Indonesia Aman

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Pemerintah menjamin Indonesia aman bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin berkunjung ke negeri ini. Jaminan keamanan ini dikeluarkan pascainsiden ledakan bom di seputar pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Itu artinya setelah dalam hitungan jam, para pelaku peledakan bom berhasil dilumpuhkan aparat keamanan yang langsung melakukan pengamanan lokasi.

Adapun Kementerian Pariwisata melakukan pengecekan ke sejumlah hotel ibu kota untuk mengetahui reaksi para tamu manca negara.

Hingga pukul 22.00 WIB malam, apa yang dikhawatirkan para stakeholder pariwisata bahwa kejadian itu akan membuat para tamu hengkang ternyata tak terjadi.

“Aman, semua sudah kembali normal. Tim Crisis Center Kempar telah melakukan pengecekan terhadap 14 hotel yang ada di sepanjang Sudirman-Thamrin yang kami hubungi satu persatu. Hasilnya hingga pukul 22.00 WIB tidak ada tamu yang mempercepat kepulangan karena semua confident suasana sudah pulih,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Selain mengecek 14 hotel yang berada di kawasan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, pihaknya juga telah mengecek maskapai dan agen perjalanan wisata yang ada di Tanah Air terkait dampak bom Sarinah.

“Saya juga telah mengecek sejumlah maskapai penerbangan dan sejumlah travel agent semuanya mengaku tidak ada pembatalan. Artinya mereka akan tetap menjalani waktu wisatanya karena mereka yakin kondisi keamanan Indonesia yang akan tetap aman,” lanjutnya.

Tak hanya di Jakarta, AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata juga telah melakukan pengecekan terhadap daerah-daerah yang selama ini jadi lumbun wisman. Hasilnya sama dengan kondisi yang terjadi di Jakarta.

“Selain sudah mengecek kondisi beberapa hotel, travel agent dan maskapai di Jakarta saya juga langsung mengecek beberapa lokasi di daerah yang banyak wisatawan mancanegaranya seperti Batam dan Bali. Tapi hasilnya sama dengan di Jakarta, semuanya aman dan sejauh ini tidak ada pembatalan dari para wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia,” tegasnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Heritage

GMT 2016 di Palembang Bisa untuk Edukasi

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan berlangsung pada

SightSeeing

Optimistis 2019 Target 20 Juta Wisman Tercapai

Budijanto Ardiansjah, Ketua DPD ASITA Jawa Barat (duduk paling kanan) Meski masuk tahun politik, target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) masih akan tercapai. Hal tersebut dikatakan Budijanto Ardiansjah, Ketua DPD

Tour Package

Handayani yang Suka dengan Bali

Direktur Konsumer PT Bank BRI Handayani (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya Destinasi wisata Bali memang diminati banyak wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Ya, tak bisa dipungkiri daya tarik Pulau

Travel Operator

Pemerintah Gandeng Artis Indonesia Promosikan Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Artis Entrepreneur Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama para Artis Entrepreneur melakukan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia, yang didahului dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan

Heritage

Kehangatan Natal di Aryaduta Semanggi

Turkey to Go (Ist) Natal dan Tahun Baru selalu menjadi perayaan yang paling ditunggu setiap tahunnya.  Perayaan ini selain menjadi momentum untuk menyambut datangnya tahun yang baru juga merupakan momen

Hotel

Selamat Pemenang Kuis Batik Putra Fakhrudin

Batik Putra Fakhrudin (Ist) Pemenang kuis di patainanews.com mengenai batik khas Indonesia berhadiah Batik Putra Fakhrudin adalah Tomi Nala Prabayaksa. Ya, Tomi berhasil menjawab tiga pertanyaan yang diajukan patainanews.com mengenai kain