Indonesia Aman

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Pemerintah menjamin Indonesia aman bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin berkunjung ke negeri ini. Jaminan keamanan ini dikeluarkan pascainsiden ledakan bom di seputar pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Itu artinya setelah dalam hitungan jam, para pelaku peledakan bom berhasil dilumpuhkan aparat keamanan yang langsung melakukan pengamanan lokasi.

Adapun Kementerian Pariwisata melakukan pengecekan ke sejumlah hotel ibu kota untuk mengetahui reaksi para tamu manca negara.

Hingga pukul 22.00 WIB malam, apa yang dikhawatirkan para stakeholder pariwisata bahwa kejadian itu akan membuat para tamu hengkang ternyata tak terjadi.

“Aman, semua sudah kembali normal. Tim Crisis Center Kempar telah melakukan pengecekan terhadap 14 hotel yang ada di sepanjang Sudirman-Thamrin yang kami hubungi satu persatu. Hasilnya hingga pukul 22.00 WIB tidak ada tamu yang mempercepat kepulangan karena semua confident suasana sudah pulih,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Selain mengecek 14 hotel yang berada di kawasan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, pihaknya juga telah mengecek maskapai dan agen perjalanan wisata yang ada di Tanah Air terkait dampak bom Sarinah.

“Saya juga telah mengecek sejumlah maskapai penerbangan dan sejumlah travel agent semuanya mengaku tidak ada pembatalan. Artinya mereka akan tetap menjalani waktu wisatanya karena mereka yakin kondisi keamanan Indonesia yang akan tetap aman,” lanjutnya.

Tak hanya di Jakarta, AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata juga telah melakukan pengecekan terhadap daerah-daerah yang selama ini jadi lumbun wisman. Hasilnya sama dengan kondisi yang terjadi di Jakarta.

“Selain sudah mengecek kondisi beberapa hotel, travel agent dan maskapai di Jakarta saya juga langsung mengecek beberapa lokasi di daerah yang banyak wisatawan mancanegaranya seperti Batam dan Bali. Tapi hasilnya sama dengan di Jakarta, semuanya aman dan sejauh ini tidak ada pembatalan dari para wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia,” tegasnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Desa Wisata Kental dengan Daya Tarik Budaya Pikat Wisatawan

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 sebagai upaya memperkuat sinergitas semua elemen dalam mewujudkan target

Tourism

Dapur Solo Hadir di GIIAS 2016

GIIAS 2016 di ICE (Ist) Dapur Solo, resto yang dikenal menyajikan kuliner Nusantara ikut serta membuka booth di GIIAS 2016 yang digelar di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD

Tourism

Menjual Destinasi ‘Bunyi’ Indonesia ke Mancanegara

‘KORG Bagimu Negeriku Melestarikan Tradisi dengan Cara yang Tidak Tradisional’ (Ist) Indonesia selama ini dikenal kaya akan beragam potensi wisata dan itu memang sudah terbukti. Negeri ini tak hanya dikenal

Slideshow

Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan) Banten

Tourism

Keuntungan Ikut PATA Travel Mart 2016 di ICE

Press conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Penyelenggaraan PATA Traval Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang

Airlines

PATA Apresiasi ICE, Venue PATA Travel Mart 2016

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) PATA menyampaikan