Jual Tiket ke Negeri Orang Pakai Rupiah

duit cepean

Pengusaha travel agent yang tergabung dalam ASTINDO dan ASITA mendukung pemberlakuan Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini dalam transaksi penjualan tiket penerbangan internasional dan paket wisata internasional yang ditawarkan untuk wisatawan.

Hal tersebut menggema dalam pertemuan anggota ASTINDO DKI Jakarta dan ASITA DKI Jakarta  dengan tema “Solusi BPW/APW Menghadapi Kewajiban Penggunaan Rupiah oleh Bank Indonesia dan Jaminan Top Up oleh CIU Insurance” di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Rupanya para pengusaha travel agent itu mengaku sudah lama mendukung upaya tersebut sejak 1998 silam. Demikian disampaikan Penasehat ASITA Jakarta Herna P Danuningrat.

Tapi, lanjutnya, ketika itu BI terkesan masih belum merespons sehingga jika pemberlakuan tersebut dilakukan mulai 1 Juli mendatang dinilai terkesan terlalu cepat sehingga jika memungkinkan dipikirkan untuk dicarikan solusi agar tidak merugikan pengusaha travel agent.

Sebagai contoh, PT Garuda Indonesia Tbk memutuskan untuk menggunakan Rupiah dalam transaksi pembayaran tiket penerbangan internasional di Indonesia yang berlaku mulai 1 Juli 2015 seiring instruksi Menteri Perhubungan yang mengatur tentang penggunaan mata uang Rupiah dalam melakukan transaksi pada kegiatan transportasi.

Dan, wisatawan asing yang datang ke beragam destinasi di Indonesia juga harus menggunakan Rupiah selama masih menginap di negeri ini.

Adapun acara ini didukung CIU Insurance. Pada kesempatan ini, dipaparkan mengenai jaminan top up oleh CIU Insurance. Sebelumnya, ASTINDO dan CIU Insurance telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman yang didasari karena adanya risiko kerugian berbisnis bagi travel agent, khususnya atas hilangnya sejumlah dana yang diakibatkan oleh pihak lain yang notabene adalah principalnya sendiri yaitu maskapai penerbangan. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

Hotel Horison NJ Semarang Buka Puasa Bersama Anak Jalanan

Berita Foto: Kolaborasi GSP dan Hotel Horison NJ Semarang buka puasa bersama on the street di Taman Srigunting Kota Lama, Semarang bersama kaum dhuafa dan anak jalanan, Sabtu (3/6/2017) (Ist)

Slideshow

Capa Resort Maumere Gelar Travel Agent Gathering

Capa Resort Maumere (Ist) Capa Resort Maumere yang dikelola manajemen PT Petrada Widya Radhasa menggelar travel agent gathering bertajuk Heavenly Maumere. Kegiatan yang digelar di Jakarta pada Jumat (16/10/2015) ini

Tourism

El John Pageants Kirim Wakil Indonesia ke Miss ASEAN Friendship 2017 di Vietnam

Johnnie Sugiarto, Founder & Cairman El John Pageants (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Dessy Natalia Siburuan dan Ni Luh Putu Lilyk Rahmawati dipercaya menjadi wakil Indonesia dalam Miss ASEAN Friendship

World Heritage

Dodol Garut, Kuliner Khas yang Menggugah Selera

Dodol Garut, kuliner khas yang disukai wisatawan Nusantara Garut yang terletak di Jawa Barat dikenal dan dengan julukan ‘Swiss van Java’ kaya akan beragam potensi pariwisata, budaya dan kearifan lokal.

World Heritage

Travel More, Explore More

Turis asing di Lombok (Ist) Kompas Travel Fair (KTF) 2016, sebuah pameran pariwisata persembahan harian Kompas kembali hadir tahun ini. Acara ini berlangsung di Main Lobby dan Plenary Hall, Jakarta

Nature

17 Agustus Jalan-Jalan di Indonesia Gratis Menginap di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Wisatawan di destinasi Tanjung Lesung (Ist) Indonesia kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Dan, esok adalah peringatan HUT RI