Istana Peringati Sumpah Pemuda dengan Nusantara Berdendang

atraksi Indonesia

Budaya Indonesia (Ist)

Istana Kepresidenan Jakarta akan menggelar peringatan 88 Tahun Sumpah Pemuda tahun 2016 dengan pergelaran seni dan budaya ‘Nusantara Berdendang’.

Acara ini akan dilaksanakan tepat pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016 pukul 19.00 WIB di halaman Istana Merdeka. Acara yang melibatkan ratusan pengisi acara tersebut akan dikemas secara kreatif dan mencerminkan keragaman budaya, wilayah, dan tradisi yang terangkum dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Darmansjah Djumala, tujuan diselenggarakannya acara ini untuk merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan menampilkan pertunjukan seni budaya dari berbagai suku dan etnis di Indonesia.

“Dengan tampilan seni budaya yang beragam tersebut, diharapkan kita menyadari bahwa ketika merayakan Sumpah Pemuda, kita juga merayakan dan menghargai keberagaman, sebuah jati diri bangsa Indonesia,” kata Kasetpres dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (28/10/2016).

Perhelatan ‘Nusantara Berdendang’ terdiri dari dua bagian utama yaitu Napak Tilas Sumpah Pemuda dan Pentas Kebudayaan. Dalam acara Napak Tilas, akan diisi dengan Konser Indonesia Raya yang dilakukan oleh 88 orang anggota orkestra dan paduan suara.

Dalam acara ini akan dibacakan naskah Sumpah Pemuda oleh peraih medali emas cabang Bulutangkis Olimpiade Rio 2016 Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Presiden Jokowi juga direncanakan akan menyampaikan pernyataan tentang komitmen berbangsa yang berbudaya (Pernyataan Budaya).

Sementara untuk pertunjukan sejumlah tarian dan kesenian akan dibagi di tiga panggung, yakni Panggung Kebangsaan, Panggung Bahasa, dan Panggung Tanah Air.

Prosesi awal yang juga sebagai penyambutan tamu dan undangan akan dimulai dengan iring-iringan tanjidor, Ondel-Ondel, dan Karnaval Lurik Payung.

Sedangkan dalam acara pentas kesenian akan ditampilkan berbagai pertunjukan yang mewakili wilayah budaya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, wilayah perbatasan dan Masyarakat Bahari.

Pergelaran ini terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikannya dan tidak dipungut biaya. Hal ini sesuai dengan komitmen Istana yang ingin dekat dengan rakyat.

“Istana akan terus berusaha untuk semakin mendekatkan kehidupan Istana kepada rakyat,” ujar Kasetpres.¬†Adapun pertunjukan budaya dalam pagelaran tersebut antara lain:

1 .Tanjidor, ondel-ondel dan tari topeng betawi dari DKI jakarta.
2. Gandrung dan Kuntulan dari Banyuwangi
3.Wayang Ajen dalang Ki Wawan
4. Tari Piring dan musik Calempong dari ISI padang panjang
5. Tari Tu’a Reto Lou dan Musik Sasando dari NTT
6. Tari Hudog dari Kalimantan Timur
7. Tari Pa’jaga Makkunrae – Sulawesi Selatan
8. Tari Topeng Ireng dari Boyolali
9. Tari Mambri – Papua
10.Kolaburasi Tari kecak Bali dan Ratoe Aceh (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Lembata Kaya akan Biota Laut

Peluncuran Buku Lembata Underwater (Ist) Lembata yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mungkin bukan wilayah yang familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meski begitu, pulau dengan luas 1.266,39 km

Heritage

2018, Nikmati Traveling Keliling Jawa dengan Kereta Wisata

President Director PT KA Pariwisara Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan akan membuat layanan

World Heritage

Lari Bersama Dikna Faradiba dengan Latar Belakang Alam di Ijen Green Run 2017

Bupati Baynyuwangi Abdullah Azwar Anas (kaus putih) (Ist) Destinasi wisata Banyuwangi semakin mendunia. Apalagi dengan rencana sport event yang bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017, yang akan digelar Minggu, 23

Hotel

Kuliner, Diplomasi Budaya yang Efektif

Putri Pariwisata Indonesia 2017 akan ikut mempromosikan kuliner khas Nusantara (Ist) Pemerintah akan memberikan perhatian dan dukungan terhadap perkembangan wisata kuliner di Nusantara sebagai upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara

SightSeeing

Menikmati Pisang Janda Takalar

Ilustrasi Pisang Janda di Takalar (Ist) Indonesia memang kaya akan cita rasa kuliner yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Bahkan, kuliner Indonesia pun semakin

Heritage

Wisata Kuliner Sambel Sedap Oma di Semarang

Sambel Sedep Oma bisa jadi oleh-oleh khas Semarang (Ist) Semarang di Jawa Tengah tak hanya kaya dengan destinasi wisata namun juga beragam wisata kuliner. Apalagi kini Semarang masuk dalam Joglosemar