Kabar Baik Datang dari Perancis untuk Pariwisata Indonesia

grafik

Pariwisata Indonesia diminati di Perancis (Ist)

Kabar baik datang dari Perancis. Ketika situasi tour reservation tengah melemah di market Perancis pada September 2016, pariwisata Nusantara justru diminati orang Perancis.

Ya, menjadi suatu pengecualian yang luar biasa lantaran booking tour oleh travel agent Perancis ke Indonesia melonjak 57% pada September lalu.

Eka Moncarre, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Paris kepada patainanews.com, Jumat (14/10/2016) menjelaskan, menurut barometer bulanan travel perusahaan/Atout Prancis, booking tour di berbagai travel agent Perancis turun 5% di pada bulan September.

“Dengan detail sebagai berikut 12% booking turun untuk wisata di Perancis, dan booking-an ke destinasi jarak menengah turun 1%. Namun, untungnya ada kenaikan sekitar 5% untuk negara jarak jauh, seperti Kanada yang meningkat 45% dibandingkan dengan September 2015, Vietnam meningkat 36%, India meningkat 28% dan Thailand meningkat 21%,” tuturnya.

Sementara untuk negara jarak menengah, Spanyol meningkat 20% dan Portugal meningkat 13% masih menjadi favorit untuk turis Perancis.

Adapun keberangkatan pada September lalu, mereka umumnya mengakibatkan penurunan 5% dalam jumlah penumpang. Tren negatif ini terutama mempengaruhi Perancis yang turun 7% dan tujuan jarak menengah turun 4%.

Sedangkan negara-negara yang jauh mencatat kenaikan tipis dari 1%. Penurunan aktivitas 5% sejak Januari lalu untuk travel-travel agent Perancis.

Secara rinci, tidak mengejutkan adalah Spanyol dan Portugal bernasib terbaik di negara-negara jarak menengah, dengan masing-masing naik 6% dan meningkat 32% jumlah penumpang.

Di antara negara-negara jarak jauh, barometer terutama mencerminkan peningkatan keberangkatan ke Indonesia meningkat 57%) dan Jepang meningkat 31%.

Kanada meningkat 7% lebih wisatawan ketimbang September 2015, dan Thailand meningkat 4%. Secara kumulatif, antara Januari dan akhir September 2016, aktivitas agen menurun.

Jumlah keberangkatan terdaftar menunjukkan penurunan dari 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015, dimana semua destinasi mengalami penurunan di tahun 2015, turun 7% di Perancis, turun 5% pada tujuan jarak menengah dan turun 1% pada tujuan jarak jauh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

7 Alasan Kenapa Harus Ikut PATA Travel Mart 2016

Manajemen ICE yang diwakili Head of Exhibition Sales Hendrik Engelking (kiri), dan Head of Sales and Marketing Siti Karmila (ketiga dari kiri), serta President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik)

Airlines

Hotel Penuh untuk GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) rupanya sudah diantisipasi para pelaku industri pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, langkah itu

Heritage

Nikmati Kereta Wisata ke Joglosemar

Tampak dalam kereta wisata kelas Priority (Ist) Wisatawan yang mau traveling ke Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah kini bisa menikmati layanan kereta wisata yang dilayani secara VVIP sekelas layanan yang

Slideshow

Mahasiswa STP Bandung Antusias Ikut MariMenulis.org

Mahasiswa STP Bandung tengah mendengarkan pemaparan dari President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengenai pariwisata Indonesia (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tampak antusias belajar menulis mengenai beragam potensi

Investments

Tiga Bank BUMN Dukung Kinerja PT Pelindo III

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan

Destinations

BIJB Incar Penumpang Jawa Tengah

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan keberadaan bandar udara yang terletak di Kertajati, Kabupaten Majalengka itu tak hanya untuk penumpang dari wilayah Jabar, namun