HUT ke-23 Pelindo III, Dedikasi untuk Negeri

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagian dari rangkaian acara HUT ke-23 Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memperingati hari ulang tahunnya yang ke-23 pada 1 Desember 2015. BUMN kepelabuhanan tersebut kini telah memiliki 17 kantor cabang yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh provinsi di Indonesia.

Selain itu juga memiliki 10 anak usaha dan delapan unit usaha yang mengembangkan sayap bisnisnya, tidak hanya di bidang kepelabuhanan, seperti Terminal Petikemas Surabaya (TPS), BJTI Port, Terminal Teluk Lamong (TTL), Pelabuhan Manyar di kawasan industri JIIPE, dan lainnya, namun juga usaha di bidang kesehatan dengan RS PHC, bidang energi dengan Lamong Energi Indonesia, bidang tenaga kerja alih daya dengan Pelindo Daya Sejahtera, bidang properti dengan Pelindo Properti Indonesia, dan lainnya.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto mengemukakan, perseroan mengembangkan bisnis intinya (core business) dengan tiga pijakan strategi utama.

Pertama ialah modernisasi peralatan bongkar muat. “Berbagai peralatan dengan teknologi terkini didatangkan untuk mempercepat bongkar muat untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Perseroan tersebut mulai melakukan langkah yang peduli lingkungan. Misalnya mendatangkan peralatan baru yang ramah lingkungan dan memodifikasi peralatan yang semula berbahan bakar minyak dielektrifikasi menjadi bertenaga listrik yang lebih efisien,” urainya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada Selasa (1/12/2015).

Kedua, lanjutnya Pelindo III merevitalisasi pelabuhan-pelabuhannya sesuai dengan peningkatan arus barang dan komoditas logistik.

Salah satunya penataan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dengan sistem klasterisasi sehingga peruntukkan setiap terminal fokus untuk bongkar muat komoditas tertentu saja.

“Hal ini membuat penggunaan peralatan bongkar muat dan pengerahan SDM menjadi lebih efektif, sehingga pelayanan menjadi lebih optimal,” jelasnya.

Ia melanjutkan, langkah ketiga ialah melakukan peningkatan kapasitas pelabuhan, misalnya perluasan lapangan penumpukkan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah dan Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tidak hanya meluaskan, Pelindo III juga membangun infrastruktur baru, seperti Pelabuhan Gili Mas di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pelabuhan sentra perikanan di Tegal, Jawa Tengah dan kawasan marina di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur.

“Semua langkah pengembangan Pelindo III ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam menekan biaya logistik di Indonesia. Selain itu juga untuk memacu terciptanya integrasi logistik nasional, ini bentuk dedikasi untuk negeri” kata Edi Priyanto.

“Untuk memperingati hari jadinya tahun ini, serangkaian acara digelar sebagai bentuk kepedulian Pelindo III,” katanya. Adapun acara pertama dihelat, yaitu Parade Musik Keroncong di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Jumat (27/11/2015).

Parade musik ini memberikan kesempatan pada sejumlah orkes musik keroncong dari berbagai daerah di Jawa Timur untuk tampil bergantian.

“Nonstop dari siang hingga malam hari, silakan datang dan mari bersama kita peduli pada pelestarian seni keroncong,” kata Edi berpromosi.

Hari berikutnya, Sabtu (28/11/2015), juga dihelat Pagelaran Stardiva Keroncong di Grha Barunawati, Surabaya. “Pada acara tersebut tampil sederet biduan keroncong Indonesia, mulai dari yang paling senior seperti Waldjinah dan Sukardi SH, hingga penyanyi generasi baru seperti Endah Laras dan Sruti Respati,” kata Edi lagi.

Tepat pada hari ulang tahun Pelindo III, 1 Desember 2015, diadakan aksi sosial Donor Darah massal di Terminal Gapura Surya Nusantara.

Kegiatan sosial ini diikuti oleh para karyawan berbagai institusi di Pelabuhan Tanjung Perak dan masyarakat. Para wartawan pemenang ajang Pelindo III Journalist Award 2015 akan diumumkan pada malam penganugerahan di Grha Barunawati, Surabaya pada 11 Desember 2015 mendatang.

“Apresiasi jurnalistik tahunan tersebut menjadi wujud kepedulian Pelindo III untuk insan pers nasional yang mendukung perkembangan pemberitaan di bidang kepelabuhanan,” jelas Edi.

Dunia pendidikan juga tak ketinggalan, puluhan mahasiswa-mahasiswi terpilih dari sejumlah universitas akan mengikuti Pelindo III Youth Camp 2015.

“Anak-anak muda tersebut akan mengikuti pendidikan kepemimpinan dan pengetahuan dasar mengenai dunia maritim selama 3 hari mulai 12 hingga (12-14/11/2015). Agar mereka kelak menjadi generasi penerus bangsa yang mengerti dan mampu mengembangkan potensi bahari negeri ini,” jelas Edi.

Terakhir pada hari Minggu (13/11/2015), akan digelar dua acara sekaligus. Pagi hari akan diselenggarakan acara fun bike dengan banyak doorprize menarik dan juga grandprize berupa tiga unit sepeda motor.

“Ribuan penggemar olahraga gowes akan mengikuti acara ini. Pelindo III juga memiliki kepedulian pada kesehatan masyarakat,” kata Edi Priyanto. Pada sore harinya, giliran Pelindo III menunjukkan kepeduliannya pada pelestarian lingkungan hidup. “Ribuan bibit mangrove akan ditanam secara bersama-sama oleh para insan kepelabuhanan untuk menghijaukan pesisir pantai utara Surabaya,” pungkas Edi Priyanto. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

TTC Travel Mart 2015

TTC Travel Mart (youtube) TTC Travel Mart Indonesia hadir lagi dengan mitra dari luar negeri yang bisa membantu untuk merancang program wisata baru untuk tahun ini. Para peserta bisa bertemu

Destinations

Kemenpar Dukung Asian Games 2018 Lewat Kuis Wonderful People

Kuis Wonderful People (Ist) Dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 yang akan berlangsung Agustus mendatang Kementerian Pariwisata ikut memberikan dukungan dengan mengadakan kuis Wonderful People yang hadiahnya mempertemukan tokoh/influencer dengan

SightSeeing

Orang Kanada Suka Batik Indonesia

Avy Loftus (ketiga dari kiri) (Ist) Kain tradisional asli negeri ini, Batik Indonesia ternyata diminati masyarakat dunia. Bahkan, di Kanada, Batik Indonesia mendapat perhatian khusus sebab sudah dipelajari di sekolah

SightSeeing

Garuda Indonesia Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata-Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (28/4/2016) oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo (kanan) dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (tengah) disaksikan Menteri Pariwisata Arief

Hotel

Kampung Lawas Maspati Cetak Entrepreneur

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist)  Kampung Lawas Maspati di Surabaya, Jawa Timur memang pantas dikunjungi Presiden Jokowi sebab kampung wisata di Kota Pahlawan ini ternyata mampu mencetak entrepreneur

Tour Package

Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini