Istana Peringati Sumpah Pemuda dengan Nusantara Berdendang

atraksi Indonesia

Budaya Indonesia (Ist)

Istana Kepresidenan Jakarta akan menggelar peringatan 88 Tahun Sumpah Pemuda tahun 2016 dengan pergelaran seni dan budaya ‘Nusantara Berdendang’.

Acara ini akan dilaksanakan tepat pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016 pukul 19.00 WIB di halaman Istana Merdeka. Acara yang melibatkan ratusan pengisi acara tersebut akan dikemas secara kreatif dan mencerminkan keragaman budaya, wilayah, dan tradisi yang terangkum dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Darmansjah Djumala, tujuan diselenggarakannya acara ini untuk merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan menampilkan pertunjukan seni budaya dari berbagai suku dan etnis di Indonesia.

“Dengan tampilan seni budaya yang beragam tersebut, diharapkan kita menyadari bahwa ketika merayakan Sumpah Pemuda, kita juga merayakan dan menghargai keberagaman, sebuah jati diri bangsa Indonesia,” kata Kasetpres dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (28/10/2016).

Perhelatan ‘Nusantara Berdendang’ terdiri dari dua bagian utama yaitu Napak Tilas Sumpah Pemuda dan Pentas Kebudayaan. Dalam acara Napak Tilas, akan diisi dengan Konser Indonesia Raya yang dilakukan oleh 88 orang anggota orkestra dan paduan suara.

Dalam acara ini akan dibacakan naskah Sumpah Pemuda oleh peraih medali emas cabang Bulutangkis Olimpiade Rio 2016 Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Presiden Jokowi juga direncanakan akan menyampaikan pernyataan tentang komitmen berbangsa yang berbudaya (Pernyataan Budaya).

Sementara untuk pertunjukan sejumlah tarian dan kesenian akan dibagi di tiga panggung, yakni Panggung Kebangsaan, Panggung Bahasa, dan Panggung Tanah Air.

Prosesi awal yang juga sebagai penyambutan tamu dan undangan akan dimulai dengan iring-iringan tanjidor, Ondel-Ondel, dan Karnaval Lurik Payung.

Sedangkan dalam acara pentas kesenian akan ditampilkan berbagai pertunjukan yang mewakili wilayah budaya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, wilayah perbatasan dan Masyarakat Bahari.

Pergelaran ini terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikannya dan tidak dipungut biaya. Hal ini sesuai dengan komitmen Istana yang ingin dekat dengan rakyat.

“Istana akan terus berusaha untuk semakin mendekatkan kehidupan Istana kepada rakyat,” ujar Kasetpres. Adapun pertunjukan budaya dalam pagelaran tersebut antara lain:

1 .Tanjidor, ondel-ondel dan tari topeng betawi dari DKI jakarta.
2. Gandrung dan Kuntulan dari Banyuwangi
3.Wayang Ajen dalang Ki Wawan
4. Tari Piring dan musik Calempong dari ISI padang panjang
5. Tari Tu’a Reto Lou dan Musik Sasando dari NTT
6. Tari Hudog dari Kalimantan Timur
7. Tari Pa’jaga Makkunrae – Sulawesi Selatan
8. Tari Topeng Ireng dari Boyolali
9. Tari Mambri – Papua
10.Kolaburasi Tari kecak Bali dan Ratoe Aceh (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Pemerintah Imbau Wisatawan Tenang Respons Gempa Tektonik Lombok Timur

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memantau langsung ke lapangan akibat Gempa yang terjadi di Lombok Timur pada Minggu, 17 Maret 2019 (Ist) Pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tetap tenang dan

Destinations

Medsos Perkuat Promosi PATA Travel Mart 2016 di ICE

Segera gabung PATA Travel Mart 2016 di ICE (Ist) President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director

Tourism

PATA Mendukung Turis yang Peduli Kelestarian Lingkungan

Pariwisata kini semakin menarik sebab industri pariwisata semakin berkembang. Kendati demikian pariwisata mengharapkan wisatawan bisa ikut melestarikan lingkungan (Ist) Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pelancong yang ingin melangkah ringan. Turis

Nature

PHRI NTB Apresiasi Gubernur NTB Majukan Wisata Halal

Penyerahan Pataka PHRI dari ketua bidang organisasi BPP PHRI Maulana Yusran kepada Ketua PHRI BPD NTB Lalu Abdul Hadi Faishal sesaat setelah dikukuhkan menjadi Ketua Phri NTB preiode 2016-2021 di

Nature

Karawang Fashion Culture 2018 Promosikan Destinasi di Karawang

Pemotretan model menjelang Karawang Fashion Culture 2018 Pemerintah kabupaten Karawang, Jawa Barat bersama desainer ternama Handy Hartono sepakat mengelar Karawang Fashion Culture 2018 bertempat di venue Resinda Park Mall yang

Tourism

Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu