Jonan Bagikan ‘Home Solar System’ untuk Masyarakat Maluku di HPN 2017

jonan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Ist)

Rumah warga di daerah yang belum dipasok aliran listrik akan segera memiliki lampu untuk penerangan. Ini yang menjadi komitmen Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang disampaikan kepada Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang berkunjung ke kantornya di Kementerian ESDM, Rabu, (25/1/2017).

Jonan memaparkan, saat ini masih terdapat 2.500 desa yang masih belum terdapat penerangan alias belum mendapat aliran listrik dari PLN.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, Kementerian ESDM punya solusi jitu, yakni ‘Lampu Matahari’ atau Home Solar System untuk menerangi rumah-rumah warga di seluruh pelosok negeri.

Home Solar System merupakan ide dari Menteri Jonan agar desa-desa yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN, terutama daerah-daerah pelosok di timur Indonesia dapat menikmati penerangan.

Satu rumah warga akan mendapatkan satu set Solar Home System yang terdiri dari 4 lampu. “Satu rumah 4 lampu. Cukuplah untuk menerangi satu rumah. Banyak rumah-rumah warga yang sangat terbantu dengan inovasi ini,” kata Jonan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Spesifikasi Home Solar System atau Lampu Matahari ini meliputi 4 lampu besar setara dengan 70 watt/lampu, kabel sepanjang 10 meter serta colokan yang bisa juga dipergunakan untuk mengisi daya ponsel.

“Lampunya bisa dibikin terang dan redup. Tinggal di tempel di dinding, dan ada kabel untuk men-charge handphone,” papar Jonan sembari mendemonstrasikan cara kerja Home Solar System.

Lampu Matahari ini juga sangat fleksibel, dapat digunakan oleh masyarakat diberbagai tempat tergantung kebutuhan. Bisa dipergunakan untuk rumah, untuk perahu bagi nelayan atau juga bisa beralih fungsi menjadi senter.

Inovasi ini ditargetkan selama dua tahun kedepan dapat menerangi 450.000 lebih rumah di seluruh pelosok tanah air. Untuk daya tahan, lampu Home Solar System setelah terisi penuh dapat bertahan hingga 72 jam.

Jonan membeberkan, program ini sudah diterima baik di banyak provinsi. Ia sudah memamerkan Home Solar System kepada kepala daerah yang daerahnya masih banyak belum dialiri listrik.

Para kepala daerah itu disebut Jonan sangat terpukau dan senang dengan teknologi ini, karena akan sangat membantu para kepala daerah menerangi rumah-rumah warga.

Rencananya, nanti di acara puncak HPN 2017,Presiden Jokowi akan menyerahkan secara simbolik bantuan Home Solar System kepada beberapa perwakilan warga dari Provinsi Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017.

Jonan kemudian menyerahkan dua Home Solar System kepada Panitia HPN 2017 untuk dipamerkan di panggung acara puncak HPN 2017 di Ambon, 9 Februari mendatang.

Ia pun sekaligus memastikan diri untuk hadir di acara puncak perhelatan akbar insan pers se tanah air tersebut. “Kalau saya pasti hadir di HPN. Nanti Presiden yang menyerahkan secara simbolis ke rakyat Maluku,” kata Jonan. 

Panitia HPN 2017 yang hadir di dalam pertemuan dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan antara lain Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono, Ketua Panitia HPN 2017 M Ihsan, Bendahara Panitia Kiki Iswara, dan Wakil Ketua Bidang Dana Agus Yuli. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Nature

Buku Kuliner Indonesia Menangkan Hati Dunia

Buku Kuliner Flavors of Indonesia oleh Chef William Wongso Indonesia meraih juara pertama di Gourmand World Cookbook Awards di Yantai, Tiongkok mengalahkan 98 negara (Ist) Kabar baik untuk Indonesia datang

Travel Operator

Jazzy Anastassia Kinsky Ikut Miss Earth Indonesia 2017

Jazzy Anastassia Kinsky (Ist) Jazzy Anastassia Kinsky, perempuan berparas cantik ini berupaya mewujudkan mimpi untuk bisa menapak ke jenjang yang lebih tinggi dan berkarya untuk negeri ini, dan ia kini

Travel Operator

Worro Perkenalkan PIjat Tradisional Nusantara di Perancis

Promosi pijat Nusantara di Perancis (Ist) Sebagai upaya menunjukkan kebudayan pijat tradisional asal Indonesia yang terkenal otentik, maka Kementerian Pariwisata bersama dengan VITO Perancis membawa Master Spa Indonesia, Madame Worro

Cuisine

Kemenpar Optimistis Kejar Target 4 Juta Wisatawan Melalui Wisata Bahari

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo (duduk) (Ist) Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo optimistis dapat mendatangkan 4 juta wisatawan di tahun 2019 melalui wisata bahari.

Slideshow

grandkemang U-NEON NIGHT

Foto bersama dalam acara grandkemang U-NEON NIGHT (Ist) grandkemang Hotel Jakarta menyelenggarakan acara tahunan Corporate Gathering di Magzi Ballroom, grandkemang Hotel Jakarta. Acara tahunan ini yang digelar pada Jumat (19/2/2016) diadakan

Festival

Selamat Pemenang Kuis Batik Putra Fakhrudin

Batik Putra Fakhrudin (Ist) Pemenang kuis di patainanews.com mengenai batik khas Indonesia berhadiah Batik Putra Fakhrudin adalah Tomi Nala Prabayaksa. Ya, Tomi berhasil menjawab tiga pertanyaan yang diajukan patainanews.com mengenai kain