Indonesia Bidik Turis Tiongkok

My Ary

Kalibiru di Yogyakarta merupakan destinasi yang akan diminati turis asing yang berkunjung ke Indonesia (Ist)

Pemerintah terus mengembangkan pasar wisatawan asing. Negara-negara yang tersebar di dunia, seperti Great Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia, Jepang Amerika Serikat, Timur Tengah, Inggris, Filipina, Perancis, Jerman, Belanda, India, Thailand, dan Rusia.

Kendati demikian, Tiongkok tetap dianggap potensial untuk berkunjung ke Indonesia. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, Tiongkok merupakan pasar wisatawan utama di Indonesia, terutama bagi mereka yang berada di Macau dan Hongkong.

“Ada tren orang Tiongkok belum hebat kalau belum ke Hongkong. Karenanya kita memiliki strategi khusus menarik wisatawan yang dari Hongkong. Kita memperhatikan kesukaan mereka, musim liburan di masing-masing negara, juga kebiasaan mereka saat berlibur,” jelasnya kepada wartawan di Hotel Santika Cirebon, Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Adapun implementasi strategi pemasaran itu sendiri dibagi menjadi tiga jenis. Pertama, yaitu pemasaran berdasarkan origin, destination dan time. Kedua, merupakan strategi yang terdiri dari branding, advertising dan selling.

Ketiga melalui media, baik itu paid media, owned media maupun media sosial. “Porsi branding pada unsur promosi adalah yang paling besar di sini. Apabila target pasar sudah mengenal branding, misalnya Perth sudah mengenal Bali, maka kami akan melakukan advertising. Selling itu tidak dilakukan oleh kami melainkan melalui industri,” tambah Pitana.

Pada target pasar Timur Tengah, Arab Saudi masih dibidik menjadi pasar yang utama disusul oleh Abu Dhabi. Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika mengatakan bahwa turis Arab tergolong cukup unik.

Dalam satu keluarga, seorang ayah terbiasa menyerahkan keputusan kepada istri dan anaknya untuk memilih tempat berlibur. “Kalau di Arab, biasanya istri dan anak yang mengambil keputusan mau berlibur dimana. Oleh sebab itu, kami atur strategi untuk branding lewat majalah-majalah wanita misalnya,” kata Nia menjawab patainanews.com.

Sementara itu, Nia juga menjelaskan tentang beberapa kegiatan promosi mancanegara. Ini terbagi menjadi empat jenis yaitu berpatisipasi dalam pameran, misi penjualan destinasi, festival mancanegara, dan berupa dukungan promosi dalam event internasional. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Cuisine

Upaya Pariwisata Indonesia Mengejar Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Bulan lalu, pariwisata Indonesia yang diwakili Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Hotel Sofyan mendapat kabar bagus lantaran negeri ini berjaya dengan menyabet tiga gelar dalam

Culture

SIA Bantu Wonderful Indonesia Jual Pasar India

Pesawat Singapore Airlines (Ist) Transportasi udara dinilai merupakan faktor paling penting bagi pariwisata Indonesia untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini. Inilah risiko negara kepulauan seperti Nusantara,

Investments

Investor Asing Jajaki Investasi Pariwisata di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Ketua Tim Pokja 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah S Thaib yang menerima audiensi CEO Wellington Capital Advisory (WCA) David Burke di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Selasa

SightSeeing

Menteri Pariwasata Gandeng Menteri Perhubungan Majukan Pariwisata Belitong

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Perhubungan Arief Yahya (Ist) Ketika dua menteri Kabinet Kerja kompak, keputusan cepat dan revolusioner membangun pariwisata Indonesi. Itulah yang terjadi pada Bandara

Cuisine

Indonesia Bidik Turis Mongolia

Peresmian Mongolian Tourism Information Center (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) optimistis wisatawan asal Mongolia akan tertarik berkunjung ke Indonesia, termasuk menikmati keindahan Tanjung Lesung yang ada di Banten.

Destinations

‘Danau Toba Pantas Jadi World Class Tourism Destination’

Kegiatan Famtrip Tour and Operator dari Polandia, Hongaria, Slovakia, Austria, dan Bulgaria ke Danau Toba (Ist) Dubes RI untuk Polandia Peter F Gontha memang sangat agresif mempromosikan Wonderful Indonesia. Bukan