Juni, Perpres 10 Destinasi Wisata Prioritas Selesai

tim

Menteri Pariwisata Arief Yahya (baju batik) berfoto bersama termasuk dengan President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (ketiga dari kiri) (Ist)

Peraturan Presiden untuk 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dari Borobudur hingga Morotai direncanakan selesai pada Juni 2016. Setelah itu, pembangunan wisata di sana bisa dipercepat.

“Kita pilot project untuk Perpres ada dua. Satu untuk KEK sudah selesai Februari, sudah ditandatangan Tanjung Kelayang Belitung. Untuk badan otorita dikabarkan sudah siap. Tinggal ditandatangani presiden. Juni 2016 Perpres selesai,” papar Menpar Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjelaskan, dari 10 prioritas, dibentuk 4 KEK dan 6 badan otorita. Keempat KEK, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika dan Morotai.

Sedangkan 6 badan otorita adalah Borobudur, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi dan Labuan Bajo.

Adapun tahun ini tahun percepatan pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Nantinya, setelah Perpres selesai ditandatangani, destinasi prioritas akan segera dikembangkan langsung oleh otorita yang telah dibentuk.

Kementerian Pariwisata Kemenpar) tidak sepenuhnya lepas tangan tapi tetap masih ikut mengontrol. “Once Perpres ditandatangan, semua yang ada di pemerintah pusat akan didelegasikan. Kemenpar akan jadi shadow management,” katanya.

Dalam rapat koordinasi ini, Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah 10 destinasi juga telah melakukan penandatanganan komitmen atau kesepakatan bersama tentang percepatan pembangunan destinasi prioritas pariwisata nasional.

10 Destinasi Pariwisata Prioritas Bangun 5.000 Homestay

Homestay disebut menjadi salah satu kebutuhan bagi wisatawan. 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia diminta membangun fasilitas 5.000 homestay.

“Homestay sementara saya standarisasi masing-masing destinasi menjual 5.000 homestay,” ujar AY. 10 Destinasi prioritas adalah daerah-daerah yang pembangunan pariwisatanya diutamakan.

Adapun 10 destinasi tersebut, yakni Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, Morotai.

Pemerintah telah mencanangkan program 1 juta rumah. Masing-masing destinasi prioritas diharap bisa membangun sekitar 5.000 rumah untuk homestay berdasarkan program tersebut.

AY mengatakan bahwa homestay yang telah dibangun pemerintah bisa dibeli dan dikelola oleh masyarakat setempat. Harga jualnya pun terjangkau, begitu pula dengan kredit per bulannya.

“Jadi boleh dibeli masyarakat. Misalnya Rp150 juta, aturannya ikut 1 juta rumah, bunga 5% 1 tahun sehingga perbulan Rp 800 ribu, kurang dari Rp 1 juta. Jadi Kredit Pemilikan Homestay,” ucapnya.

Supaya turis juga semakin mengenal budaya lokal, setiap homestay harus dibangun dengan arsitektur khas daerah setempat. Selain membangun homestay, pemerintah juga akan membangun toilet.

Semua toilet akan dibangun dan dikelola dengan baik agar tetap bersih dan turis pun nyaman.”Ada Kredit Pemilikan Toilet. Semua toilet yang dikelola Pemda di bawah standar,” tuturnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

Cuisine

Kabar Baik untuk Pariwisata Pulau Dewata Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka

Menteri Pariwisata berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Setelah sempat ditutup dampak erupsi Gunung Agung di Bali, Bandara Ngurah Rai Bali dinyatakan dibuka, Jumat sore, 29 November 2017 pukul

Culture

JAS Terlibat Promosikan Wonderful Indonesia

CEO JAS Adji Gunawan (batik) tengah berbincang dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) JAS Airport Services terpilih untuk bergabung dengan co-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. JAS meyakini bahwa pariwisata

Slideshow

Awal 2018, Destinasi Wisata Indonesia Ramai

Presiden Jokowi menggendong cucu menghabiskan libur pergantian tahun di Yogyakarta (Ist) Menyambut awal tahun 2018, sejumlah lokasi wisata ramai dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain Bali,

Slideshow

Lombok yang tak Dilupakan Wisatawan

Di Kampung Sasak Ende Lombok (Ist) Pesona pariwisata Lombok di Nusa Tenggara Barat ternyata tetap diminati wisatawan. Meski belum lama ini Pulau Seribu Masjid ini, julukan Lombok sempat mengalami musibah

SightSeeing

Turis Tiongkok Semakin Banyak ke Indonesia

Tedjo Iskandar (kanan) (Ist) Wisatawan asal Tiongkok disebut semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut dikatakan Founder TTC Travel Mart Indonesia Tedjo Iskandar kepada patainanews.com dalam TTC Travel Mart

Nature

Cirebon Diprediksi Jadi Destinasi Utama di Jabar

Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi ketika meresmikan Bandara Kertajati (Ist) Museum Pusaka Keraton Kasepuhan yang ada di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat menjadi kebanggaan tersendiri katena merupakan museum modern