Juni, Bandara Kertajati Operasional Penerbangan Komersial

Pendaratan perdana pesawat Kepresidenan Republik Indonesia BBJ-2 yang membawa Presiden Jokowi di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Ist)

Disambut tradisi water salute, pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi berhasil mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). Presiden Jokowi berharap bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka ini dapat segera melayani masyarakat.

Presiden Jokowi memastikan pada awal Juni bandara ini akan segera melayani masyarakat. “Menhub telah sampaikan ke saya Insya Allah bisa beroperasi. Tanggal 8 Juni sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” kata Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Presiden Jokowi berharap bandara ini kedepan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Majalengka dan Provinsi Jawa Barat. Selain itu Presiden Jokowi juga berharap Bandara Kertajati dapat terintegrasi dengan infrastruktur transportasi lainnya.

Ia menyebut dengan begitu akan menarik minat investor untuk berinvestasi. “Kami juga ingin Bandara Kertajati terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Karena jarak dari sini 40 kilometer sehinga ini memudahkan layanan kepada investor untuk masuk dan dengan begitu kita berharap pertumbuhan ekonomi Jawa Barat lebih meningkat dan lebih baik,” jelas Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama Presiden Jokowi juga mengapresiasi pembiayaan pembangunan Bandara Kertajati yang merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, Pemprov Jawa Barat, dan perusahaan swasta. “Model ini akan kita kembangkan di daerah lain sehingga kecepatan pembangunan bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Setelah Bandara Kertajati, Presiden Jokowi mengatakan, akan ada beberapa bandara yang akan segera selesai pembangunannya seperti Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Samarinda, dan Bandara Kulonprogo di Yogyakarta yang diharapkan dapat selesai akhir 2019 mendatang.

Pada kesempatan yang sama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan Bandara Kertajati memiliki kapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun dengan pergerakan pesawat sebanyak 200 pergerakan per hari.

“Kalau penumpang satu tahun kira-kira 5-6 juta, kalau movement kira-kira 200 movement per hari. Ini nanti PT Angkasa Pura II akan membangun (perpanjangan runway) dalam tahun ini. Akhir tahun ini akan selesai untuk 3000 meter, jadi saya kira tidak ada masalah semua ini dalam proses yang kita jalan semua,” ucap Menhub.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menhub Budi menyebut penerbangan komersial akan dimulai pada 8 Juni mendatang. “Beroperasinya tanggal 8 Juni 2018 tapi bisa juga maju, tanggal 8 Juni 2018 sudah dijadwalkan tapi bisa maju pada akhir Mei 2018. Maskapai yang sudah tercatat ada tiga diantaranya Citilink, Lion Air, dan Wings Air, rutenya Surabaya, ada yang ke Denpasar juga tapi ini lagi kita atur mungkin bukan 2 atau 3 mungkin bisa 6 lebih,” kata Menhub.

Selain penerbangan komersial, Menhub berharap penerbangan haji juga akan dilakukan melalui Bandara Kertajati.

Turut hadir dalam pendaratan pertama di Bandara Kertajati Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, dan sejumlah pejabat terkait. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

IMF WBG Sukses, Pariwisata Indonesia Berkibar di Dunia

Wisatawan di Bali (Ist) Perhelatan akbar Internasional Monetary Fund World Bank Group (IMF WBG) di Bali semakin dekat. Segala persiapan pun terus dilakukan untuk mensukseskan acara tersebut sehingga pariwisata Indonesia akan

Travel Operator

Selamat HUT ke-34 PT JAS

Logo JAS (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan Selamat HUT ke-34 PT Jasa Angkasa Semesta (JAS). Sumoga semakin sukses dalam industri transportasi udara Indonesia dalam upaya mendukung promosi pariwisata

Slideshow

Cara Cerdas SD Darmono

Dalam bisnis, ketepatan waktu merupakan hal penting bagi kelancaran bisnis. Di Jakarta, kendala dalam urusan waktu yang dihadapi adalah kemacetan. Diprediksi dalam 10 tahun kedepan Jakarta meski akan berkurang, namun

Slideshow

BWJ Gandeng Nusa Flying School Kembangkan Pariwisata Tanjung Lesung

Managing Director PT BWJ Fachrully F Lasahido, Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprassetijo, Direktur PT Jababeka Tbk (Holding dari PT BWJ) Sutedja S Darmono, dan  CEO/Founder Nusa Flying International School Capt Rudy

Slideshow

Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

Pantai Wendu (youtube) Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten

Culture

Kemenpar Optimistis Kejar Target 4 Juta Wisatawan Melalui Wisata Bahari

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo (duduk) (Ist) Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Bahari Indroyono Soesilo optimistis dapat mendatangkan 4 juta wisatawan di tahun 2019 melalui wisata bahari.