‘Jadikan Laut Sebagai Beranda Depan Rumah Kita’

lomba wartawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama para pemenang lomba penulisan wisata bahari 2016 (Ist)

Berkah untuk Indonesia sebab kaya akan bahari yang komplet. Meski begitu potensi yang dimiliki negeri ini belum dimanfaatkan sebaik mungkin untuk wisata dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Adapun wisata bahari bagian dari upaya Presiden Jokowi mengedepankan maritim sebagai ujung tombak untuk membangun negeri dan Indonesia memang dikenal kaya akan beragam potensi destinasi wisata bahari.

“Presiden Jokowi di tahun 2014 pernah berkata sudah lama kita memunggungi lautan. Maka itu, jadikan laut dan sungai sebagai beranda depan rumah kita,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Anugerah Pesona Wisata Bahari Indonesia 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menteri Pariwisata tak sesumbar bicara sebab dia langsung menjelaskan dalam angka. Dalam hitungannya, potensi wisata bahari Indonesia dapat mencapai angka US$ 12 triliun atau 7 kali lipat dari APBN 2015.

Potensi tersebut berdasarkan kekayaan bahari Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pantai hingga bawah laut.

“Kita punya 710 titik selam di 33 destinasi. Komodo dan Raja Ampat sudah masuk daftar tempat menyelam terbaik di dunia. Panjang garis pantai kita 100 ribu km, salah satu yang terpanjang di dunia. Dari wisata bahari, kita bisa mempekerjakan 40 juta orang atau 1/3 dari angkatan kerja di Indonesia,” terangnya.

Kendati demikian, masih banyak PR yang harus dikerjakan pemerintah. Berbagai masalah harus diselesaikan, seperti membabat regulasi yang begitu menyulitkan turis untuk datang. Khususnya regulasi soal yacht dan kapal pesiar, yang mana turis yang datang dengan cara itu akan membawa uang lebih banyak.

Beberapa cara sudah dilakukan untuk mengerjakan PR itu, seperti menetapkan 10 detinasi wisata prioritas dan tujuh diantaranya merupakan destinasi wisata bahari seperti sebut saja Wakatobi dan Morotai.

“Kita potensi besar tapi performa buruk,” terangnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

‘International Musi Triboatton 2016 Lebih Bagus’

Seorang anak kecil yang merupakan warga sekitat tampak menikmati persiapan menjelang pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 di Tamjung Raya, Empat Lawang, Sumatera Selatan International Musi Triboatton 2016 dinilai

Travel Operator

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Destinations

Sriwijaya Ekspansi ke Timur

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air (Ist) Mengawali ekspansi bisnis di tahun 2016, Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air) membuka dua rute baru sebagai upaya memperluas konektivitas antarkota di Indonesia

Slideshow

Jelang Libur Akhir Tahun, Mampir ke Astindo Jakarta Travel Fair 2016

Pembukaan Astindo Jakarta Travel Fair 2016 di JCC (Ist) Menjelang libur akhir tahun, traveler yang tengah mencari promo tiket dan paket liburan tidak perlu khawatir karena bisa mampir ke Astindo

Nature

Menteri Pariwisata Puji Tanjung Lesung

Destinasi wisata bahari ada di Tanjung Lesung sehingga wisatawan bisa melakukan diving (Ist)  Destinasi wisata Tanjung Lesung dipuji Menteri Pariwisata Arief Yahya lantaran kawasan wisata yang terletak di Banten dinilai

Destinations

Hotel Horison NJ Semarang Buka Puasa Bersama Anak Jalanan

Berita Foto: Kolaborasi GSP dan Hotel Horison NJ Semarang buka puasa bersama on the street di Taman Srigunting Kota Lama, Semarang bersama kaum dhuafa dan anak jalanan, Sabtu (3/6/2017) (Ist)