Indahnya Morotai Menggoda Wisatawan

morotai indah

Morotai yang indah (Ist)

Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun tidak banyak bergerak karena Akses dan Amenitas yang tidak support.

“Kalau soal Atraksi? Keindahan wisata baharinya, Morotai keren!” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata beberapa waktu lalu. Morotai, katanya, hebat di coastal zone, pantai pasir putih, lembut dan nyaman diinjak dengan kaki telanjang.

Morotai juga tempat ideal yang cocok untuk sea zone, antarpulau, memancing, sailing dengan yacht. “Apalagi underwater zone-nya, banyak wreck atau bangkai kapal bekas Perang Dunia II yang ditenggelamkan di perairan Morotai, dan saat ini ditumbuhi terumbu karang yang indah dan menjadi destinasi diving dan snorkeling,” jelas mantan Dirut PT Telkom itu.

Arief Yahya meyakini atraksi Morotai sangat kuat. Critical success-nya ada di Akses dan Amenitas, dua-duanya minim. “Soal akses, sekarang sudah diterbangi Wing Air, group-nya Lion Air dari Manado. Itu solusi yang bagus karena Manado sedang booming wisatawan Tiongkok,” kata Arief Yahya.

 

Seperti diketahui, Morotai tahun 2019 mendatang ditargetkan mendatangkan 500 ribu wisman. Dalam rangka menyiapkan atraksi tingkat dunia, telah dilakukan launching tanggal 1 Juni 2016, Wonderful Morotai Islands Festival 2016.

Adapun traveler ke Morotai dari Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sam Ratulangi Manado yang meneruskan ke Morotai.

Menariknya Morotai masuk dalam 10 Bali baru yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara. Tak hanya itu, Morotai juga menjadi 10 destinasi wisata favorit 2017 untuk wisatawan versi patainanews.com.

Wisatawan yang tengah merencanakan berlibur ke Morotai di Maluku Utara jangan lupa mengunjungi Pulau Dodola. Ya, Pulau Dodola indah dengan pasir putih yang membuat wisatawan mengagumi pulau ini. 

Adapun Pulau Dodola secara geografis terbagi menjadi dua, yaitu Dodola besar dan kecil. Pulau Dodola besar ditandai dengan dermaga kayu yang menjorok ke laut.

Dodola besar dan kecil dipisahkan oleh air laut saat pasang. Namun, pada saat surut, pasir pantai seolah menjadi jembatan yang menghubungkan keduanya.

Pulau Dodola memiliki banyak spot olahraga selam, pemandangan bawah lautnya yang eksotik kerap menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata bagi mereka pada pencinta snorkeling dan diving.

Pulau Dodola dengan pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang jernih merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dilestarikan. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Heritage

Pelindo III Butuh Dukungan Pemkot Denpasar Kembangkan Pelabuhan Benoa

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengaku siap mengembangkan Pelabuhan Benoa di Bali lantaran pelabuhan yang ada di Pulau Dewata itu yang

World Heritage

Pesona Kota Lama Semarang Memikat Wisatawan

Gereja Blenduk di Semarang (Ist) Semarang kaya akan destinasi wisata dan tetap mempertahankan budaya khas Jawa. Destinasi wisata yang terkenal di Semarang, seperti Kelenteng Sam Poo Kong yang banyak dikunjungi

SightSeeing

Kostum Jember Carnaval 2nd Runner Up Dunia

Ilustrasi Jember Carnaval (Ist) Selama ini sudah pernah mendengar negara Seychelles dengan ibu kotanya bernama Victoria? Bisa ditebak, dari nama ibu kotanya itu hampir pasti negara kepulauan kecil di Samudera

Tour Package

Wonderful Indonesia Promosi di London

Menteri Pariwisata Arief Yahya di London, Inggris (Ist) Di sela-sela persiapan keikutsertaan Indonesia di ajang World Travel Market London ke-37, Menteri Pariwisata Arief Yahya roadshow ke berbagai tempat, memantau langsung

Heritage

Merawat Adat Leluhur, Presiden Jokowi Dukung Pelestarian Kerajaan dan Kesultanan Nusantara

Presiden Jokowi ketika ada di Bali (Ist) Sejumlah raja dan sultan se-Nusantara hadir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018). Kedatangan mereka atas undangan langsung Presiden Jokowi. Sebelumnya dalam

SightSeeing

Menanti Menteri Pariwisata Arief Yahya Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Berharap adanya dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam International Expo Coffee (Ist) Peran pemerintah memang tak pernah bisa dilepaskan dalam pengembangan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Kendati demikian,