Jonan Bagikan ‘Home Solar System’ untuk Masyarakat Maluku di HPN 2017

jonan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Ist)

Rumah warga di daerah yang belum dipasok aliran listrik akan segera memiliki lampu untuk penerangan. Ini yang menjadi komitmen Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang disampaikan kepada Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang berkunjung ke kantornya di Kementerian ESDM, Rabu, (25/1/2017).

Jonan memaparkan, saat ini masih terdapat 2.500 desa yang masih belum terdapat penerangan alias belum mendapat aliran listrik dari PLN.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, Kementerian ESDM punya solusi jitu, yakni ‘Lampu Matahari’ atau Home Solar System untuk menerangi rumah-rumah warga di seluruh pelosok negeri.

Home Solar System merupakan ide dari Menteri Jonan agar desa-desa yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN, terutama daerah-daerah pelosok di timur Indonesia dapat menikmati penerangan.

Satu rumah warga akan mendapatkan satu set Solar Home System yang terdiri dari 4 lampu. “Satu rumah 4 lampu. Cukuplah untuk menerangi satu rumah. Banyak rumah-rumah warga yang sangat terbantu dengan inovasi ini,” kata Jonan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Spesifikasi Home Solar System atau Lampu Matahari ini meliputi 4 lampu besar setara dengan 70 watt/lampu, kabel sepanjang 10 meter serta colokan yang bisa juga dipergunakan untuk mengisi daya ponsel.

“Lampunya bisa dibikin terang dan redup. Tinggal di tempel di dinding, dan ada kabel untuk men-charge handphone,” papar Jonan sembari mendemonstrasikan cara kerja Home Solar System.

Lampu Matahari ini juga sangat fleksibel, dapat digunakan oleh masyarakat diberbagai tempat tergantung kebutuhan. Bisa dipergunakan untuk rumah, untuk perahu bagi nelayan atau juga bisa beralih fungsi menjadi senter.

Inovasi ini ditargetkan selama dua tahun kedepan dapat menerangi 450.000 lebih rumah di seluruh pelosok tanah air. Untuk daya tahan, lampu Home Solar System setelah terisi penuh dapat bertahan hingga 72 jam.

Jonan membeberkan, program ini sudah diterima baik di banyak provinsi. Ia sudah memamerkan Home Solar System kepada kepala daerah yang daerahnya masih banyak belum dialiri listrik.

Para kepala daerah itu disebut Jonan sangat terpukau dan senang dengan teknologi ini, karena akan sangat membantu para kepala daerah menerangi rumah-rumah warga.

Rencananya, nanti di acara puncak HPN 2017,Presiden Jokowi akan menyerahkan secara simbolik bantuan Home Solar System kepada beberapa perwakilan warga dari Provinsi Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017.

Jonan kemudian menyerahkan dua Home Solar System kepada Panitia HPN 2017 untuk dipamerkan di panggung acara puncak HPN 2017 di Ambon, 9 Februari mendatang.

Ia pun sekaligus memastikan diri untuk hadir di acara puncak perhelatan akbar insan pers se tanah air tersebut. “Kalau saya pasti hadir di HPN. Nanti Presiden yang menyerahkan secara simbolis ke rakyat Maluku,” kata Jonan. 

Panitia HPN 2017 yang hadir di dalam pertemuan dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan antara lain Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono, Ketua Panitia HPN 2017 M Ihsan, Bendahara Panitia Kiki Iswara, dan Wakil Ketua Bidang Dana Agus Yuli. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Indahnya Morotai Menggoda Wisatawan

Morotai yang indah (Ist) Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun tidak banyak bergerak

Tour Package

Buku Destinasi Wisata Kampung Langenastran dan Langenarjan

Telah terbit buku ‘Kampung Langenastran dan Langenarjan’ menyusul ditetapkannya Langenastran sebagai Kampung Wisata Budaya Yogyakarta. #Mulailah dari Kampung untuk Mencintai Negara dan Bangsamu (Ist) Langenastran Yogyakarta sebagai Kampung Wisata Budaya

Nature

21 Sifat Baik Manusia Diwujudkan dalam Batik

GKBRAy Paku Alam dengan beberapa batik hasil karyanya yang motifnya diambil dari naskah kuno milik Puro Pakualaman, Yogyakarta (Ist) 21 rahasia kehidupan Puro Pakualaman terkuak. Yang membuka tabir rahasia adalah

Cuisine

Manfaatkan Libur Lebaran untuk Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) (Ist) Libur Lebaran menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1438 H serentak di Indonesia. Dan, sudah menjadi tradisi di negeri ini masyarakat yang menetap

World Heritage

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Culture

Tanjung Lesung Punya Segalanya

Bisnis forum bertemakan Indonesia Tourism Investment yang bertempat di President Lounge Menara Batavia, Jakarta (Brian) Sejatinya Tanjung Lesung punya semua yang dibutuhkan untuk menjadi destinasi yang maju dan sangat penting