Jepang Suka Batik Indonesia

Batik Cikadu Canting

Canting batik (Ist)

Beberapa orang Jepang yang mengikuti workshop ‘Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop’ di ASEAN-Japan Centre, Tokyo mengaku suka dengan batik Indonesia.

Salah satu peserta workshop adalah Mizuki Murayama, mahasiswi Takushoku University. Murayama mengatakan batik merupakan busana tradisional Indonesia yang masih banyak digunakan.

“Batik seperti kimono di Jepang. Saya suka kimono, tapi saya juga suka batik,” kata gadis yang sudah beberapa kali ke Indonesia dan sedang belajar bahasa Indonesia itu dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Murayama mengaku memiliki tujuh sarung batik yang seluruhnya dibeli di Yogyakarta. Dia berharap batik dan kimono bisa diterima masyarakat internasional.

Kecintaan Murayama tidak hanya kepada batik. Secara umum, dia juga mengaku sangat mencintai Indonesia. Dia bahkan bercita-cita bisa tinggal dan bekerja di Indonesia.

“Orang Indonesia sangat baik hati. Orang Indonesia juga punya banyak waktu untuk bersama keluarga dan teman-teman,” katanya.

Sementara Nabuko Sasaki, pensiunan dosen bahasa Indonesia di beberapa universitas di Jepang mengaku selalu menggunakan batik saat mengajar di kelas.

“Itu sekaligus untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada murid-murid. Saya punya beberapa busana batik yang dibeli di Tanah Abang Jakarta, Malioboro Yogyakarta dan Batik Keris Semarang,” katanya.

Sasaki mengaku sangat senang mengikuti workshop batik yang diadakan Kementerian Pariwisata Indonesia di Jepang. Apalagi, dia berkesempatan mencoba membuat batik sendiri.

“Saya sudah pernah membaca dan melihat video proses membuat batik sebelumnya, tapi ini pengalaman saya membuat batik secara langsung. Ternyata sangat sulit. Pengrajin batik harus sabar dan perlu waktu lama untuk menciptakan sebuah karya,” ujar dia. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

Halal Bihalal di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Buffet Halal Bi Halal di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Halal Bi Halal selama ini sudah menjadi tradisi rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia saat Hari Raya Idul Fitri maupun

Nature

Bukber, Nikmati Kuliner Khas Tradisional Nusantara di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Ramadan Buffet Dinner (Ist) Berpuasa pada bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu kebahagiaan orang yang melaksanakan puasa adalah pada saat berbuka puasa. Setelah

Slideshow

Full Color, Tahun Baru di Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten juga tak mau kalah menyiapkan perayaan pergantian tahun 2017 menuju 2018. Destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali

Festival

2017 Banyak Hari Libur Dorong Wisatawan Traveling

Wisatawan tengah menikmati destinasi wisata di Indonesia (Ist) Pameran pariwisata Astindo Fair 2017 akan diselenggarakan pada 24 hingga 26 Maret mendatang secara serentak di Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur. Astindo

Heritage

Eksotisme Kepulauan Seribu

Eksotisme Kepulauan Seribu (Ist) Sebagai langkah nyata dari rangkaian Gerakan 1000 dan bertepatan memperingati Hari Pendidikan Nasional & Hari Kebangkitan Nasional serta diadakannya Event Tahunan Syukuran Laut pada 21 Mei

Tourism

PATA Travel Mart 2016 di ICE Didominasi Paket Wisata Bahari

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penjualan paket wisata bahari diperkirakan akan mendominasi pameran pariwisata PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart 2016 di ICE BSD City, Banten pada 7