Jokowi Resmikan Perluasan Pelabuhan Sibolga

jokowi rame2 nih

Presiden Jokowi (Ist)

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking atau peresmian perluasan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga, Sabtu (20/8/2016). Diharapkan, dengan perluasan tersebut, Pelabuhan Sibolga dapat ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi  di Pantai Barat Sumut dan Danau Toba.

“Kita berharap Pelabuhan Sibolga juga akan menjadi pelabuhan distribusi barang ke Pulau Nias dan sekitarnya. Sehingga, dengan keberadaan pelabuhan ini, suplai barang ke Pulau Nias dan sekitarnya semakin lancar dan laju inflasi dapat ditekan, selain itu juga bisa membawa wisatawan ke daerah kami,” ungkap Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Sabtu (20/8/2016).

Selama ini, dermaga Pelabuhan Sibolga hanya bisa disandari satu kapal besar saja. “Diharapkan dengan pembangunan perluasan berupa perpanjangan dermaga pelabuhan yang dilaksanakan Presiden Jokowi nantinya, Pelabuhan Sibolga dapat disinggahi banyak kapal besar,” kata Syarfi.

Syarfi juga mengharapkan kunjungan Presiden Jokowi ke daerah ini akan membawa angin segar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah sejalan dengan pertumbuhan pembangunan infrastruktur lainnya, seperti Bandara Pinangsori Tapteng, serta pembangunan Jalan Layang Batu Lobang.

“Kita sangat berharap setelah kunjungan Presiden Jokowi, pembangunan Bandara (Pinangsori), Jalan Layang Batu Lobang, Jalan Nasional dari Sibolga hingga Sumbar, serta dari Sibolga hingga batas Aceh segera terbangun, sehingga akses untuk Pariwisata juga terus terbuka,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kedatangan Presiden Jokowi ke Sibolga dan Tapteng merupakan kado istimewa bagi masyarakat pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Hal itu juga merupakan sebuah bukti nyata dan keseriusan pemerintah pusat terhadap pembangunan Kota Sibolga dan sekitarnya.

“Di Kota Sibolga, direncanakan beliau akan mengunjungi Pasar Ikan Mina Nauli dan tempat produksi ikan asin di Kelurahan Pasar Belakang,” tandasnya. Setelah groundbreaking di Sibolga, Presiden Jokowi akan bergabung dengan 9 menteri di Danau Toba.

Selain ada Rapat Terbatas (Ratas), juga akan menyaksikan konser dan karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Parapat dan Balige, 20-21 Agustus 2016. KKPDT 2016 ini akan menjadi puncak peringatan HUT RI ke-71.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, tahun 2016 adalah tahun percepatan bagi pariwisata, setelah sektor ini dijadikan prioritas pembangunan oleh Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Pariwisata, infrastruktur, pangan, energi dan maritim adalah lima prioritas presiden dalam membangun Indonesia.

“Karena itu kami pun membuat tim percepatan, dari 10 Top Destinasi, percepatan wisata bahari, percepatan wisata halal, sampai percepatan wisata kuliner dan belanja,” jelas Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Indonesia Jadi The Most Beautiful Diving Destination 2016

Pesona wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist) Prestasi membanggakan Indonesia meraih penghargaan internasional dalam perhelatan Diving and Resort Travel Expo (DRT) 2016 di Taipei Flora Expo Dome,

Slideshow

Daya Pikat Joglosemar untuk Menarik Wisatawan

Candi Borobudur ikon Joglosemar (Ist) Pemerintah diketahui tengah giat mengembangkan dan mempromosikan 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal dengan nama 1o Bali baru hingga ke mancanegara. Adapun upaya

Festival

Kemenpar Undang Anak Muda Gabung Wonderful Startup Academi

Wonderful Startup Academy (WSA) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung tancap gas di 2017. Mulai 15 Januari 2017, kementerian dibawah komando Arief Yahya itu bakal segera memulai program inkubasi bagi bisnis

SightSeeing

Pemerintah Gandeng Garuda Indonesia Kejar Target Kunjungan Wisatawan

Berita Foto: Penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata-Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (28/4/2016) oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo (kanan) dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (tengah) disaksikan Menteri

World Heritage

Arief Yahya Buka Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang berlangsung 24 hingga 26 September 2016 semakin heboh dan meriah. Menteri Pariwisata Arief Yahya

All About Indonesia

Pelindo III Siap Sambut Lebaran 2016

Logo PT Pelindo III (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III telah menyiapkan setidaknya 13 terminal penumpang kapal laut di wilayah kerjanya yang tersebar di tujuh provinsi untuk mengantisipasi peningkatan arus