Jual Tiket ke Negeri Orang Pakai Rupiah

duit cepean

Pengusaha travel agent yang tergabung dalam ASTINDO dan ASITA mendukung pemberlakuan Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini dalam transaksi penjualan tiket penerbangan internasional dan paket wisata internasional yang ditawarkan untuk wisatawan.

Hal tersebut menggema dalam pertemuan anggota ASTINDO DKI Jakarta dan ASITA DKI Jakarta  dengan tema “Solusi BPW/APW Menghadapi Kewajiban Penggunaan Rupiah oleh Bank Indonesia dan Jaminan Top Up oleh CIU Insurance” di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Rupanya para pengusaha travel agent itu mengaku sudah lama mendukung upaya tersebut sejak 1998 silam. Demikian disampaikan Penasehat ASITA Jakarta Herna P Danuningrat.

Tapi, lanjutnya, ketika itu BI terkesan masih belum merespons sehingga jika pemberlakuan tersebut dilakukan mulai 1 Juli mendatang dinilai terkesan terlalu cepat sehingga jika memungkinkan dipikirkan untuk dicarikan solusi agar tidak merugikan pengusaha travel agent.

Sebagai contoh, PT Garuda Indonesia Tbk memutuskan untuk menggunakan Rupiah dalam transaksi pembayaran tiket penerbangan internasional di Indonesia yang berlaku mulai 1 Juli 2015 seiring instruksi Menteri Perhubungan yang mengatur tentang penggunaan mata uang Rupiah dalam melakukan transaksi pada kegiatan transportasi.

Dan, wisatawan asing yang datang ke beragam destinasi di Indonesia juga harus menggunakan Rupiah selama masih menginap di negeri ini.

Adapun acara ini didukung CIU Insurance. Pada kesempatan ini, dipaparkan mengenai jaminan top up oleh CIU Insurance. Sebelumnya, ASTINDO dan CIU Insurance telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman yang didasari karena adanya risiko kerugian berbisnis bagi travel agent, khususnya atas hilangnya sejumlah dana yang diakibatkan oleh pihak lain yang notabene adalah principalnya sendiri yaitu maskapai penerbangan. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

SightSeeing

DPR Dukung Digital Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 didampingi Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata dan Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah di Garut, Kamis (22/2/2018) (Ist) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Airlines

12 September Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Indonesia Berhadiah Voucher Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Indonesia memang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Contohnya Lombok di Nusa Tenggara Barat. Wisatawan banyak yang suka

SightSeeing

Kereta Api, Moda Transportasi untuk Traveling di Indonesia

Stasiun Gambir Indonesia adalah negeri yang kaya akan destinasi wisata yang diminati wisatawan, termasuk turis asing. Menariknya wisatawan banyak pilihan moda transportasi untuk menuju destinasi wisata, utamanya di Jawa. Pengalaman

Destinations

Mengenal Ulos, Kain Tradisional Batak

Kerri Pandjaitan (kiri) Ulos yang merupakan kain tradisional masyarakat Batak terus berupaya dilestarikan. Karenanya pameran Ulos Hangoluan & Tondi pun digelar di Museum Tekstil Jakarta mulai 19 September lalu hingga

Tourism

Traveling ke Tanjung Lesung, Jangan Lupa ke Cibaliung

Destinasi wisata Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten semakin banyak diminati wisatawan. Destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini memberikan kesempatan bagi traveler untuk bisa jalan-jalan ke

World Heritage

Garuda Indonesia akan Bantu Promosikan Pariwisata NTB

Wakil Ketua BPPD NTB Lalu Abdul Hadi Faishal (ketiga dari kiri) (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB terus berupaya memperkuat konektivitas transportasi pariwisata dari dan menuju Nusa Tenggara