Indonesia Siap Menyambut GMT 2016

prescon gmt 2016

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist)

Menyadari pentingnya momentum Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini dalam upaya mendukung target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah menetapkan target kunjungan wisatawan ke Indonesia tahun 2016 sebesar 272 juta wisatawan.

Jumlah tersebut terbagi atas 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta wisatawan Nusantara. “Target wisatawan mancanegara tahun 2016, 12 juta. Target wisatawan nusantara, 260 juta perjalanan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenpar di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Dengan kunjungan wisatawan mancanegara tersebut, AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata memproyeksikan Indonesia akan menerima pendapatan devisa sebesar Rp172 triliun.

Kemudian, untuk wisatawan domestik, mantan Direktur Utama PT Telkom ini menargetkan dengan jumlah pengeluaran sebesar Rp223 triliun.

Untuk mencapai target tersebut, Kemenpar telah menyiapkan beberapa cara, yakni penyelenggaraan festival. Dari paparan Arief Yahya, ada 10 kegiatan yang menjadi prioritas selama tahun 2016, yakni Festival Grebeg Sudiro, Dukungan Wisata Religi Dzikir Nasional, GMT, Festival Tambora, Festival Kuliner Nusantara, Lake Toba Ultra, Tour de Singkarak, Jakarta Marathon, Bono Surfing Expedition dan Musi Triboatton.

Adapun GMT akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Sejumlah pemerintah daerah (Pemda), seperti pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan pemerintah kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah juga bersiap diri menyambut GMT 2016.

Bahkan, Pemprov Sumsel secara serius menggandeng PATA Indonesia Chapter saat menggelar press conference di Palembang pada Desember 2015 lantaran Ibukota Sumsel ini bakal dilewati GMT 2016.

Belum lagi pihak seperti Lapan, dan Bosscha yang juga ikut bersiap menyambut GMT 2016. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

Membangun Hotel Syariah untuk Wisatawan di Lombok

Hotel Syariah Solo Indonesia selama ini menjadi destinasi favorit wisatawan asing untuk menghabiskan waktu libur mereka. Ya, wisatawan mancanegara betah tinggal di suatu tempat menarik. Tak hanya satu hari, malah

All About Indonesia

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke

Cuisine

Semana Santa, Ritual Pekan Suci Paskah yang Datangkan Wisatawan

Ilustrasi Semana Santa (Ist) Larantuka di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali didatangi ribuan peziarah dari berbagai daerah dan bahkan dari luar negeri. Mereka datang untuk bergabung mengikuti perayaan

Culture

Sascha Poespo Siap Gelar FashionArt Show Setiap Tahun

Tim Metcalf, Creative Director TimiSachi (berdiri) dan Sascha Poespo, seorang Fashion Creator (Ist) Sascha Poespo, orang Indonesia yang menetap di Australia akan mengupayakan FashionArt Show diadakan rutin setiap tahun. Hal tersebut

Slideshow

PHRI NTB Dukung HPN 2016 di Lombok

Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung Lombok menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi

Tourism

2017, Operasional BIJB Dimulai

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Peletakan batu pertama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ditargetkan bisa dilakukan pada November mendatang setelah pembebasan lahan mencapai 873 Ha