ICE Gairahkan Industri MICE di Asia

prescon PATA Travel Mart 2016

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist)

Keberadaan Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten diyakini akan membuat industri MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition) di dalam negeri dan wilayah Asia semakin bergairah.

Terbukti menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue ICE di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang, ICE juga dipercaya menjadi venue event berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Adapun penyelenggaraan GIIAS 2016 di ICE bukan kali pertama digelar di ICE lantaran tahun lalu ICE juga dipercaya sebagai venue acara otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara ini.

Sementara PATA Travel Mart 2016 adalah event pariwisata internasional di wilayah Asia Pasifik. PATA Travel Mart 2016 didukung penuh Kementerian Pariwisata, PATA Indonesia Chapter, dan ICE.

Yang pasti kehadiran ICE di BSD City bakal menggairahkan industri MICE di Indonesia dan Asia. ICE merupakan gedung konvensi dan ekshibisi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. ICE pun siap melaju hingga posisinya hanya ada di bawah China Import and Export Fair Complex di Guangzhou, Tiongkok lantaran ICE  jika luasnya sudah mencapai 200.000 meter persegi akan berada di atas Shanghai New International Expo Centre di Shanghai, Tiongkok, IMPACT Exhibition and Convention Center di Nonthaburi, Thailand, Guangdong Modern International Exhibition Center di Dongguan, Tiongkok, KINTEX di Goyang-si, Korea Selatan, China International Exhibition Center di Beijing, Tiongkok, Shenzhen Convention & Exhibition Center di Shenzhen, Tiongkok, Singapore Expo Convention Center, Tokyo Big Sight di Tokyo, Jepang, dan Cotai Expo di Makau.

ICE diketahui masuk lima besar Asia sebagai gedung konvensi dan ekshibisi sehingga ICE dipercaya menjadi venue bagi tujuh cabang olahraga Asian Games 2018 karena Indonesia sudah ditunjuk menjadi tuan rumah.

Adapun pembukaan GIIAS 2016 dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di ICE, Kamis (11/8/2016). Dalam pembukaannya, Wapres JK berharap pameran otomotif terbesar di Indonesia ini dapat mendorong perekonomian Indonesia.

Sedangkan Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka secara resmi PATA Travel Mart 2016 pada 7 September 2016. Sebelumnya pada 4 Agustus 2015, Presiden Jokowi juga telah meresmikan ICE.

GIIAS 2016 berlangsung pada 11-21 Agustus 2016. Berdasarkan pengamatan patainanews.com pada akhir pekan lalu, masyarakat ramai yang berkunjung ke ICE untuk melihat GIIAS 2016.

Sejumlah pengunjung yang ditemui patainanews.com yang datang dari Jakarta mengaku lokasi ICE tidak terlalu jauh dari Jakarta karena adanya akses jalan tol dan kereta api.

Mereka juga merasa nyaman ketika menikmati pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara itu yang dibuat di venue ICE. Memang terlihat begitu banyak mobil milik pengunjung yang antusias datang ke ICE untuk melihat langsung GIASS 2016.

Tak salah menyebut ICE cocok menjadi venue untuk MICE. Bahkan, MICE berkelas dunia sehingga tak salah PATA Indonesia Chapter dan Kementerian Pariwisata memilih ICE sebagai venue PATA Travel Mar 2016 pada September mendatang.

MICE adalah jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata. Pemerintah pun tak berhenti mendorong MICE berkembang. Ya, ICE disebut kedepannya bakal menjadi kebanggaan Indonesia lantaran venue MICE berskala internasional ini kian dipercaya menjadi venue penyelenggaraan beragam event internasional.

ICE dibangun dengan arsitektur yang indah di area seluas 22 hektar. Sebagai pusat pameran dan konvensi terbesar dan terluas di Indonesia, ICE dilengkapi dengan standar internasional yang ditunjang dengan komitmen serta profesionalisme yang tinggi.

ICE merupakan gedung prestisius yang dikembangkan bersama Sinar Mas Land dan Kompas Gramedia dan saat ini ICE dioperasikan secara profesional oleh perusahaan operator gedung pameran ternama asal Hannover, Deutsche Messe. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Desember ke Bali Ada Street Food di Denpasar Festival 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Street Food alias jajanan kaki lima bakal menjadi jualan utama selama Denpasar Festival 2016. Kendati demikian bukan sembarang kaki lima, tapi yang kualitasnya bintang lima.

Heritage

Arief Yahya Monitor Perkembangan KEK Pariwisata Tanjung Lesung

Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo (kiri memakai batik) memimpin tim Jababeka dan BWJ melakukan rapat dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) (Ist)  Di ruang rapatnya, Menteri Pariwisata Arief

Destinations

Medsos Perkuat Promosi PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera gabung PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director

Nature

Pemerintah Dorong 2 KEK Pariwisata di Sumbar

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan (Ist) Pemerintah menyiapkan kawasan wisata Mandeh dan Kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat menjadi destinasi wisata yang

Cuisine

Mudik Lebaran Momentum Pemerataan Ekonomi Masyarakat Daerah

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa libur Ramadan dan Lebaran menjadi momentum bagi upaya pemerataan ekonomi masyarakat di daerah yang dilewati oleh para pemudik.

Heritage

Pesona Gatronomi Indonesia Semakin Kuat di Paris

William Wongso, ahli kuliner Indonesia (Ist) Perhelatan gastronomi ‘Wonderful Indonesia’ di Shangri-la Hotel, Paris memecahkan rekam jejak selama 10 tahun terakhir. Selama enam hari penyelenggaraan event itu, angka kunjungan tamu