Jababeka Kembangkan Destinasi Wisata Cikarang

WhatsApp Image 2018-01-04 at 10.41.50

Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono (kiri) (Ist)

Pariwisata Indonesia seperti tidak pernah kehabisan bahan bakar. Kali ini ada kawasan industri yang ikut memanaskan pariwisata Indonesia. Pertengahan bulan ini ada Jababeka Convention Center, Cikarang, yang diset jadi destinasi wisata melalui Bekasi Industrial Tourism (BIT).

Dan acaranya, siap dinikmati mulai 17 Januari mendatang. Suguhan acaranya dijamin keren. Semua diset sangat maksimal. Cantolannya Samsung Industrial Tour di Korea. Diprakarsai oleh PT Jababeka Tbk, BIT akan berfungsi sebagai meeting-point ABG-C yaitu tempat berkumpulnya para Akademisi, Bisnis atau pelaku industri serta komunitas.

“Kawasan ini memiliki potensi kekayaan yang cukup besar untuk dimanfaatkan. Bukan sekedar kawasan industri tetapi juga sebagai kawasan wisata dan edukasi,” kata Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Jaminan patennya acara pun terlihat dari jumlah peserta pada perhelatan BIT. Tak kurang 48 hotel, 215 restoran, 15 executive spa, 21 business club, 3 lapangan golf, 1 stadium olahraga, 1 waterpark, 7 entertainment center, Jakarta Heli Club (JHC) dan Kereta Api Pariwisata ikut memeriahkan acara tersebut.

Bukan hanya itu saja. Pameran Seni Lukis kelas dunia bertajuk Indonesia Art Exhibition Standing with the Masters pun dihadirkan. Pameran tersebut akan diikuti galeri-galeri papan atas Indonesia. Mereka akan menampilkan karya lima maestro seni rupa Indonesia versi OHD, yaitu Affandi, Kartika Afandi, Hendra Gunawan Soedibio serta H Widayat.

“Kita garap maksimal. Kita gandeng semua untuk meramaikan BIT. Acuannya Educational Tour, Educational Entertainment, Educational Training Development, Cultural Culinary Center dan Audio Tour,” ujar Darmono. Bagi dunia pariwisata khususnya pariwisata domestik, BIT diharapkan dapat menciptakan kenaikan jumlah kunjungan dan ‘traffic load’ kegiatan ke destinasi industri.

Selain itu mendorong tingkat ekonomi pariwisata di destinasi industri tersebut. “Rekreasi industri bersifat experience learning atau outing class. Ini dapat mengembalikan esensi dari study tour yang seharusnya mengedepankan nilai edukasi yang penuh fun and joy. BIT ini adalah jawabannya,” pungkas Darmono.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikutan happy dengan even kreatif tersebut. Menurutnya, industrial tourism merupakan potensi yang layak dikembangkan. “Industrial tourism di Indonesia potensinya sangat besar. Jika digarap serius pasti akan semakin berkembang. Jepang misalnya sudah lama mengembangkan industrial tourism. Dan merupakan salah satu jualan utama pariwisata mereka. Yang penting konsisten serta serius menggarapnya. Saya yakin akan semakin berkembang dengan baik,” kata Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Menanti PATA Travel Mart 2016

  Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Indonesia tahun depan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pameran pariwisata dan kegiatan perdagangan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA).

Heritage

PATA Indonesia Chapter Transfer Ilmu Pariwisata untuk Mahasiswa STP Bandung

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo dan Ina Veronika Ketua Program Studi BisnisĀ  Perjalanan STP Bandung (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwista (STP) Bandung mendapat kesempatan untuk menimba ilmu langsung dari

Tourism

Kota Tua, Potret Jakarta Tempo Doeloe

Toko Merah Keberadaan Jakarta selalu menarik untuk diceritakan. Tak hanya itu, sejarah Ibukota negeri ini juga tak kalah menarik lantaran Jakarta tempo doeloe mampu memikat banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara

Slideshow

Polygon Siap Dukung Pengembangan Sport Tourism di Indonesia

Polygon (Ist) Upaya pemerintah mengembangkan sport tourism di Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke negeri ini sepertinya tak sia-sia lantaran banyak pihak yang tertarik untuk ikut serta mengembangkan sport

SightSeeing

Orang Indonesia Pemegang Paspor Asing tak Bebas Visa?

Wisatawan Australia di Bali (Ist) Orang Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk yang menetap di negeri orang yang sudah tidak memegang paspor RI, namun menggunakan paspor negara setempat tengah

SightSeeing

Tekad GIPI Bangun Pariwisata Indonesia

Rapat GIPI (Ist) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menggelar rapat perdana di akhir tahun ini membahas pemilihan pengurus dan program kerja. Rapat GIPI kepengurusan periode 2016-2021 yang digelar di Gedung