Jelajah Festival Pesona Cirebon

pata Indonesa di cirebon

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (berdiri paling kanan) hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon (Ist)

Infrastruktur di Cirebon, Jawa Barat telah siap untuk mendukung wisata Cirebon sehingga akan bisa mendatangkan wisatawan, termasuk turis asing.

“Persiapan di wilayah Cirebon yang mencakup Cirebon, Kuningan, dan Majalengka cukup baik dengan sudah diselesaikannya jalur Tol Cipali untuk menuju wisata yang ada,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Cirebon, Kamis (31/3/2016) ketika membuka seminar Festival Pesona Cirebon 2016 di Cirebon.

Selain akses darat, yaitu Tol Cipali juga sedang dibangun Tol Cisumdawu untuk mengoneksikan wilayah Cirebon dan sekitarnya dengan Bandung. Selain jalur darat yang berupa tol, wilayah Cirebon juga akan mempunyai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang direncanakan selesai pada akhir 2017 mendatang.

Selain itu, ada pelabuhan untuk angkutan laut dan wilayah Cirebon berpotensi besar menjadi salah satu tujuan wisata Jabar. Festival Pesona Cirebon diselenggarakan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon. “Sejumlah kegiatan akan kita lakukan selama penyelenggaraan Festival Pesona Cirebon 2016,” kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat, Senin (28/3/2016).

Adapun festival itu akan memperkenalkan tiga tujuan wisata di Cirebon, yaitu Cirebon masa lalu dengan Keraton Kasepuhan dan Taman Air Goa Sunyaragi, Cirebon masa kini, dan wisata pantai. “Semua potensi Cirebon, mulai dari seni tradisi, kerajinan khas hingga kuliner pun akan ditampilkan di festival tersebut,” jelasnya.

Arief menambahkan, perwakilan 10 keraton se-Nusantara, dinas pariwisata 30 provinsi, dan 20 duta besar negara yang banyak warganya berkunjung ke Indonesia diundang pada festival itu. Menurutnya, festival itu juga bertujuan mendukung program pemerintah yang menargetkan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang.

“Pada kurun 2015 hingga 2016, target wisatawan 10 juta orang”. Selain itu, pada festival itu juga akan diluncurkan program Visit Cirebon Year 2018. President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo juga berkesempatan hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Hotel Horison NJ Semarang Buka Puasa Bersama Anak Jalanan

Berita Foto: Kolaborasi GSP dan Hotel Horison NJ Semarang buka puasa bersama on the street di Taman Srigunting Kota Lama, Semarang bersama kaum dhuafa dan anak jalanan, Sabtu (3/6/2017) (Ist)

Heritage

Dua Menteri Kerja Realisasikan Target Presiden Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist) Menpar Arief Yahya dan Menhub Budi Karya Sumadi semakin kompak saja untuk membangun akses dan connectivity dalam upaya pemerintah

Heritage

Wonderful Indonesia Mejeng di Russia 2018

Wonderful Indonesia promosi di Russia 2018 (Ist) Kementerian Pariwisata memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 untuk semakin menggaungkan Wonderful Indonesia di mata dunia. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, olahraga sepak bola

Travel Operator

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Semakin Siap Sambut PATA Travel Mart 2016

Sky Lounge 15 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Hotel Santika Premiere ICE BSD City merupakan hotel berbintang 4 satu-satunya yang berada di area Indonesia Convention Exhibition (ICE)

Festival

Qatar Airways Promosikan Pariwisata Bali

Wisatawan mancanegara dari kawasan Timur Tengah (Ist) Maskapai penerbangan Qatar Airways ikut mempromosikan pariwisata Indonesia, terutama mengenai Bali. Adanya promosi pariwisata Pulau Dewata di Qatar Airways bisa memberikan dampak positif

Slideshow

Metranet Luncurkan Perangkat Monetisasi Media Digital

patainanews.com (memakai topi) hadir dalam acara Metranet (Ist) Masyarakat kini semakin mudah mengakses internet. Dunia digital bergerak cepat dan terus tumbuh, termasuk industri media dan periklanan.   Dewan Pers pada