Irma Sustika, Woman Traveler yang Begitu Mencintai Destinasi Wisata Indonesia

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.15.03

Irma Sustika (Ist)

Sosok satu ini dikenal begitu aktif dalam pemberdayaan ekonomi perempuan Indonesia sehingga Irma Sustika, CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC) memunyai kesempatan untuk mengunjungi beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara.

“Saya sambil mengembangkan WPC sekaligus bisa traveling keliling Indonesia,” kata Irma, begitu ia biasa disapa ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (2/1/2018). Ia mengaku kerap menyambangi Yogyakarta. Namun, Irma jarang keliling destinasi wisata yang baru di sana.

Kendati demikian, begitu dirinya mendapat kesempatan tentunya tak akan melewatkan kesempatan tersebut. Ia menyebut sejumlah destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, seperti Stonehenge Cangkringan, Candi Ratu Boko, dan Museum Merapi.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.17.37

Irma Sustika di Desa Adat Penglipuran, Bali (Ist)

Tak hanya itu, lanjutnya, Semarang juga menjadi bagian ketika dirinya traveling. “Selama ini saya sudah ke Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Bali, Balikpapan, Kalimantan Utara, Bulungan Tarakan, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Banyuwangi, dan Bangka,” tuturnya.

Irma menjelaskan, semua destinasi wisata yang tersebar di Nusantara bagus. “Saya suka semua destinasi wisata yang sudah pernah saya datangi,” ucapnya.Tahun ini Irma mengaku akan mengunjungi Makassar. Menariknya Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang berkesan bagi Irma.

“Banyuwangi adalah destinasi wisata yang mengalami revolusi yang luar biasa. Dari kota yang tidak dikenal, hanya sebagai kota lintasan dari Jawa menuju Bali namun kini bisa menjelma menjadi destinasi wisata yang keren,” urainya.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.18.50

Irma bersama warga di Desa Adat Penglipuran (Ist)

Menurutnya, berbagai objek wisata yang ada di Banyuwangi kini semakin dikenal wisatawan sehingga Banyuwangi pun semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata lain di negeri ini. “Kejujuran pelaku wisata di Banyuwangi juga melekat dalam diri saa karena saya pernah kehilangan dompet yang ternyata jatuh di kawasaan Ijen dan ditemukan oleh petugas. Mereka berusaha mencari tahu siapa pemilik dompet. Bahkan, mereka juga sampai mencari tahu ke pool taksi. Ini experience yang kuat untuk saya,” ungkapnya.

Irma menjelaskan, Banyuwangi sangat meng-explore potensi wisata, budaya, dan kearifan lokal melalui beragam festival utk memperkenalkan Banyuwangi. Tak hanya itu, Irma rupanya juga menyukai Pulau Dewata. “Kekerabatan, keramahan, kepedulian sesama yang sangat kuat ada di Bali,” ujarnya.

Selain itu, kekuatan budaya menjadi kekuatan kearifan lokal. “Bali juga punya pariwisata berbasis lingkungan yang ada di Desa Penglipuran,” katanya. Di desa adat Penglipuran hampir di semua rumah warga setempat di halaman belakang punya pohon kopi,” tambahnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Progress Pariwisata NTB

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Kondisi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terus berkembang merupakan salah satu hasil dari kolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dengan pemerintah daerah setempat.

SightSeeing

Menteri Pariwisata Gaet Artis Tiongkok Promosikan Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menyadari potensi besar wisatawan asal Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, Indonesia pun sepertinya tak pernah kehabisan akal untuk menggaet turis Tiongkok. Dan, kali

Culture

Turis Pakai Yacht Semakin Banyak ke Indonesia

Turis asing di Indonesia (Ist) Banyak cara yang dilakukan wisatawan asing berkunjung ke berbagai destinasi wisata Indonesia, termasuk ada yang menggunakan yacht, semacam kapal layar.  “Hingga Juli 2016, sudah 1.500

Slideshow

Pelindo III Efisienkan Biaya Pemeriksaan Peti Kemas Impor

Pemeriksaan peti kemas impor di TPKS (Ist) Tahap pemeriksaan peti kemas impor di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) yang dikelola Pelindo III di Semarang, Jawa Tengah mulai 18 Maret 2016

Slideshow

Baby Boomers Club, Community Activation untuk Senior

Senior Living (Ist) Senior Living D’Khayangan mengadakan Senior Living Planning dan Baby Boomber Lifestye di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (17/1/2017). Acara tersebut membahas bagaimana merencanakan kesehatan yang baik bagi para

Tourism

Perlu Sinergi Pemda Mengelola Sampah

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Wisata bahari memang sudah sejak lama dikenal menjadi andalan Kepulauan Seribu. Gugusan Kepulauan Seribu tidak hanya menawarkan pasir putih dan keindahan panorama bawah