HUT RI ke-73, Pelni Ajak Anak Indonesia Cinta Bahari

Pengibaran Bendera Merah Putih di.KM Kelud di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merayakan HUT RI ke-73

Sebagai upaya ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni menggelar lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak dengan tema ‘Maritim Negeriku, Merdeka Bangsaku, Pelni Kapal Kebanggaanku’ yang digelar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Kegiatan bersama anak-anak ini diharapkan dapat menambah wawasan maritim Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak dini.

Corporate Secretary PT Pelni Ridwan Mandaliko menjelaskan bahwa kapal Pelni memiliki peran sentral dalam merajut persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, banyak masyarakat kepulauan yang roda perekonomiannya tergantung pada kehadiran kapal Pelni.

“Dalam suasana perayaan Kemerdekaan RI ke-73, kami ingin mengajak anak-anak ini untuk melihat secara langsung peran strategis yang dimiliki oleh Kapal Pelni bagi Nusantara. Mereka diajak untuk menggambar sekaligus membangun cerita ke-Indonesiaan versi mereka dengan Kapal Pelni sebagai latarnya. Semoga Hari Kemerdekaan ini menjadi momen yang berharga bagi wawasan maritim anak-anak ini,” ujar Ridwan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai Kapal Pelni ini melihatkan peserta mulai usia 6 sampai 14 tahun yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Malang hingga Surabaya, Jawa Timur.

Untuk kegiatan ini, anak-anak Indonesia menjadikan Kapal Pelni tipe 2000 yang melayari rute Jakarta – Medan, yakni KM KELUD yang hari ini tengah sandar di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, terdapat aksi kirab bendera raksasa yang dilakukan oleh anak buah kapal KM KELUD.

Pelukis perempuan kenamaan Indonesia, Titis Jabarudin menjadi juri dalam lomba ini. Titis Jabarudin pada 2016 silam menggelar pameran tunggal berjudul ‘Garis Liris Titis’ dalam rangka merayakan kiprahnya selama 50 tahun berkarya.

“Kami cukup terkejut dengan antusias masyarakat atas acara ini, khususnya keluarga muda yang mencoba mengenalkan wawasan kemaritiman pada anaknya. KM KELUD menjadi Kapal Pelni yang paling populer karena pernah dijadikan Menteri Kelautan Ibu Susi berjoget dan sempat viral beberapa waktu lalu”.

“KM KELUD ini memang sudah sering kami jadikan sebagai kapal wisata. Khusus untuk kegiatan di Hari Kemerdekaan ini, anak-anak akan kami ajak melihat-lihat fasilitas yang ada di atas kapal seperti ruang kemudi perwira kapal, restoran, bioskop, kafetaria ocean-view hingga fasilitas olahraga. Dan secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada IPC selaku pengelola Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok yang ikut menyukseskan terselenggaranya kegiatan ini,” Ridwan menambahkan.

Adapun PELNI saat ini mengoperasikan 26 kapal reguler yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan dan 46 kapal perintis yang melayani wilayah terpencil dan memiliki keterbatasan akses transportasi.

Di bidang logistik, PELNI ditugasi oleh pemerintah untuk menjalankan lima unit Kapal Tol Laut dengan spesifikasi angkutan kontainer dan dua kapal ternak. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Konsekuensi Memaknai Hukum Sebatas Teks

Pereddi Sihombing (Ist) Akhir-akhir ini kita selalu diperhadapkan dengan fenomena penegakan hukum yang menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat luas, terkhusus di kalangan para ahli hukum. Penegakan hukum yang mengundang

SightSeeing

Desain Batik Fractal untuk Kang Emil

Walikota Bandung Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya mengunjungi stan Bandung di Indonesia Expo, Jambi (foto @meiwan_kartiwa) Walikota Bandung Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil dan istri Atalia Praratya mengunjungi stan Bandung di

Hotel

Melestarikan Budaya Negeri Bisa Mensejahterakan Masyarakat Indonesia

Suasana launching Festival Tidore 2017 (Ist) Pariwisata Indonesia tak bisa lepas dari budaya negeri inu yang beragam sebab banyak wisatawan mancanegara selama ini yang tertark berkunjung ke berbagai destinasi wisata di

Cuisine

Budaya untuk Menghargai Manusia

Peluncuran buku #sayabelajarhidup SIMFONI (Ist) Budaya dan pariwisata di Indonesia selama ini saling melengkapi. Itu yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara berkunjung ke negeri ini. Dan, budaya juga yang membuat

All About Indonesia

HPN 2018 Berikan Anugerah Jurnaslistik Adinegoro di Sumbar

Rapat persiapan HPN 2018 (Ist) Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada Februari 2018 mendatang semakin matang. HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan

Nature

Kemenpar Promosi Danau Toba di CFD

Berita Foto: Promosi pariwisata Danau Toba dalam Car Free Day (CFD) Pesona Danau Toba, Minggu (4/11/2018) yang berlangsung di Park and Ride, Jalan MH Thamrin Jakarta berjalan dengan sukses dan meriah.