JAConnexion Layani Moda Transportasi Darat ke Bandara Soekarno-Hatta

bandara cengkareng

Moda transportasi darat melayani di Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Layanan transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta bertambah lagi. Layanan tersebut dinamakan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion), yaitu layanan bus dari hotel dan mall menuju Bandara Soekarno Hatta yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (30/5).

Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus, melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mall serta sebaliknya di Jabodetabek. Menhub menyatakan JAConnexion sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) merupakan suatu keharusan bagi Jakarta.

“Traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan,” papar Menhub dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dengan JAConnexion, masyarakat yang akan ke dan dari Bandara Soekarno Hatta mempunyai alternatif angkutan umum, termasuk Kereta Api Bandara yang akan segera beroperasi. “Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien 3 kali lipat dari bus dan bus 5 kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi, sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik,” ujar Menhub.

Menhub juga meminta kepada para operator JAConnexion agar memperbanyak jumlah armadanya karena layanan ini mempunyai potensi yang besar. Menhub berharap para operator menjaga level of service yang baik agar layanan bus ini menjadi favorit masyarakat.

Dengan jumlah armada yang beroperasi sekarang yaitu 91 bus, Menhub menyatakan jumlah tersebut masih kurang dan Menhub berharap di akhir tahun jumlah armada bisa menjadi 400 bus.

Sementara Kepala BPTJ Elly Sinaga menjelaskan saat ini JAConnexion dilayani 91 bus dari 4 operator, yaitu Perum DAMRI, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng. JAConnexion akan melayani rute Bandara Soekarno-Hatta (BSH) ke 15 hotel di seputar Jabodetabek antara lain Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pasific, Aryaduta, Grand Cemara, Ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya, Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan Hotel Mall BTM Bogor serta dari tujuh kawasan mal yaitu dari Mal Taman Anggrek, Mal Plaza Senayan, Mal ITC Cempaka Mas, Mal Kelapa Gading, Mal Thamrin City dan Tanah Abang, Mal BTM Bogor dan Mal Grand Indonesia.

“JAConnexion mulai beroperasi hari ini dan tarifnya masih promosi yaitu yang dari mall Rp. 25 ribu dan dari hotel Rp50 ribu,” jelas Elly. Setelah peresmian JAConnexion, Menhub beserta rombongan secara langsung mencoba bus JAConnexion dari Bandara Soekarno Hatta menuju Mall Grand Indonesia.

Di Mal Grand Indonesia, Menhub juga meresmikan beroperasinya aplikasi Moovit di Indonesia. Moovit adalah aplikasi yang membantu memperoleh informasi pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, jenis moda, dan titik transit.Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat bagaimana menggunakan angkutan umum yang dikehendaki sehingga masyarakat menjadi semakin tertarik untuk menggunakan angkutan umum. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

TTI Mempromosikan Potensi Pariwisata Maluku

Pantai Ora di Maluku (Ist) Pemerintah provinsi Maluku antusias dan menyambut gembira upaya mendorong Maluku sebagai destinasi wisata utama di Indonesia. Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menyatakan bahwa Pemprov Maluku

Heritage

Kota Tua Jakarta, Manhattan of Asia Bakal Jadi Situs Warisan Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (jas biru) menjadi narasumber dalam diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 di Gedung

Slideshow

Borobudur Jadi Centrum Events Pariwisata 2017

Candi Borobudur (Ist) Borobudur tak ingin tertinggal dari Banyuwangi, Solo, dan NTB dalam hal penyelenggaraan event dan festival. Memasuki bulan kedua 2017, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi ’10 Bali Baru’

Hotel

‘Flavors of Indonesia, William Wongso’s Culinary Wonders’

Sate, kuliner khas Indonesia (Ist) Makanan dan seni kuliner adalah inti kehidupan dan peradaban. Makanan adalah salah satu alat diplomasi tertua di dunia sekaligus sesuatu yang merekatkan manusia dan dunia

Heritage

Wisatawan Menikmati Lombok

  Berita Foto: Wisatawan mancanegara menikmati Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Ist) Berita Foto: Turis asing menyatu dengan masyarakat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Berita Foto: Indahnya Lombok

Festival

Pemerintah Larang Samsung Galaxy Note 7 dalam Pesawat

Samsung Galaxy Note 7 (Ist) Pemerintah telah secara resmi melarang telepon pintar (smartphone) jenis Samsung Galaxy Note 7 dibawa  dalam penerbangan. Pelarangan tersebut tidak hanya pada penumpang, tapi juga awak