JJI Belajar Sejarah Indonesia melalui Museum

JJI jalan2.jpg.crdownload

JJI di Museum Fatahillah (Ist)

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan beragam potensi yang bisa dipelajari oleh pewaris negeri. Sebut saja potensi pariwisata Nusantara yang tak pernah bisa dilepaskan dari berbagai budaya tradisional khas negeri ini dan kearifan lokal yang ada.

Adapun museum bisa menjadi pilihan tepat untuk melihat lebih dekat sejarah Indnesia. Ya, museum selama ini dianggap merupakan saksi bisu yang menyimpan perjalanan panjang sejarah negeri ini. Momen libur Idul Fitri 1438 H pun dimanfaatkan wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) untuk mengujungi kawasan Kota Tua di Jakarta.

Libur Lebaran 2017 itu tepatnya Kamis (29/6/2017) juga dipilih komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) untuk belajar sejarah Indonesia. Tak salah memang Kota Tua di Jakarta menjadi pilihan menarik untuk mengetahui sejarah Indonesia sebab di kawasan Kota Tua ada sejumlah museum yang bisa didatangi wisnus dan wisman, seperti Museum Wayang, Museum Fatahillah, dan Museum Bahari.

Irma Sustika, pendiri JJI kepada patainanews.com mengaku senang bisa bersama anggota komunitas lainnya belajar dan mengenal lebih dekat sejarah Indonesia. Irma, begitu ia biasa dipanggil selama ini juga dikenal sebagai CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC).

“Saya memilih museum-museum yang ada di kawasan Kota Tua karena JJI ingin belajar mengenai sejarah Indonesia juga mengenal lebih dekat heritage yang ada di Jakarta,” tuturnya. Menariknya sejumlah anggota WPC juga ikut.

Berdasarkan pengamatan di lapangan beberapa diantaranya, yakni Inawati, ibunda Akeylanaraya Alyandina, desainer cilik yag namanya lagi naik daun lantaran hasil karyanya semakin diminati di Tanah Air dan Agustus mendatang diundang ke Rusia untuk ikut mengenalkan Indonesia di Rusia, Ayu Hermanu yang terpilih untuk ikut SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang merupakan kerja sama ITC UN (International Trade Center United Nation) dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, dan Lisa Arnida Lisapaly yang suka traveling dan motret untuk koleksi pribadi.

Di kawasan Kota Tua tampak wisnus dan wisman menikmati libur Lebaran 2017 sebab Museum Wayang dan Museum Fatahillah terlihat penuh pengunjung, baik wisnus dan wisman. Informasi yang diperoleh, pengunjung di Museum Fatahillah Selasa (27/6/2017) mencapai 10.000 orang dan Rabu (28/6/2017) terjadi lonjakan menyentuh 12.000 orang.

Dari kawasan Kota Tua, rombongan JJI juga menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Si Pitung di Marunda untuk belajar budaya Betawi. Irma menuturkan, JJI merencanakan kegiatan rutin untuk belajar sejarah pada Agustus mendatang akan ke Karawang, Jawa Barat untuk traveling sekaligus belajar sejarah di Candi Jiwa, dan rumah ‘penculikan’ Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di Rengasdengklok, Karawang. (Gabriel Bobby)  

 

 

About author



You might also like

SightSeeing

Wisata Halal Cocok di Indonesia

Wisatawan asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat semakin percaya diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sejak Pulau Seribu

Heritage

Sambil Sarapan Menikmati View Laut di Tanjung Lesung

Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Kawasan Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten memang tak salah disebut sebagai destinasi wisata bahari andalan Indonesia. Ya, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam, utamanya wisata

Destinations

Tour Guide Jadi Turis

Kegiatan tour guide jadi turis (Ist) Sebuah pengalaman langka bagi rmereka tour guide desa wisata Sade, Ende dan Setanggor, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika satu waktu mereka menjadi seorang wisatawan.

Festival

Putri Pariwisata 2016 Cinta Budaya Indonesia

Finalis Putri Pariwisata 2016 (Ist) Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016, 37 finalis menampilkan kegiatan yang menarik yang berkaitan dengan budata Indonesia. Para finalis menunjukkan bakat dan keahliannya di Panggung Broadway

Tour Package

Belajar Pariwisata dengan Kunjungi Kota Tua

Andi Fadhilah Tenripada Arifin (berjilbab) (Ist) Sumber daya manusia (SDM) menjadi bagian penting yang tak bisa dipisahkan untuk mengembangkan beragam potensi wisata di Indonesia hingga ke mancanegara untuk menarik turis

Hotel

Borobudur Perkuat Atraksi Wisata Desa dan Budaya

Candi Borobudur (Ist) Joglosemar dengan ikon Candi Borobudur yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai satu dari 10 Destinasi Prioritas terus melengkapi ekosistem pariwisatanya. Salah satunya adalah memperkuat sisi amenitas, dari