 Februari yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Koordinasi antara panitia pusat dan daerah juga sudah terkonsolidasi dengan baik, lewat pembagian masing-masing tanggung jawab. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Artcycling, Promosi Pariwisata Indonesia dengan Sport Tourism

Press conference BRIZZI Artcycling (Ist) Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI) bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses menggelar lomba bersepeda unik ‘BRIZZI Artcycling’ di

Tour Package

Morotai, Destinasi Wisata Saksi Bisu Perang Dunia II

Indahnya destinasi wisata bahari Morotai (Ist) Perang Dunia II adalah teater milik Jenderal Douglas MacArthur. Panglima perang Amerika Serikat untuk kawasan Asia Pasifik itu punya ambisi besar merebut Filipina dari

Culture

Batik Fractal Goes To Silicon Valley

Nancy Margried (Ist) Chief executive officer (CEO) Batik Fractal Nancy Margried meminta dukungan, termasuk dari pembaca patainanews.com untuk mendukung Batik Fractal Goes to Silicon Valley. Dalam media sosial facebook, Nancy

Hotel

Berharap Perhatian Presiden Jokowi dalam Membangun Masjid Mataram

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja membawa nama Indonesia harum di kancah internasional lantaran mampu menyumbang dua gelar dalam

Hotel

Kesempatan Berharga untuk Trade Visitors Kunjungi PATA Travel Mart 2016 di ICE

Trade visitors bisa mengunjungi PATA Travel Mart 2016 di ICE di BSD City, Banten (Ist) PATA membuka kesempatan bagi para trade visitor yang ingin melihat langsung PATA Travel Mart 2016

Slideshow

PATA Youth Symposium Hadir di PATA Travel Mart 2016

Suasana PATA Youth Symposium (Michelle) Dalam penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September 2016, PATA pun menggelar