JAConnexion Layani Moda Transportasi Darat ke Bandara Soekarno-Hatta

bandara cengkareng

Moda transportasi darat melayani di Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Layanan transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta bertambah lagi. Layanan tersebut dinamakan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion), yaitu layanan bus dari hotel dan mall menuju Bandara Soekarno Hatta yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (30/5).

Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus, melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mall serta sebaliknya di Jabodetabek. Menhub menyatakan JAConnexion sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) merupakan suatu keharusan bagi Jakarta.

“Traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan,” papar Menhub dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dengan JAConnexion, masyarakat yang akan ke dan dari Bandara Soekarno Hatta mempunyai alternatif angkutan umum, termasuk Kereta Api Bandara yang akan segera beroperasi. “Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien 3 kali lipat dari bus dan bus 5 kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi, sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik,” ujar Menhub.

Menhub juga meminta kepada para operator JAConnexion agar memperbanyak jumlah armadanya karena layanan ini mempunyai potensi yang besar. Menhub berharap para operator menjaga level of service yang baik agar layanan bus ini menjadi favorit masyarakat.

Dengan jumlah armada yang beroperasi sekarang yaitu 91 bus, Menhub menyatakan jumlah tersebut masih kurang dan Menhub berharap di akhir tahun jumlah armada bisa menjadi 400 bus.

Sementara Kepala BPTJ Elly Sinaga menjelaskan saat ini JAConnexion dilayani 91 bus dari 4 operator, yaitu Perum DAMRI, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng. JAConnexion akan melayani rute Bandara Soekarno-Hatta (BSH) ke 15 hotel di seputar Jabodetabek antara lain Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pasific, Aryaduta, Grand Cemara, Ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya, Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan Hotel Mall BTM Bogor serta dari tujuh kawasan mal yaitu dari Mal Taman Anggrek, Mal Plaza Senayan, Mal ITC Cempaka Mas, Mal Kelapa Gading, Mal Thamrin City dan Tanah Abang, Mal BTM Bogor dan Mal Grand Indonesia.

“JAConnexion mulai beroperasi hari ini dan tarifnya masih promosi yaitu yang dari mall Rp. 25 ribu dan dari hotel Rp50 ribu,” jelas Elly. Setelah peresmian JAConnexion, Menhub beserta rombongan secara langsung mencoba bus JAConnexion dari Bandara Soekarno Hatta menuju Mall Grand Indonesia.

Di Mal Grand Indonesia, Menhub juga meresmikan beroperasinya aplikasi Moovit di Indonesia. Moovit adalah aplikasi yang membantu memperoleh informasi pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, jenis moda, dan titik transit.Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat bagaimana menggunakan angkutan umum yang dikehendaki sehingga masyarakat menjadi semakin tertarik untuk menggunakan angkutan umum. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Menikmati Kuliner Khas Nusantara

Anugerah Pesona Indonesia 2017 (Ist) Wisatawan ketika traveling keliling Indonesia selama ini banyak yang menyukai kuliner khas negeri ini. Cita rasa kuliner tradisonal masing-masing daerah memang menggoda traveler, baik wisatawan

SightSeeing

Bersama Membangun Pariwisata Lombok

Menikmati destinasi wisata bahari di Lombok (Ist) Upaya pemulihan pariwisata Nusa Tenggara Barat, termasuk di Lombok pascagempa terus dilakukan. Adapun upaya pemulihan dari sisi sektor pariwisata, yang dilakukan Kementerian Pariwisata

Nature

Jelang PATA Travel Mart 2016, Pemkab Kotabaru Siap Jadi Member PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Kotabaru Tahun depan Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016, kegiatan internasional dalam dunia pariwisata. Momen tersebut terasa pas dengan

Slideshow

Sinergi Pemkab Takalar, PATA Indonesia Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Suasana serah terima peningkatan kualitas SDM Pemkab Takalar untuk banyak belajar mengenai pemasaran pariwisata kepada PATA Indonesia Chapter (Ist)  Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang telah resmi menjadi member PATA

Heritage

TripAdvisor Pilih Hotel Neo Samadikun Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon. Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah

Cuisine

2017, Chinatown akan Ada di Dekat Candi Borobudur

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Hingga saat ini, Candi Borobudur di Indonesia masih dikenal sebagai candi Buddha terbesar di dunia. Seiring bertambahnya kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia, maka tahun depan akan