Jepang Suka Batik Indonesia

Batik Cikadu Canting

Canting batik (Ist)

Beberapa orang Jepang yang mengikuti workshop ‘Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop’ di ASEAN-Japan Centre, Tokyo mengaku suka dengan batik Indonesia.

Salah satu peserta workshop adalah Mizuki Murayama, mahasiswi Takushoku University. Murayama mengatakan batik merupakan busana tradisional Indonesia yang masih banyak digunakan.

“Batik seperti kimono di Jepang. Saya suka kimono, tapi saya juga suka batik,” kata gadis yang sudah beberapa kali ke Indonesia dan sedang belajar bahasa Indonesia itu dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Murayama mengaku memiliki tujuh sarung batik yang seluruhnya dibeli di Yogyakarta. Dia berharap batik dan kimono bisa diterima masyarakat internasional.

Kecintaan Murayama tidak hanya kepada batik. Secara umum, dia juga mengaku sangat mencintai Indonesia. Dia bahkan bercita-cita bisa tinggal dan bekerja di Indonesia.

“Orang Indonesia sangat baik hati. Orang Indonesia juga punya banyak waktu untuk bersama keluarga dan teman-teman,” katanya.

Sementara Nabuko Sasaki, pensiunan dosen bahasa Indonesia di beberapa universitas di Jepang mengaku selalu menggunakan batik saat mengajar di kelas.

“Itu sekaligus untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada murid-murid. Saya punya beberapa busana batik yang dibeli di Tanah Abang Jakarta, Malioboro Yogyakarta dan Batik Keris Semarang,” katanya.

Sasaki mengaku sangat senang mengikuti workshop batik yang diadakan Kementerian Pariwisata Indonesia di Jepang. Apalagi, dia berkesempatan mencoba membuat batik sendiri.

“Saya sudah pernah membaca dan melihat video proses membuat batik sebelumnya, tapi ini pengalaman saya membuat batik secara langsung. Ternyata sangat sulit. Pengrajin batik harus sabar dan perlu waktu lama untuk menciptakan sebuah karya,” ujar dia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Pesona Cirebon Maret 2016

Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) 12 Maret 2016 Gelar seni pesanggrahan Taman Gua Sunyaragi Pkl 9.00 hingga 13.00 WIB Ada Tari Topeng, Tari Tayub, Sintren, dan lainnya 15 hingga 30 Maret

Tourism

Loteng, Destinasi yang Diminati Wisman

Lombok Tengah (Loteng) setelah berdirinya Bandar Udara lnternasional Lombok (BIL) kini menjadi destinasi baru yang banyak diminati wisatawan mancanegara (wisman). Pantai selatan yang indah dan banyak wisata alam air terjun

Culture

Mahasiswa STP Bandung Terkesan Belajar Pariwisata di Tanjung Lesung

Yossy (Ist) Dua orang mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung memberikan apresiasi terhadap PT Banten West Java (BWJ) pengelola destinasi wisata Tanjung Lesung, Banten yang telah memberikan kesempatan untuk menimba

Destinations

Pemerintah Larang Samsung Galaxy Note 7 dalam Pesawat

Samsung Galaxy Note 7 (Ist) Pemerintah telah secara resmi melarang telepon pintar (smartphone) jenis Samsung Galaxy Note 7 dibawa  dalam penerbangan. Pelarangan tersebut tidak hanya pada penumpang, tapi juga awak

Hotel

Turis Asing Ramaikan Toba Gran Fondo

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan yang sedang ada di sekitar kawasan Danau Toba jangan hanya fokus ke Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba saja. Ada jelajah sepeda jarak jauh

Airlines

Duta Seni Lampung Pentaskan Sendratari Ratu Ali di Prambanan

Sendratari Ratu Ali di Prambanan (Ist) SMA IT Sumberejo, Tanggamus, akan tampil sebagai Duta Seni Pelajar mewakili Lampung pada ajang Festival Duta Seni Pelajar Tingkat Nasional di Yogyakarta. Duta Seni