Indonesia Banget di Oasis Heritage Restaurant

oasis heritage

Appetizer yang ada di Oasis Heritage Restaurant

Makan ala rijsttafel yang menjadi ciri khas Oasis Heritage Restaurant. Rijsttafel menjadi menu andalan di restoran yang terletak di Jalan Raden Saleh, Jakarta, ini.

Sebenarnya ini bukan nama makanan, namun cara makan yang pertama kali muncul ketika masa kolonial Belanda. Arti kata itu mungkin sederhana, meja nasi. Tapi menu yang terhidang lebih dari nasi.

Makanan yang tersaji sebenarnya sangat sederhana. Ada nasi, sate, ayam goreng atau panggang, opor daging, rendang, kerupuk, sambal, tempe, dan tahu.

Adapun Oasis Heritage Restaurant memiliki kelebihan dalam penyajiannya. Kenyamanan juga ditunjang dari bangunan restoran yang bergaya kolonial klasik.

Bentuknya kotak, dengan dua lantai, dan jendela-jendela yang melengkung. Dindingnya berwarna putih. Balok-balok kayu jati terbentang menyangga atap.

Kelebihan dari restoran ini adalah soal tampilan. Dan, tentu saja rasa. Di Jakarta, hanya resto ini yang konsisten menghidangkan rijsttafel. Jadi, tidak heran banyak tamu negara yang datang ke sana.

Bangga Kuliner Indonesia

Menjadi kebanggaan tentunya kuliner asli Indonesia diminati wisatawan mancanegara. Bahkan, tak hanya sekadar bersantap menu masakan negeri ini, di Oasis Heritage Restaurant tamu pun terhibur dengan aksi pramusaji yang menampilkan budaya dari sejumlah daerah di Indonesia.

Ya, di Oasis Heritage Restaurant, tamu bisa merasakan bagaimana bersantap bak bangsawan Belanda yang dilayani oleh banyak pramusaji. Kenangan tempo doeloe itu akan membuat kesan yang tak terlupakan bagi tamu, termasuk turis asing yang sedang ada di Jakarta.

Sudah banyak restoran atau tempat makan yang menawarkan menu atau penyajian yang mengusung konsep casual atau fine dining, namun masih terbatas restoran yang menyajikan dengan cara rijsttafel.

“Oasis menghadirkan konsep makan rijsttafel yang sebenarnya. Jadi pada dasarnya rijsttafel menyajikan minimal tujuh jenis makanan dengan cara diarak oleh pelayan yang banyak,” kata James de Rave, Cultural Liaison Oasis Heritage Restaurant kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

James menuturkan, konsep makan rijsttafel bukan hanya membuat tamu kenyang dengan makanan, tapi juga dihibur dengan aksi dari para pramusaji. Restoran Oasis yang sudah berdiri hampir 50 tahun ini menyajikan menu rijsttafel dengan hiburan tradisional, yakni pelayan yang berbaris membawa makanan diiringi musik tradisional dan juga dilengkapi dengan lengser khas Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, Oasis Heritage Restaurant memperkenalkan Firdaus Rhapsody sebagai Head Chef Oasis Heritage Restaurant yang baru yang sekaligus meluncurkan menu makan siang terbaru, termasuk Mie Aceh.

James menambahkan bahwa kebanyakan wisman yang datang ke Oasis Heritage Restaurant dari Belanda dan Jepang. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

World Heritage

Sambut Momentum Hari Pariwisata Dunia Lewat Putri Pariwisata Indonesia 2016

Welcome Dinner Putri Pariwisata Indonesia 2016 (Ist) Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia kembali digelar. Gelaran Putri Pariwisata Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih beragam dan

Culture

patainanews.com Mengucapkan Selamat HUT ke-56 Kabupaten Takalar

Pesona wisata di Kabupaten Takalar (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat HUT ke-56 Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada 10 Februari 2016. Semoga beragam destinasi wisata, budaya setempat yang

Tourism

Kapal Pesiar ke Indonesia, Kesempatan Besar Promosikan Pariwisata Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Kunjungan kapal pesiar yang mengangkut rombongan turis asing ke Indonesia, termasuk ke Cirebon di Jawa Barat harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Slideshow

Menteri Pariwisata Optimistis Pariwisata RI Kalahkan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kanan) (Ist) Kemenangan itu harus direncanakan! Kata-kata Sun Tzu itu sudah sering diulang Menteri Pariwisata Arief Yahya di hadapan pejabat Eselon I dan II

World Heritage

Mengemas Budaya Betawi dalam Puisi

Halimah Munawir Anwar (Ist) Keanekaragaman budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Indonesia. Termasuk Budaya Betawi tentunya yang kini

Tourism

Rendang, Kuliner Khas Nusantara Ngetop di Dunia

Kuliner khas Tanah Air, Rendang yang diminatai orang asing (Ist) Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Dua ikon kuliner khas Nusantara yang sudah ditetapkan Menpar Arief Yahya, yakni Rendang dan