Indonesia Jadi Country of Honor di IFTM TOP RESA 2018

Nia Niscaya (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, dan VITO Perancis akan berpartisipasi pada acara IFTM Top Resa 2018 yang diselenggarakan di Porte de Versailles, Paris, Perancis 23 – 25 September 2018.

IFTM Top Resa adalah salah satu bursa pariwisata internasional terbesar di Perancis dan merupakan suatu wadah yang memberikan kesempatan bagi kalangan industri pariwisata (travel trade, hotelier, penerbangan) seluruh dunia untuk mengembangkan hubungan bisnis baru di bidang pariwisata sekaligus memelihara dan meningkatkan hubungan bisnis yang sudah ada secara efektif dan efisien.

Pada penyelenggaraan IFTM Top Resa yang ke-40 tahun 2018 ini, Kementerian Pariwisata menyewa lahan seluas 150 m2 dan akan menjadi Country of Honor yang melibatkan keikutsertaan 21 industri (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, dan Flores), Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat, dan partner airlines dari Singapore Airlines.

Pada acara tersebut, akan ditampilkan pula pertunjukan kesenian berupa tarian dan carnival, keterampilan melukis henna, serta barista dan mixologist yang akan menyajikan kopi dan minuman tradisional khas Indonesia. “Dengan menjadi Country of Honor dalam acara pameran pariwisata terbesar di Perancis ini, diharapkan dapat mendorong brand awareness dan media exposure untuk membantu promosi pariwisata Indonesia dengan memberikan informasi yang benar mengenai destinasi pariwisata Indonesia,” kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata II Nia Niscaya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Selain besarnya media exposure untuk meyakinkan masyarakat Eropa, diharapkan melalui B2B meeting pada acara ini, dapat dijalin kerja sama bisnis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal Perancis ke ke Indonesia. Dari perspektif statistik, Perancis menjadi salah satu pasar fokus Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Pada 2016 lalu, sejumlah 250.921 wisatawan mancanegara (wisman) asal Perancis mengunjungi Indonesia. Jumlah ini tumbuh 19,79% dari tahun sebelumnya. Sementara tahun 2017, terdapat lebih banyak wisatawan Perancis yang mengunjungi Indonesia.

Dilaporkan bahwa sebanyak 268.989 wisman Perancis datang ke Indonesia atau meningkat 7,20% dari tahun 2016 silam. “Untuk tahun 2018 ditargetkan jumlah kunjungan wisman asal Perancis ke Indonesia sejumlah 290.000 wisman. Sementara capaian wisman asal Perancis sampai Juni 2018 sebanyak 113,996 atau meningkat 4,02% dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2017,” kata Nia Niscaya.

Wilayah Eropa terus menunjukkan tren positif selama beberapa tahun terakhir. Inggris, Perancis, Jerman, Belanda dan Rusia adalah 5 besar pasar Eropa untuk Indonesia. Statistik menunjukkan bahwa market value pengunjung dari negara-negara tersebut mencapai lebih dari 1 juta USD dengan rata-rata lama menginap hampir dua minggu (13,97 hari).

Karenanya Kementerian Pariwisata menawarkan beberapa program strategis dalam kesempatan Top Resa, yaitu paket bundling tiket internasional dengan transportasi domestik beserta Kerjasama Airlines dan wholesalers. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Bandara Sibisa akan Melengkapi Bandara Silangit

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Semampang berada di kawasan Danau Toba dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau Bandara Sibisa, di Ajibata, Toba Samosir. Bandara kecil yang panjang landasannya baru 750

Indonesia itu Bagus

Pesparani untuk Indonesia

Pesparani ikut mendukung kerukunan dan kedamaian di Indonesia (Ist) Usai menggelar  berbagai lomba, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Nasional (LP3KN) mengadakan seminar nasional dan musyawarah nasional (Munas)  di Islamic

SightSeeing

Potensi Desa Wisata di Indonesia Dipetakan

Vitria Ariani, Ketua Tim Percepatan Wisata Pedesaan dan Perkotaan (Ist) Upaya mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke desa-desa wisata di Indonesia, maka Tim Percepatan Wisata Pedesaan dan Perkotaan melakukan pemetaan

SightSeeing

Libur Akhir Tahun, Traveler Gunakan Mutouch untuk Kesehatan Kulit

Suasana launching Mutouch (Ist) Manajemen PT Era Ventura Indonesia resmi meluncurkan produk perawatan tubuh, Mutouch yang bisa dipakai traveler untuk menjaga kesehatan kulit ketika mereka menikmati libur akhir tahun. Roy

Festival

Ketika Generasi Milenial Memilih Pariwisata

Press conference World Tourism Day 2018 PATA Indonesia Chapter, Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), dan Kementerian Pariwisata memperingati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD) 2018, dengan menggelar perayaan

Nature

Wisatawan Korsel Happy Ada Direct Flight ke Lombok untuk Honeymoon

LA Hadi Faishal (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pelaku bisnis pariwisata Indonesia yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat menyambut gembira tren kunjungan paket honeymoon asal Korea