Indonesia Banget di Oasis Heritage Restaurant

oasis heritage

Appetizer yang ada di Oasis Heritage Restaurant

Makan ala rijsttafel yang menjadi ciri khas Oasis Heritage Restaurant. Rijsttafel menjadi menu andalan di restoran yang terletak di Jalan Raden Saleh, Jakarta, ini.

Sebenarnya ini bukan nama makanan, namun cara makan yang pertama kali muncul ketika masa kolonial Belanda. Arti kata itu mungkin sederhana, meja nasi. Tapi menu yang terhidang lebih dari nasi.

Makanan yang tersaji sebenarnya sangat sederhana. Ada nasi, sate, ayam goreng atau panggang, opor daging, rendang, kerupuk, sambal, tempe, dan tahu.

Adapun Oasis Heritage Restaurant memiliki kelebihan dalam penyajiannya. Kenyamanan juga ditunjang dari bangunan restoran yang bergaya kolonial klasik.

Bentuknya kotak, dengan dua lantai, dan jendela-jendela yang melengkung. Dindingnya berwarna putih. Balok-balok kayu jati terbentang menyangga atap.

Kelebihan dari restoran ini adalah soal tampilan. Dan, tentu saja rasa. Di Jakarta, hanya resto ini yang konsisten menghidangkan rijsttafel. Jadi, tidak heran banyak tamu negara yang datang ke sana.

Bangga Kuliner Indonesia

Menjadi kebanggaan tentunya kuliner asli Indonesia diminati wisatawan mancanegara. Bahkan, tak hanya sekadar bersantap menu masakan negeri ini, di Oasis Heritage Restaurant tamu pun terhibur dengan aksi pramusaji yang menampilkan budaya dari sejumlah daerah di Indonesia.

Ya, di Oasis Heritage Restaurant, tamu bisa merasakan bagaimana bersantap bak bangsawan Belanda yang dilayani oleh banyak pramusaji. Kenangan tempo doeloe itu akan membuat kesan yang tak terlupakan bagi tamu, termasuk turis asing yang sedang ada di Jakarta.

Sudah banyak restoran atau tempat makan yang menawarkan menu atau penyajian yang mengusung konsep casual atau fine dining, namun masih terbatas restoran yang menyajikan dengan cara rijsttafel.

“Oasis menghadirkan konsep makan rijsttafel yang sebenarnya. Jadi pada dasarnya rijsttafel menyajikan minimal tujuh jenis makanan dengan cara diarak oleh pelayan yang banyak,” kata James de Rave, Cultural Liaison Oasis Heritage Restaurant kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

James menuturkan, konsep makan rijsttafel bukan hanya membuat tamu kenyang dengan makanan, tapi juga dihibur dengan aksi dari para pramusaji. Restoran Oasis yang sudah berdiri hampir 50 tahun ini menyajikan menu rijsttafel dengan hiburan tradisional, yakni pelayan yang berbaris membawa makanan diiringi musik tradisional dan juga dilengkapi dengan lengser khas Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, Oasis Heritage Restaurant memperkenalkan Firdaus Rhapsody sebagai Head Chef Oasis Heritage Restaurant yang baru yang sekaligus meluncurkan menu makan siang terbaru, termasuk Mie Aceh.

James menambahkan bahwa kebanyakan wisman yang datang ke Oasis Heritage Restaurant dari Belanda dan Jepang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Pastikan Ikut Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata mengajak arsitek Indonesia untuk ikut Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Jadi, peluang terbuka untuk desainer rancang bangun interior desain mengikuti sayembara dalam

Culture

Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016

Ilustrasi Wayang (Ist) Acara atraksi seni budaya sebagai media efektif promosikan potensi pariwisata dalam mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 260 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan akan

Cuisine

Menulis Promosikan Wisata Bahari Indonesia

Wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) kembali menggelar Lomba Menulis Wisata Bahari 2016. Adapun lomba khusus untuk

Slideshow

Indonesia Raih Transaksi Rp13,4 Miliar di VITM 2018

Indonesia partisipasi dalam VITM 2018 (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama pelaku bisnis pariwisata Indonesia berpartisipasi pada pameran pariwisata Vietnam International Travel Mart (VITM) 2018, berlangsung di Ha Noi International Center

SightSeeing

Herliansa Chrisnasari Puspita Wakil Jawa Tengah Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

General Manager Hotel Horison NJ Semarang Aditya Maulana (kedua dari kanan) foto bersama dengan Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel (paling kanan) (Ist) Herliansa Chrisnasari Puspita terpilih menjadi wakil

Slideshow

Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung