Indonesia Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia

Scuba-diving-at-Manta-Ridge1

Raja Ampat

Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo disebut sebagai 10 destinasi snorkeling terbaik di dunia. Hebatnya dua titik penyelaman di Indonesia ini berada di urutan teratas.

Dikutip dari CNN Travel, Rabu (12/8/2015), Raja Ampat yang berada di Papua Barat menempati urutan teratas. Hasil tersebut berdasarkan pendapat para pakar kelautan untuk membagikan beberapa tempat favorit untuk snorkeling.

Adapun para ahli kelautan tersebut mengatakan, sulit untuk menemukan tempat lain di dunia untuk dapat membandingkan keindahan Raja Ampat. Destinasi yang terletak di kawasan timur Indonesia itu terdapat konsentrasi kehidupan laut terbaik di dunia secara ukuran daerah dan 75 persen dari semua spesies karang yang ada di dunia.

Raja Ampat merupakan surga laut dengan 1.000 spesies ikan yang berbeda, kura-kura laut, hiu, dan pari manta. Snorkeling di Raja Ampat berarti memiliki kesempatan untuk memanjakan diri di pulau yang jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Jika snorkeling di Raja Ampat, maka wisatawan akan dapat bertemu dengan ikan dan karang di setiap arah saat berenang. Kawasan Raja Ampat terdiri dari wilayah pulau dan air seluas 50.000 kilometer persegi.

“Setiap hari, Anda dapat mengalami sesuatu yang berbeda,” kata Ahli Biologi Kelautan dan Pemandu Snorkeling di Coral Triangle Adventures, Lee Goldman. Sementara Taman Nasional Komodo yang selama ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan, yaitu dapat melihat komodo di alam liar.

Namun, snorkeling adalah hal tak boleh dilewatkan. Menjadi Situs Warisan Dunia selama lebih dari 30 tahun, terumbu karang dan pulau-pulau di taman nasional ini sangat dilindungi. Status tersebut memberikan kehidupan bawah laut yang melimpah dan juga kesempatan karang untuk berkembang.

Wilayah laut di Taman Nasional Komodo juga kaya akan nutrisi, berkat aliran air dingin dari Samudera Hindia yang menjaga makanan untuk kehidupan laut. “Anda benar-benar tahu jika Anda berada di bagian yang berbeda di dunia ketika berkunjung ke (Taman Nasional) Komodo,” kata Goldman.

Menariknya dua destinasi favorit negeri ini mampu mengalahkan delapan destinasi snorkeling lain pilihan para pakar kelautan, yaitu Kepulauan Galapagos (Ekuador), The Coral Triangle (Asia Pasific), Filipina, Silver Bank (Republik Dominika), Palau (Micronesia), Great Barrier Reef (Australia), Solomon Islands, dan Isla Holbox (Meksiko).

Para pakar kelautan yang memberikan pilihan destinasi snorkeling terfavorit di dunia adalah Ahli Biologi Kelautan dan Pemandu Snorkeling Coral Triangle Adventures, Lee Goldman, Wakil Direktur bidang Perjalanan, Pariwisata, dan Konservasi dari World Wildlife Fund, Jim Sano, dan Wakil Direktur Pemasaran dan Keberlangsungan dari Natural Habitat Adventure, Ted Martens. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Progress Pariwisata NTB

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Kondisi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terus berkembang merupakan salah satu hasil dari kolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dengan pemerintah daerah setempat.

Slideshow

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Ninik Irawan

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

World Heritage

Garuda Indonesia Proyeksi Jumlah Penumpang Lebaran 2018 Capai 1,2 Juta Orang

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury (berdiri) Maskapai nasional Garuda Indonesia memproyeksikan jumlah angkutan penumpang pada periode peak season Lebaran 2018 akan mencapai 1,2 juta penumpang. Jumlah pertumbuhan penumpang

Slideshow

Penghargaan Kepeloporan Media HPN 2018

Hari Pers Nasional 2018 di Padang (Ist) Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan menganugerahkan Penghargaan Kepeloporan Media kepada tujuh media massa dan seorang tokoh yang diakui kepetoporan mereka

Culture

Menjaring Wisatawan Asing dengan Kuliner Indonesia

Didukung Chef yang profesional, Oasis Heritage Restaurant diminati turis asing Indonesia memang terbukti diminati wisatawan asing. Tak hanya sebatas pesona alam dan budaya saja, tapi wisatawan mancanegara ternyata juga mencari

Heritage

Menanti PATA Travel Mart 2016

  Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Indonesia tahun depan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pameran pariwisata dan kegiatan perdagangan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA).