Irma Sustika, Woman Traveler yang Begitu Mencintai Destinasi Wisata Indonesia

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.15.03

Irma Sustika (Ist)

Sosok satu ini dikenal begitu aktif dalam pemberdayaan ekonomi perempuan Indonesia sehingga Irma Sustika, CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC) memunyai kesempatan untuk mengunjungi beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara.

“Saya sambil mengembangkan WPC sekaligus bisa traveling keliling Indonesia,” kata Irma, begitu ia biasa disapa ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (2/1/2018). Ia mengaku kerap menyambangi Yogyakarta. Namun, Irma jarang keliling destinasi wisata yang baru di sana.

Kendati demikian, begitu dirinya mendapat kesempatan tentunya tak akan melewatkan kesempatan tersebut. Ia menyebut sejumlah destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, seperti Stonehenge Cangkringan, Candi Ratu Boko, dan Museum Merapi.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.17.37

Irma Sustika di Desa Adat Penglipuran, Bali (Ist)

Tak hanya itu, lanjutnya, Semarang juga menjadi bagian ketika dirinya traveling. “Selama ini saya sudah ke Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Bali, Balikpapan, Kalimantan Utara, Bulungan Tarakan, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Banyuwangi, dan Bangka,” tuturnya.

Irma menjelaskan, semua destinasi wisata yang tersebar di Nusantara bagus. “Saya suka semua destinasi wisata yang sudah pernah saya datangi,” ucapnya.Tahun ini Irma mengaku akan mengunjungi Makassar. Menariknya Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang berkesan bagi Irma.

“Banyuwangi adalah destinasi wisata yang mengalami revolusi yang luar biasa. Dari kota yang tidak dikenal, hanya sebagai kota lintasan dari Jawa menuju Bali namun kini bisa menjelma menjadi destinasi wisata yang keren,” urainya.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 10.18.50

Irma bersama warga di Desa Adat Penglipuran (Ist)

Menurutnya, berbagai objek wisata yang ada di Banyuwangi kini semakin dikenal wisatawan sehingga Banyuwangi pun semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata lain di negeri ini. “Kejujuran pelaku wisata di Banyuwangi juga melekat dalam diri saa karena saya pernah kehilangan dompet yang ternyata jatuh di kawasaan Ijen dan ditemukan oleh petugas. Mereka berusaha mencari tahu siapa pemilik dompet. Bahkan, mereka juga sampai mencari tahu ke pool taksi. Ini experience yang kuat untuk saya,” ungkapnya.

Irma menjelaskan, Banyuwangi sangat meng-explore potensi wisata, budaya, dan kearifan lokal melalui beragam festival utk memperkenalkan Banyuwangi. Tak hanya itu, Irma rupanya juga menyukai Pulau Dewata. “Kekerabatan, keramahan, kepedulian sesama yang sangat kuat ada di Bali,” ujarnya.

Selain itu, kekuatan budaya menjadi kekuatan kearifan lokal. “Bali juga punya pariwisata berbasis lingkungan yang ada di Desa Penglipuran,” katanya. Di desa adat Penglipuran hampir di semua rumah warga setempat di halaman belakang punya pohon kopi,” tambahnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Maluku Luncurkan Tour de Molvccas 2017

Launching Tour de Molvccas 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata dan Pemeritah Provinsi Maluku meluncurkan Tour de Molvccas 2017, yaitu lomba balap sepeda bertaraf internasional yang akan diselenggarakan di sepanjang pulau Maluku mulai

Slideshow

Sultan Tidore Menjaga Presiden Jokowi dari Kepentingan yang Merusak Citra

Sultan Tidore Husain Sjah (kemeja putih) menerima piagam penghargaan dari Ketua Dewan Penasihat Komite Nasional Pembela Kedaulatan NKRI dan Martabat Bangsa (PKNMB) Laksamana (Purn) Tedjo E Purdijatno, disaksikan Ketua Umum

Nature

Pelindo III Dukung Pengembangan Pariwisata Joglosemar

Sinergi BUMN dukung pengembangan Joglosemar (Ist) Dua belas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) di hadapan Menteri BUMN Rini Soemarno di Prambanan,

Airlines

Menanti Hari Libur di Hari Pariwisata Dunia

Johnnie Sugiarto (kedua dari kiri) Chairman Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto mengaku bahwa dirinya tengah memperjuangkan peringatan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September setiap tahunnya bisa menjadi hari libur

Indonesiaku

Awards untuk PATA Chapter

Pacific Asia Travel Association (PATA), organisasi pariwisata yang berkantor pusat di Bangkok, Thailand secara rutin memberikan award untuk PATA Chapter dan PATA Student Chapter. Adapun penghargaan ini diberikan kepada PATA

Slideshow

Polygon Peduli Lingkungan Indonesia

Polygon bersama komunitas Sea Soldier melakukan campaign ‘No Polution’  (Ist) Ekonomi global serta tuntutan pasar mendorong industri untuk melakukan pendekatan bisnis yang berbasis lingkungan. Interaksi antara bisnis dan lingkungan pada