ICE Semakin Siap untuk PATA Travel Mart 2016

jokowi di ice

Presiden Jokowi meresmikan  Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) 2016 di ICE (Ist)

Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten sudah semakin dekat.

Ya, 7 hari lagi menjelang penyelenggaraan event pariwisata internasional tersebut pada 7 hingga 9 September mendatang, ICE menjadi venue Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) 2016 yang diresmikaan oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya ICE juga dipercaya sebagai venue penyelenggaraan event berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Penyelenggaraan GIIAS 2016 di ICE bukan kali pertama lantaran tahun lalu ICE juga dipercaya sebagai venue acara otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara ini.

Pembukaan GIIAS dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di ICE, Kamis (11/8/2016). Adapun GIIAS 2016 akan berlangsung pada 11-21 Agustus lalu.

Sementara pada 1 September mendatang mulai pk8.30 hingga 16.30 WIB, ICE juga dipercaya sebagai venue seminar Tax Amnesty untuk umum dengan tema ‘Penerapan Amnesti Pajak dan Implikasi Pasca Amnesti bagi WP Orang Pribadi dan Badan’ yang diselenggarakan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

Menariknya ICE juga dipercaya sebagai venue konser iKON di Indonesia pada 3 September 2016.

Jelang PATA Travel Mart 2016 

Sebentar lagi Indonesia akan banyak kedatangan tamu pebisnis pariwisata dunia di pameran pariwisata berskala internasional. Tepatnya 7 hingga 9 September 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten saat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan PATA Chapter Indonesia yang menjadi tuan rumah PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang diprediksi bakal dibanjiri ribuan tamu dari mancanegara.

Kemenpar telah berkoordinasi dengan pihak panitia dan PATA Chapter Indonesia bahwa akan disiapkan 11 hotel dan 1200 kamar untuk para buyerssellers dan media internasional.

Hotel-hotel tersebut adalah Santika Hotel Teraskota, Sapphire Sky Hotel, Pranaya Hotel, Grand Zuri Hotel, Soll Marina Hotel, IBIS Hotel Gading Serpong, Grand Serpong Hotel, Santika Premiere Bintaro, Mercure Alam Sutera, Atria Hotel Gading Serpong, dan Hotel Santika Premiere ICE BSD City.

Yang akan hadir ke acara tersebut berjumlah ribuan dari puluhan negara. Ribuan buyers dan sellers yang hadir ke PATA Travel Mart 2016 juga tidak sembarangan prestise dan kualitasnya.

Kalau dipresentasi, buyer menurut sektor industri 92 persen leisure, 2 persen special interest, 6 persen MICE. Sedangkan seller-nya menurut sektor industri, 2 persen travel technology, 29 persen travel agent atau tour operator, 3 persen airlines, 28 persen hotel dan Resort, 22 persen tourism office, 5 persen travel media, 5 persen atractions, dan 6 persen lainnya

Direct benefit-nya menjadi tuan rumah PTM 2016 juga sangat banyak. Indonesia menjadi fokus perhatian para pelaku industri pariwisata mancanegara dari 60 negara. Karena dalam pelaksanaannya, PTM 2016 merupakan bursa pariwisata yang bersifat murni B to B (business to business) yang bentuknya appointment antara buyer dan seller (pre matched appointment) akan terjadi transaksi penjualan paket perjalanan wisata.

Pelaku industri pariwisata memanfaatkan PTM untuk menjual paket wisata yang tentunya nantinya bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, terutama dari kawasan Asia Pasifik.

Selain itu, PTM 2016 akan diliput oleh media massa nasional dan internasional sehingga memberikan dampak positif bagi Indonesia atau value added sehingga destinasi Indonesia menjadi trending news yang tinggi. 

Artinya multiplier effect PTM2016 membuka peluang bisnis bagi hotel, cindera mata, transportasi lokal, restaurant, dan sebagainya. Sedangkan indirect benefit-nya PTM 2016 akan membangun network antara pelaku bisnis pariwisata di Indonesia dengan pelaku bisnis pariwisata anggota PATA.

Membangun citra dan reputasi pariwisata Indonesia di mata internasional, utamanya negara-negara anggota PATA, selain itu tentu saja memberikan kesempatan sekaligus edukasi kepada pelaku usaha dari seluruh provinsi di Indonesia untuk mengikuti ajang bursa pariwisata (travel mart) tingkat internasional.

Penyelenggaraan PATA Traval Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang bisa memberikan dampak positif terhadap pariwisata Indonesia terkenal di dunia.

Adapun PATA Travel Mart 2016 didukung penuh Kementerian Pariwisata, PATA Indonesia Chapter, dan ICE. Tak ketinggalan pemerintah provinsi Banten.

Ya, PATA Travel Mart 2016 akan mempertemukan para pelaku industri pariwisata (buyer) yang terdiri dari tour operator (wholesaler), MICE, dan Destination Management Company (DMC) dari mancanegara serta jurnalis internasional, termasuk travel writer dan travel blogger dengan pelaku industri pariwisata dari kawasan Asia Pasifik yang terdiri dari travel agents, inbound tour operator, hotel and resort, dinas pariwisata daerah (NTO), destinasi wisata, operator golf, dive, spa, cruise operator, car rental, airlines, airport management, travel portal, dan lainnya. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Sambut Natal dan Tahun Baru Bersama Nabella Salon

Nabella Salon & Sulam (Ist) Tak terasa sudah masuk Desember. Dan, bulan ini identik dengan perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru sehingga banyak orang, termasuk masyarakat urban yang biasanya berupaya

Cuisine

JAS Bidik Asian Games 2018

Raja Salman (Ist) Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akhirnya meninggalkan Pulau Bali. Tugas JAS Airport Services, sebagai perusahaan nasional yang ditunjuk maskapai Saudi Arabian (SV) untuk menangani ground dan

Cuisine

Mei, Yacht Australia ke Pulau Cinta

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) 40 yacht dikabarkan bakal memasuki kawasan timur Indonesia. Mereka berasal dari Filipina dan Australia rencana menuju Pulau Cinta, Gorontalo. “Kami terus berbenah, perbaiki destinasi menjelang

SightSeeing

‘Potensi Wisata Bahari Indonesia Tinggi’

Nawang Wulan (Ist) Putri Pariwisata Indonesia Nawang Wulan memunyai pandangan menarik mengenai wisata bahari Indonesia. Baginya, potensi wisata bahari Nusantara sangat tinggi sehingga harus terus dipromosikan sebagai upaya meningkatkan kunjungan

Tourism

Presiden Jokowi Hadir di HPN 2016, Wisman Tetap Ramai di Pantai Kuta Lombok

Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia ketika berkunjung ke Lombok, NTB didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) (Ist)   (Ist) Perhelatan Hari Pers

Nature

Bali Singkirkan Phuket untuk Terpilih Jadi Tempat Berpesta Terbaik 2015

Pantai Kuta di Bali (Ist) Pantai Kuta, Bali menjadi tempat terbaik sepanjang 2015 lalu untuk berpesta versi website Condenast Traveler. Adapun hasil tersebut berdasarkan pilihan pembaca Condenast Traveler. Dalam keterangan