JAConnexion Layani Moda Transportasi Darat ke Bandara Soekarno-Hatta

bandara cengkareng

Moda transportasi darat melayani di Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Layanan transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta bertambah lagi. Layanan tersebut dinamakan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion), yaitu layanan bus dari hotel dan mall menuju Bandara Soekarno Hatta yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (30/5).

Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus, melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mall serta sebaliknya di Jabodetabek. Menhub menyatakan JAConnexion sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) merupakan suatu keharusan bagi Jakarta.

“Traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan,” papar Menhub dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dengan JAConnexion, masyarakat yang akan ke dan dari Bandara Soekarno Hatta mempunyai alternatif angkutan umum, termasuk Kereta Api Bandara yang akan segera beroperasi. “Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien 3 kali lipat dari bus dan bus 5 kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi, sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik,” ujar Menhub.

Menhub juga meminta kepada para operator JAConnexion agar memperbanyak jumlah armadanya karena layanan ini mempunyai potensi yang besar. Menhub berharap para operator menjaga level of service yang baik agar layanan bus ini menjadi favorit masyarakat.

Dengan jumlah armada yang beroperasi sekarang yaitu 91 bus, Menhub menyatakan jumlah tersebut masih kurang dan Menhub berharap di akhir tahun jumlah armada bisa menjadi 400 bus.

Sementara Kepala BPTJ Elly Sinaga menjelaskan saat ini JAConnexion dilayani 91 bus dari 4 operator, yaitu Perum DAMRI, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng. JAConnexion akan melayani rute Bandara Soekarno-Hatta (BSH) ke 15 hotel di seputar Jabodetabek antara lain Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pasific, Aryaduta, Grand Cemara, Ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya, Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan Hotel Mall BTM Bogor serta dari tujuh kawasan mal yaitu dari Mal Taman Anggrek, Mal Plaza Senayan, Mal ITC Cempaka Mas, Mal Kelapa Gading, Mal Thamrin City dan Tanah Abang, Mal BTM Bogor dan Mal Grand Indonesia.

“JAConnexion mulai beroperasi hari ini dan tarifnya masih promosi yaitu yang dari mall Rp. 25 ribu dan dari hotel Rp50 ribu,” jelas Elly. Setelah peresmian JAConnexion, Menhub beserta rombongan secara langsung mencoba bus JAConnexion dari Bandara Soekarno Hatta menuju Mall Grand Indonesia.

Di Mal Grand Indonesia, Menhub juga meresmikan beroperasinya aplikasi Moovit di Indonesia. Moovit adalah aplikasi yang membantu memperoleh informasi pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, jenis moda, dan titik transit.Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat bagaimana menggunakan angkutan umum yang dikehendaki sehingga masyarakat menjadi semakin tertarik untuk menggunakan angkutan umum. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Paradise

Menteri Pariwisata Pastikan Dukung Pengembangan Akses Infrastruktur di Pandeglang

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjung Lesung (Ist) Festival Tanjung Lesung 2019 resmi digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten usai diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya,

Heritage

Membaca Tren Pariwisata 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) di ITO 2018 (Ist) Tren pariwisata Indonesia dinilai positif sebab traveler sudah mulai banyak tertarik yang berkunjug ke berbagai destinasi wisata yang beragam dan

Heritage

Jangan Ragu Traveling Ketika Ramadan

Kuliner di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Berpuasa pada bulan suciRamadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah, berpuasa memiliki banyak manfaat bagi

Airlines

Mahasiswa Poltekpar Palembang Rancang E-Volunteer Pertemukan EO dengan Pencari Kerja

Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah aplikasi bernama E-Volunteer, startup yang memungkinkan EO dengan mudah mencari tenaga kerja untuk sebuah event (Ist) Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang merancang sebuah

Hotel

Takalar, Mutiara Terpendam dari Sulsel

Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin (kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Hotel Sultan, Jakarta  Indonesia memang kaya akan potensi wisata bahari. Menariknya banyak mutiara terpendam yang terkesan belum

Culture

Masyarakat Destinasi Super Prioritas Likupang Sulut Diajak Sadar Wisata

Gerakan Sadar Wisata di Sulut (Ist) Masyarakat yang tinggal di seputar destinasi super prioritas Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diajak untuk mengikuti Gerakan Sadar Wisata. Untuk itu