Jelajah Festival Pesona Cirebon

pata Indonesa di cirebon

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (berdiri paling kanan) hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon (Ist)

Infrastruktur di Cirebon, Jawa Barat telah siap untuk mendukung wisata Cirebon sehingga akan bisa mendatangkan wisatawan, termasuk turis asing.

“Persiapan di wilayah Cirebon yang mencakup Cirebon, Kuningan, dan Majalengka cukup baik dengan sudah diselesaikannya jalur Tol Cipali untuk menuju wisata yang ada,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Cirebon, Kamis (31/3/2016) ketika membuka seminar Festival Pesona Cirebon 2016 di Cirebon.

Selain akses darat, yaitu Tol Cipali juga sedang dibangun Tol Cisumdawu untuk mengoneksikan wilayah Cirebon dan sekitarnya dengan Bandung. Selain jalur darat yang berupa tol, wilayah Cirebon juga akan mempunyai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang direncanakan selesai pada akhir 2017 mendatang.

Selain itu, ada pelabuhan untuk angkutan laut dan wilayah Cirebon berpotensi besar menjadi salah satu tujuan wisata Jabar. Festival Pesona Cirebon diselenggarakan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon. “Sejumlah kegiatan akan kita lakukan selama penyelenggaraan Festival Pesona Cirebon 2016,” kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat, Senin (28/3/2016).

Adapun festival itu akan memperkenalkan tiga tujuan wisata di Cirebon, yaitu Cirebon masa lalu dengan Keraton Kasepuhan dan Taman Air Goa Sunyaragi, Cirebon masa kini, dan wisata pantai. “Semua potensi Cirebon, mulai dari seni tradisi, kerajinan khas hingga kuliner pun akan ditampilkan di festival tersebut,” jelasnya.

Arief menambahkan, perwakilan 10 keraton se-Nusantara, dinas pariwisata 30 provinsi, dan 20 duta besar negara yang banyak warganya berkunjung ke Indonesia diundang pada festival itu. Menurutnya, festival itu juga bertujuan mendukung program pemerintah yang menargetkan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang.

“Pada kurun 2015 hingga 2016, target wisatawan 10 juta orang”. Selain itu, pada festival itu juga akan diluncurkan program Visit Cirebon Year 2018. President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo juga berkesempatan hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Heritage

Presiden Jokowi Minta Publikasi Asian Games 2018 Lebih Gencar

Presiden Jokowi (peci hitam) (Sekretariat Presiden) Presiden Jokowi minta event Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, agar dipublikasikan

Cuisine

Palembang Siap Sambut GMT 2016

Jadwal acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Palembang, Sumatera Selatan rupanya telah siap menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 esok, 9 Maret. Berdasarkan pantauan patainanews.com, persiapan masih

Tour Package

Angel Traveler Promosikan Pariwisata Indonesia di PATA Travel Mart 2017

Logo Angel Traveler (Ist) Angel Traveler, homestay berbasis masyarakat yang ada di Belitung memastikan ikut PATA Travel Mart 2017 di Makau. Kepastian ini diungkapkan Tantri Soetjipto, Pembina-Cofounder Womanpreneur Community (WPC)

World Heritage

Lombok Mohon Dukungan Sukses World Halal Travel Awards 2015

Wisatawan berlibur di Lombok (Ist) Para pelaku bisnis pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) meminta dukungan dari masyarakat Indonesia agar Lombok bisa sukses dalam ajang World Halal Travel Awards 2015

Tourism

Bebas Visa untuk Turis Asing Untungkan Pariwisata Indonesia

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist) Pemerintah Indonesia diketahui sudah memberikan izin bebas visa untuk turis asing

Airlines

Anugerah Kebudayaan PWI 2017 Kembali Digelar

Batik adalah salah satu budaya Indonesia (Ist) Kebudayaan adalah roh suatu bangsa. Sedangkan media massa adalah mata dan hatinya. Di era otonomi daerah, sesungguhnya ujung tombak kebudayaan nasional ada di