Januari 2017, Karantina Online Dimulai di TPS

06_12_salah satu peserta sosialisasi karantina online di TPS bertanya

Suasana sosialisasi karantina online di TPS (Ist)

Kini urusan karantina lebih mudah dan cepat dengan ‘Karantina Online’. Bertempat di ruang Java PT TPS Lantai II, gedung administrasi diadakan sosialisasi karantina online yang dihadiri segenap pemangku kepentingan jasa karantina.

“Tujuan dari karantina online agar penyajian data dapat lebih optimal, presisi, dan terintegrasi dengan baik antara PT TPS dengan Para Pengguna Jasa Karantina (PPJK), Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), Eksportir, Importir, dan pihak terkait lainnya,” ujar Solech, Kahumas PT TPS dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (28/12/2016).

Karantina online akan segera diimplementasikan pada bulan Januari 2017 tak lama lagi, tambahnya. Acara tersebut dihadiri perwakilan dari Otoritas Pelabuhan Wahyudi dan Manager Bisnis Development PT TPS Nur Budiman selaku pembicara dengan Dr Eliza Rusli selaku Kepala Bagian Balai Besar Karantina Surabaya.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan hal-hal yang terkait didalamnya, antara lain status flag karantina, perbedaan prosedur pelayanan dokumen sebelum dan sesudah online, prosedur gate in dan  get out import, dan prosedur penerbitan billing untuk kegiatan karatina.

Karantina online mengubah beberapa prosedur penanganan antara lain ACC stempel ‘Karantina’ sebagai penanda bagi pelayanan dokumen bahwa kontainer terkena tindakan karantina sebelum diserahkan ke pelayanan dokumen untuk dibuatkan job order delivery akan dihapus/ditiadakan.

Selain itu, ACC stempel ‘Behandle karantina’ sebagai penanda bagi pelayanan dokumen bahwa kontainer terkena tindakan karantina sebelum diserahkan ke pelayanan dokumen untuk dibuatkan job order Behandle Karantina (BHKI) juga dihapus, dan beberapa kegiatan lainnya guna memangkas kegiatan karantina di lingkungan karantina Blok W PT TPS.

Sosialisasi yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif antara peserta sosialisasi dengan para pembicara. Ada yang mengeluhkan mengenai jam operasional dari karantina yang belum 24/7, peserta lainnya juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam perubahan sistem secara online tersebut, antara lain Proses Surat Perintah Penarikan barang (SPPB) container dihari yang sama ijin diperiksa tapi kenapa Surat Perintah Pemindahan Media Pembawa (SPPMP) malam tutup di blok W tempat penumpukan karantina.

“Sebenarnya pihak kita bisa tetap bisa mengerjakan permohonan BHKI atau Container and Equipment Interchange Receipt (CEIR), Job Delivery Truck Yard (DTY) dengan tetap mencetaknya dan melakukan proses karantina di blok W selama masih di dalam jam operasional Tim Badan Karantina Pertanian, yaitu pada pk 08.00-23.00 WIB setiap hari,” tutur Eliza Rusli menjawab salah satu pertanyaan dari peserta sosialisasi.

Sebelum acara sosialisasi tersebut berakhir, Manager Bisnis Development Nur Budiman yang mewakili PT TPS menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut berkontribusi untuk pelaksanaan sosialisasi ini.

“Semoga saat karantina online mulai diimplementasikan dapat lebih mempermudah dan memperlancar para pemilik barang,” tutupnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

‘Bagan Race’ di Festival Tanjung Lesung 2015

Festival Tanjung Lesung 2015 (Ist) Festival Tanjung Lesung 2015 yang akan digelar pada 30-31 Oktober 2015 mendatang bakal menampilkan perlombaan baru di dunia. Lomba itu adalah ‘Bagan Race’ atau balap

Culture

Ninik Irawan, Woman Traveler yang Tertarik Raja Ampat

Ninik Irawan (tengah) (Ist) Ninik Irawan, seorang woman traveler mengaku pada tahun ini tertarik untuk traveling ke Raja Ampat, Papua Barat.  Koordinator Bidang Domestik dan Minat Khusus ASITA Jakarta ini

SightSeeing

Obama, Endorser Gratis untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisara (Forwapar) selepas buka puasa bersama (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack

Travel Operator

Rusmiati Siap Pimpin ASITA

DR Nunung Rusmiati, M.Si (Ist) DR Nunung Rusmiati, M.Si memastikan maju menjadi calon Ketua Umum DPP ASITA periode 2019-2024. Pilih DR Nunung Rusmiati, M.Si untuk ASITA 1 (Ist) Perempuan yang

Tourism

Libur Ke Bali Saja, Tidak Perlu Ke Luar Negeri

Bali diakui wisatawan mancanegara (www.ninaflynnphotography.com) Pariwisata Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Tak hanya Raja Ampat dan Pulau Komodo yang kian populer di dunia, Pulau Dewata yang menjadi destinasi andalan negeri

Slideshow

HPN 2017, Menhub Gelontorkan Bantuan ke Maluku

Menhub Budi Karya Sumadi (dasi merah) (Ist) Maluku mulai ‘ketiban’ berkah berkat menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Kendati HPN 2017 masih dua pekan lagi namun Maluku