Infrastruktur Penting untuk Indonesia

Presiden Jokowi (kiri) (Ist)

Menurut Dr Budi Sinulingga, pakar pembangunan wilayah Sumatera Utara, pembangunan infrastruktur secara besar-besaran adalah mutlak diperlukan bagi Indonesia karena sudah lama terabaikan.

Menurut Sinulingga, pembangunan infrastruktur sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Mantan Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara ini menyikapi pidato Presiden Joko Widodo tanggal 31 Oktober 2018, dimana Presiden Jokowi memberikan lima pesan untuk pekerja dan industri konstruksi dalam pembukaan Pameran Konstruksi Indonesia 2018 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Salah satu pesan Presiden Jokowi adalah kebutuhan untuk dunia konstruksi lebih bertanggung jawab baik secara profesional maupun tanggung jawab sosial. Dikatakan Anggota Dewan Pakar Jokowi Centre ini, “Didalam pembangunan bisa timbul ekses negatif yang seharusnya tidak terjadi seperti keruntuhan konstruksi dan kerusakan lingkungan. Keruntuhan konstruksi tidak akan terjadi kalau direncanakan dan dilaksanakan sesuai standard. Demikian juga dengan kerusakan lingkungan kalau dianalisa dengan baik tidak akan terjadi”.

Menurut Sinulingga, “Sangat tepat Presiden Jokowi mengingatkan akan hal itu kepada para pelaku pembangunan agar memiliki tanggung jawab yang penuh untuk kemajuan bangsa”. Saat ditanya mengenai adanya kritik terhadap pembangunan infrastruktur, disampaikan oleh Sinulingga bahwa itu adalah karena orang tidak mengerti manfaatnya atau pura pura pura tidak mengerti.

“Pembiayaan pun tidak mungkin dari APBN saja. Diharapkan pihak swasta lebih banyak berpartisipasi dengan perhitungan yang cermat sebagai tanda mencintai negeri kita ini,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima, Kamis (31/10/2018).

Hal ini disampaikannya kepada Relawan Jokowi Centre menanggapi pidato Presiden Jokowi tanggal 31 Oktober 2018, dimana Presiden Jokowi memberikan lima pesan untuk pekerja dan industri konstruksi dalam pembukaan Pameran Konstruksi Indonesia 2018 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pertama, mengenai keamanan bagi para pekerja dan penggunanya yang mesti diprioritaskan. “Jangan sampai ada lagi kasus bangunan roboh atau kecelakaan kerja yang fatal,” kata Presiden Jokowi. Kedua, terkait dengan lingkungan hidup, Kepala Negara mengingatkan jangan sampai infrastruktur yang dibangun tidak ramah lingkungan.

“Jangan sampai merusak lingkungan,” ucap Presiden Jokowi. Ketiga, berkaitan dengan dampak pembangunan bagi kehidupan sosial dan kemasyarakatan, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa pembangunan yang dilakukan hendaknya diarahkan kepada peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat.

Keempat, kemajuan teknologi harus terus diikuti dan diantisipasi oleh industri konstruksi. Dengan itu, pelaku industri tak perlu khawatir akan tertinggal. Kelima, Kepala Negara kembali mengingatkan bahwa infrastruktur di seluruh Tanah Air tak mungkin dibangun hanya dengan mengandalkan APBN.

Untuk itu, diperlukan kreativitas pembiayaan untuk dapat membiayai pembangunan infrastruktur secara merata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Ahok Memimpin dalam Survei IReS

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Ist) Survei membuktikan, pemilih loyal Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencapai 35,5%. Sedangkan sisanya 14,8% mengaku akan berpindah ke calon lain jika ada yang

Slideshow

Revolusi Mental melalui GERAKAN1000 Hadir di Kepulauan Seribu

GERAKAN1000 di Kepulauan Seribu (Ist) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur keIndonesiaan sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah

Slideshow

Inovasi Polygon untuk Pencinta Sepeda

Polygon terus melakukan inovasi untuk pencinta sepeda (Ist) Persaingan yang semakin ketat mengakibatkan industri dituntut untuk terus melakukan inovasi untuk dapat bersaing dan bertahan di pasar global. Inovasi menjadi salah

Slideshow

Mengintip Strategi Industri Sepeda di Pasar Global

Polygon (Ist) Era perdagangan bebas saat ini menuntut setiap industri untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan lebih kreatif  di pasar global.  Hal ini pula yang dilakukan industri sepeda Polygon, sebagai

Slideshow

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.

Slideshow

Dukung Pengembangan KEK Tanjung Lesung, Rano Karno Kepala Daerah Inovatif

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Gubernur Banten Rano Karno meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2016 dalam bidang pembangunan infrastruktur yang digelar salah satu perusahaan media nasional, di Bandung, Kamis malam