HPN 2017 Mengangkat Harkat dan Martabat Maluku

ora-beach1

Pantai Ora di Maluku (Ist)

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua memimpin langsung rapat persiapan agenda-agenda Hari Pers Nasional (HPN) 2017 pada 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang di Kantor Gubernur Maluku, Ambon.

Dalam rapat tersebut, Kamis (5/1/2017), Zeth menggaransi bahwa Pemerintah Provinsi Maluku telah berkomitmen agar pelaksanaan HPN 2017 di Ambon dapat terselenggara dengan baik sehingga akan berdampak pada nama baik Provinsi Maluku.

Wagub juga mendengarkan paparan rencana-rencana agenda HPN 2017 dari Panitia Pusat dan Panitia Pelaksana Daerah HPN 2017.

Kepada Wagub, Ketua Panitia Pusat HPN 2017 M Ihsan melaporkan rangkaian kegiatan Pra HPN 2017 sudah dilakukan mulai November hingga Desember 2016.

Selanjutnya, Panitia Pusat bersama Panpelda akan mematangkan rencana-rencana agenda HPN 2017 sejak tanggal 1 Februari 2017 hingga acara puncak HPN 2017 yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku sekaligus Ketua Panpelda HPN 2017 Hamin bin Taher melaporkan, semua agenda HPN 2017 telah dirancang dan disusun dengan baik hingga di acara puncak yang akan digelar di Lapangan Tantui, Ambon.

“Karena kita berbasis maritim, jadi acara puncak akan digelar outdoor,” kata Hamin dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (5/1/2017)

Maluku Menuju Lumbung Ikan Nasional

Dalam kesempatan itu, Zeth memaparkan Pemerintah Provinsi Maluku sangat bersemangat menyambut HPN 2017 agar berjalan dengan sukses.

Pemprov Maluku, melalui HPN, menyelipkan agenda-agenda lokal untuk mencapai cita-cita Provinsi Maluku sebagai ‘Lumbung Ikan Nasional’.

Zeth menyampaikan, per tahunnya, 3,06 juta ton ikan dihasilkan oleh Provinsi Maluku. Perolehan ikan sebanyak itu sudah sepatutnya menjadikan Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

Zeth berharap Maluku dapat memperoleh ‘gelar’ tersebut dan diakui secara nasional oleh pemerintah pusat. Lewat HPN juga, ia bersama Gubernur Maluku Said Assagaf menginginkan Maluku bisa bangkit di tengah keterbatasan yang dimiliki provinsi kepulauan ini.

“Lewat HPN ini bisa mengangkat harkat martabat Maluku. Kita perjuangkan untuk jadi lumbung ikan nasional. Itu komitmen bersama kita, karena kita sudah memenuhi syarat untuk jadi lumbung ikan nasional,” kata Zeth.

Zeth membeberkan, alasan Pemprov Maluku bersedia menjadi tuan rumah HPN 2017 adalah dengan harapan agar pers dapat melihat secara objektif kondisi Provinsi Maluku, dan melihat Maluku sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain menjadi ajang promosi daerah, melalui HPN juga diharapkan publik secara luas mengetahui persoalan dan tantangan yang dimiliki oleh Maluku selama ini.

Ia mengakui, selama ini Maluku belum terkena sentuhan yang maksimal dari Pemerintah Pusat untuk menopang kemajuan daerah Maluku. Misalnya, kebijakan tol laut.

Tol laut Makassar-Sorong atau Surabaya-Makassar-Sorong di jalur Indonesia Timur tidak melewati Maluku. “Kita pertanyakan, kenapa tol laut tidak mampir ke kita. Banyak daerah di Maluku yang kaya sumber daya alam. Sementara APBD kita sangat kecil. Lewat HPN, persoalan-persoalan ini harus kita sampaikan,” tegas Zeth.

Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono dan Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun turut hadir dalam rapat gabungan Panitia Pusat dan Panpelda HPN 2017 bersama Wakil Gubernur Maluku. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Jangan Ragu Traveling Ketika Ramadan

Kuliner di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Berpuasa pada bulan suciRamadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah, berpuasa memiliki banyak manfaat bagi

Airlines

Pariwisata Indonesia Semakin Dihargai

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kerja ekstra keras Menteri Pariwisata Arief Yahya diganjar apresiasi oleh media massa. Dalam semalam, Senin, 22 Mei 2017, menteri pilihan Presiden Jokowi ini memborong dua

Slideshow

Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan

Hotel

2017, 1000 Turis Perancis ke Indonesia

Presentasi mengenai Indonesia di Kineapolis di Mulhouse, Perancis (Ist) Promosi Indonesia di Perancis tidak pernah berhenti. Setelah mengalami peningkatan keberangkatan dari Perancis ke Indonesia pada Januari hingga Oktober 2016 sekitar

Heritage

Pelesir di Yogyakarta

Turis Asing Naik Becak di Yogyakarta (Ist) Pulang ke kotamu Ada setangkup haru dalam rindu Masih seperti dulu Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna Terhanyut aku akan nostalgi Saat

Slideshow

Menariknya Candi Sukuh untuk Wisatawan

Indonesia selama ini dikenal memiliki kebudayaan dan peninggalan seni budaya yang beragam. Mulai dari seni bangunan, kriya, bahasa, norma kehidupan sosial, adat istiadat dan beragam seni budaya yang tak terhitung