Jababeka Bukukan Kinerja Kinclong di Kuartal II 2016

jababeka-golf-statue

Jababeka (Ist)

Bisnis properti dan kawasan industri yang sempat terperosok di tahun lalu kini mulai bangkit. Sinyal positif didorong adanya katalis positif yang bisa menyokong langkah bisnis tahun 2016 yang dibuat oleh pemerintah, terutama implementasi beleid pengampunan pajak (tax amnesty) dan realisasi belanja pemerintah, serta kepastian aturan  perpajakan di sektor properti.

Sinyal positif inilah yang kemudian memberikan optimisme kepada PT Kawasan Industri Jababeka, Tbk (KIJA) dalam mengembangkan bisnisnya.

Dalam release laporan kinerja perseroan, KIJA mencatatkan rapor biru kinerjanya selama semester I 2016. Per Juni 2016, KIJA memperoleh laba bersih sebesar Rp326 miliar atau naik 30% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp249,81 miliar.

Kenaikan ini didorong oleh penguatan nilai rupiah (IDR) terhadap dolar Amerika (US$) sepanjang bulan Juni 2016 terapresiasi sebesar 3,4% ketimbang bulan sebelumnya, yakni ke level Rp.13,213/US$.

Selain itu, pencapaian menawan kinerja KIJA pada Semester I 2016 tersebut juga didukung oleh penurunan Beban pokok Perseroan dari Rp858,89 miliar di periode yang sama di tahun sebelumnya menjadi Rp808 miliar, serta beban keuangan mengalami penurunan dari Rp187 miliar di periode yang sama di tahun sebelumnya menjadi Rp21miliar di semester I tahun ini .

Sedangkan Beban usaha mengalami kenaikan dari Rp195,69 miliar Semester I 2015 menjadi Rp229,74 miliar Semester I 2016.

Meski secara umum KIJA mengalami penurunan sebesar 8% per 30 Juni, yakni sebesar Rp1.361 miliar ketimbang periode yang sama di tahun sebelumnya, namun secara garis besar selama kuartal II 2016, KIJA mencatatkan kenaikan sebesar Rp774 miliar, atau 32% ketimbang kuartal I 2016.

Kenaikan ini didapatkan dari hasil pengembangan lahan yang penjualannya mencapai empat kali lipat dari kuartal sebelumnya.

Selain itu, kenaikan pada kuartal II 2016 ini juga dihasilkan dari pilar bisnis infrastruktur perseroan, yakni dari pengembangan infrastruktur listrik, air, dan pelabuhan, yang memberikan kontribusi cukup signifikan, sebesar 61%.

Peningkatan kinerja KIJA pada kuartal II 2016 ini juga disokong oleh penjualan real estate yang meningkat tajam, terutama untuk kawasan Industri di Cikarang dan Kendal.

Dengan target penjualan mencapai Rp1,4 triliun di tahun 2016, hingga kuartal ke II 2016 yang berhasil terealisasi sebesar Rp421 miliar. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Slideshow

Wisatawan Eropa Tertarik ke Teluk Maumere

Keindahan di taman laut Teluk Maumere (Ist) Wisatawan Eropa diketahui banyak yang datang ke Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur untuk melihat keindahan taman laut di Teluk Maumere. “Berdasarkan data kami,

Culture

Menteri Pariwisata Puji F8 Makassar

Suasana launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) (Ist) Kreatif, unik, terbaik! Tiga kesan itu sangat terasa saat launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) di Balairung Soesilo Soedarman,

Slideshow

Selamat Bekerja I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra Nakhoda PT Pelindo III yang Baru

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan selamat bekerja untuk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang sejak Mei 2017 dipercaya menjadi Direktur Utama PT Pelindo

Tour Package

Lois Merry Tangel yang Penasaran dengan Papua

Lois Merry Tangel (kedua dari kiri) (Ist) Lois Merry Tangel, Putri Pariwisata Indonesia 2016 mengaku tengah merencanakan bisa untuk travwling ke Papua. Perempuan berparas cantik ini tertarik dengan budaya asli

Festival

Bali Terpilih Jadi Venue Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia

Pembukaan Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia (Ist) Sebagai destinasi favorit wisatawan mancanegara, Bali dipilih sebagai venue Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia. Tak salah memang Pulau Dewata dipilih lantaran dosen dan mahasiswa

Travel Operator

ASITA Gelar Aksi Kemanusiaan

Berita Foto: Kegiatan kemanusiaan donor darah ASITA DKI Jakarta dalam HUT ASITA ke-46 di PMI DKI Jakarta, Sabtu (21/1/2017). Kegiatan sosial ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia oleh seluruh DPD