Jual Tiket ke Negeri Orang Pakai Rupiah

duit cepean

Pengusaha travel agent yang tergabung dalam ASTINDO dan ASITA mendukung pemberlakuan Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini dalam transaksi penjualan tiket penerbangan internasional dan paket wisata internasional yang ditawarkan untuk wisatawan.

Hal tersebut menggema dalam pertemuan anggota ASTINDO DKI Jakarta dan ASITA DKI Jakarta  dengan tema “Solusi BPW/APW Menghadapi Kewajiban Penggunaan Rupiah oleh Bank Indonesia dan Jaminan Top Up oleh CIU Insurance” di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Rupanya para pengusaha travel agent itu mengaku sudah lama mendukung upaya tersebut sejak 1998 silam. Demikian disampaikan Penasehat ASITA Jakarta Herna P Danuningrat.

Tapi, lanjutnya, ketika itu BI terkesan masih belum merespons sehingga jika pemberlakuan tersebut dilakukan mulai 1 Juli mendatang dinilai terkesan terlalu cepat sehingga jika memungkinkan dipikirkan untuk dicarikan solusi agar tidak merugikan pengusaha travel agent.

Sebagai contoh, PT Garuda Indonesia Tbk memutuskan untuk menggunakan Rupiah dalam transaksi pembayaran tiket penerbangan internasional di Indonesia yang berlaku mulai 1 Juli 2015 seiring instruksi Menteri Perhubungan yang mengatur tentang penggunaan mata uang Rupiah dalam melakukan transaksi pada kegiatan transportasi.

Dan, wisatawan asing yang datang ke beragam destinasi di Indonesia juga harus menggunakan Rupiah selama masih menginap di negeri ini.

Adapun acara ini didukung CIU Insurance. Pada kesempatan ini, dipaparkan mengenai jaminan top up oleh CIU Insurance. Sebelumnya, ASTINDO dan CIU Insurance telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman yang didasari karena adanya risiko kerugian berbisnis bagi travel agent, khususnya atas hilangnya sejumlah dana yang diakibatkan oleh pihak lain yang notabene adalah principalnya sendiri yaitu maskapai penerbangan. (Gabriel Bobby)

 

 



About author



You might also like

Culture

Trade Visitors Bisa Kunjungi PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA membuka kesempatan bagi para trade visitor yang ingin melihat langsung PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten. Adapun event pariwisata

Nature

Memotret Indonesia lewat Museum

JJI di Museum Wayang (Ist) Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara

SightSeeing

Kemenpar Dorong Pembangunan 100 Destinasi Digital dan 10 Nomadic Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menutup Rakornas Pariwisata I Tahun 2018, Jumat 23 Maret 2018 di Bali Nusa Dua Convention Centre. Selama dua hari, yakni 22

Cuisine

Promosi Pariwisata Indonesia tak Pernah Berhenti

Wonderful Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Dan, kini mulai terlihat hasilnya dengan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk turis asal Tiongkok ke

Nature

Sanur Village Festival 2017 Manjakan Wisatawan dengan 27 Kegiatan

Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Sanur Village Festival 2017. Perhelatan yang ke-12 ini dan mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika itu akan digelar mulai 9 hingga 13 Agustus mendatang (Ist) 

World Heritage

Promosi Pariwisata Kepulauan Seribu Lewat Film

Gelar Peduli Gerakan 1000 untuk Kepulauan Seribu Kepulauan Seribu di DKI Jakarta termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan pemerintah yang sering disebut sebagai Bali Baru. Upaya mengembangkan potensi pariwisata