Joko Noerhuda, Nakhoda Baru Pelabuhan Tanjung Perak

logo pelindo 3 terbaru

Logo PT Pelindo III (Ist)

Kini Pelabuhan Tanjung Perak memiliki nakhoda baru, Joko Nurhuda yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Perencanaan Strategis PT Pelabuhan Indonesia III, pada hari Sabtu (5/3/2016) dilantik Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto sebagai GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Joko Noerhuda menggantikan Agus Hermawan, Deputy Penunjang Operasi yang ditugaskan sebagai Pelaksana Harian GM  Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III pasca pelantikan dan serah terima jabatan di Grha Barunawati mengatakan bahwa acara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan pembinaan karir, secara profesional melalui kompetisi sesuai kinerja dan pola karir yang telah ditetapkan perusahan.

Awalnya Pelindo III membuka lowongan jabatan General Manajer (GM) secara terbuka melalui media nasional pada Januari lalu. Pelindo III tidak hanya memberikan kesempatan kepada pegawai internal untuk mengikuti tender sebagai GM Pelabuhan Tanjung Perak, namun juga memberikan kesempatan kepada kalangan profesional yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jabatan GM Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

“Dalam persyaratan diantaranya disamping memiliki pengalaman pada bidang pelayaran dan kepelabuhanan yang memadai, para pelamar juga wajib membuat dan mempresentasikan makalah dengan tema “Peningkatan Produktivitas, Pengembangan Bisnis dan Kinerja di Pelabuhan Tanjung Perak”. Puluhan pelamar ikut serta dalam tender jabatan GM Pelabuhan Tanjung Perak tersebut dan setelah melalui proses dan tahapan seleksi, akhirnya terpilih dengan hasil nilai assesment tertinggi adalah Joko Noerhuda, sehingga yang bersangkutan ditetapkan menjadi GM Pelabuhan Tanjung Perak”, jelas Edi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan ini.

Edi lebih lanjut mengatakan bahwa dengan hasil tersebut juga menunjukkan keberhasilan pembinaan SDM yang dilakukan Pelindo III selama ini terbukti dari puluhan pelamar yang mengajukan dan setelah proses seleksi, pelamar yang lolos dalam tahap wawancara dan presentasi masih didominasi oleh calon dari internal Pelindo III, dan hasil akhir mampu mengalahkan pelamar profesional dari luar Pelindo III

Pengisian jabatan General Manajer pada Pelabuhan Cabang di lingkungan Pelindo III dilakukan melalui proses tender, sebelum tender terbuka jabatan GM Pelabuhan Tanjung Perak, sebelumnya tender terbuka juga pernah dilakukan untuk mengisi posisi GM Terminal Petikemas Semarang (TPKS).

Tak hanya General Manajer pada pelabuhan kelas utama yang dilakukan tender, namun pada jabatan satu level dibawah Direksi, dalam pengisian formasi dilakukan dengan melakukan terder internal perusahaan.

“Terhadap pengisian jabatan struktural di Pelindo III dilakukan melalui tender, baik tender terbuka maupun tender internal. Dengan proses seperti ini, diharapkan perusahaan memperoleh pejabat struktural yang profesional, menciptakan kompetisi yang sehat, memiliki kompetensi tinggi, berkinerja baik,  berintegritas, dan  sesuai  harapan organisasi”, ujar Edi.

Dalam kesempatan yang sama, disamping GM Pelabuhan Tanjung Perak yang dilantik, juga dilakukan pelantikan GM Pelabuhan Kotabaru yaitu Capt Recky Julius Uruilal menggantikan Gusti Chairudin yang telah memasuki masa pensiun.

Selanjutnya Faruq Hidayat dilantik menjadi Kepala Biro Perencanaan Strategis menggantikan Joko Noerhuda yang mendapatkan promosi sebagai GM Pelabuhan Tanjung Perak. Sedangkan Hendiek Eko Setiantoro dilantik menjadi Senior Manajer Fasilitas Pelabuhan menggantikan Faruq Hidayat dan Kokok Susanto menjadi Pjs Senior Manajer Supervisi Teknik menggantikan Hendiek Eko Setiantoro. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Kinerja Keuangan 2016, PT Pelindo III Bukukan Laba Rp1,51 Triliun

TPS bird view PT Pelindo III (Ist) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan dari berbagai sisi pada akhir tahun 2016. 

Investments

Tingkatkan Infrastruktur, Turis Asing Datang

Falentina Cotton (tengah) (Ist) Pemerintah dinilai perlu meningkatkan kualitas infrastruktur yang menunjang pariwisata Indonesia sehingga wisatawan asing, termasuk turis dari Tiongkok akan semakin tertarik datang ke negeri ini untuk berlibur.

Investments

Jababeka Gandeng Zoomy Bidik Bisnis TI

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono (Ist) PT Jababeka bekerja sama dengan Zoomy, konten platform dan periklanan digital berbasis Smart Wi-fi Router mengadakan event Business to Business (B2B)

Slideshow

PT Pelindo III Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pertamina dan IBT

Kerja sama yang dilakukan Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III melalui salah satu anak usahanya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) atau BJTI Port melakukan kerja sama

Slideshow

HUT ke-33, JAS Luncurkan Together in Unity

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (kiri) menyematkan pin Together in Unity (Ist) PT Jasa  Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional telah memasuki usia ke-33.

Investments

Perkuat Bisnis Media Digital, AMDI Gandeng Djarum

Pengurus AMDI (Ist) Global Digital Prima (GDP) Venture, unit usaha Grup Djarum yang fokus di bisnis internet consumer tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI). Adapun