Januari 2017, Karantina Online Dimulai di TPS

06_12_salah satu peserta sosialisasi karantina online di TPS bertanya

Suasana sosialisasi karantina online di TPS (Ist)

Kini urusan karantina lebih mudah dan cepat dengan ‘Karantina Online’. Bertempat di ruang Java PT TPS Lantai II, gedung administrasi diadakan sosialisasi karantina online yang dihadiri segenap pemangku kepentingan jasa karantina.

“Tujuan dari karantina online agar penyajian data dapat lebih optimal, presisi, dan terintegrasi dengan baik antara PT TPS dengan Para Pengguna Jasa Karantina (PPJK), Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), Eksportir, Importir, dan pihak terkait lainnya,” ujar Solech, Kahumas PT TPS dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (28/12/2016).

Karantina online akan segera diimplementasikan pada bulan Januari 2017 tak lama lagi, tambahnya. Acara tersebut dihadiri perwakilan dari Otoritas Pelabuhan Wahyudi dan Manager Bisnis Development PT TPS Nur Budiman selaku pembicara dengan Dr Eliza Rusli selaku Kepala Bagian Balai Besar Karantina Surabaya.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan hal-hal yang terkait didalamnya, antara lain status flag karantina, perbedaan prosedur pelayanan dokumen sebelum dan sesudah online, prosedur gate in dan  get out import, dan prosedur penerbitan billing untuk kegiatan karatina.

Karantina online mengubah beberapa prosedur penanganan antara lain ACC stempel ‘Karantina’ sebagai penanda bagi pelayanan dokumen bahwa kontainer terkena tindakan karantina sebelum diserahkan ke pelayanan dokumen untuk dibuatkan job order delivery akan dihapus/ditiadakan.

Selain itu, ACC stempel ‘Behandle karantina’ sebagai penanda bagi pelayanan dokumen bahwa kontainer terkena tindakan karantina sebelum diserahkan ke pelayanan dokumen untuk dibuatkan job order Behandle Karantina (BHKI) juga dihapus, dan beberapa kegiatan lainnya guna memangkas kegiatan karantina di lingkungan karantina Blok W PT TPS.

Sosialisasi yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif antara peserta sosialisasi dengan para pembicara. Ada yang mengeluhkan mengenai jam operasional dari karantina yang belum 24/7, peserta lainnya juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam perubahan sistem secara online tersebut, antara lain Proses Surat Perintah Penarikan barang (SPPB) container dihari yang sama ijin diperiksa tapi kenapa Surat Perintah Pemindahan Media Pembawa (SPPMP) malam tutup di blok W tempat penumpukan karantina.

“Sebenarnya pihak kita bisa tetap bisa mengerjakan permohonan BHKI atau Container and Equipment Interchange Receipt (CEIR), Job Delivery Truck Yard (DTY) dengan tetap mencetaknya dan melakukan proses karantina di blok W selama masih di dalam jam operasional Tim Badan Karantina Pertanian, yaitu pada pk 08.00-23.00 WIB setiap hari,” tutur Eliza Rusli menjawab salah satu pertanyaan dari peserta sosialisasi.

Sebelum acara sosialisasi tersebut berakhir, Manager Bisnis Development Nur Budiman yang mewakili PT TPS menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut berkontribusi untuk pelaksanaan sosialisasi ini.

“Semoga saat karantina online mulai diimplementasikan dapat lebih mempermudah dan memperlancar para pemilik barang,” tutupnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Berbagi Cerita tentang Lasem

Wartawan kompas.com Wahyu Adityo Prodjo (Ist) Lasem yang ada di Jawa Tengah selama ini dikenal dengan batik. Menariknya potensi pariwisata dan budaya di Lasem sudah lama dikenal wisatawan dan mengenai Lasem

Destinations

Wisata Halal Kebanggaan Indonesia

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama CEO International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan menyerahkan piagam penghargaan World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 kepada Gubernur

Destinations

Long Weekend Jalan-Jalan ke Sulsel

Kalong di langit Soppeng (Ist) Pesona pariwisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya ada di Makassar dan Tana Toraja saja sebab Sulsel masih banyak menyimpan beragam potensi wisata dan budaya

Nature

Cicipi Olahan Unik Green Tea di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Green Tea Coffee Jelly (Ist) Green tea atau teh hijau dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat populer di Indonesia seiring dengan meningkatnya informasi dan penelitian yang menunjukan berbagai manfaat dari

Travel Operator

Ikuti Laporan PATA Travel Mart 2016 di patainanews.com Langsung dari ICE

patainanews.com bersyukur bisa ikut serta berperan dalam upaya pemerintah memajukan pariwisata Indonesia melalui event pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 pada 7 hingga 9 September 2016. Ikuti laporan langsung patainanews.com dari

World Heritage

Investor China Komitmen Gelontori Destinasi Morotai Rp130 Triliun

Launching Calendar Of Events Wonderful Morotai Iskandar Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta.(21/4/2017) (Ist) Destinasi Morotai menggeliat sehingga investor-investor besar mulai melirik potensi tempat