Kabar Baik Datang dari Perancis untuk Pariwisata Indonesia

grafik

Pariwisata Indonesia diminati di Perancis (Ist)

Kabar baik datang dari Perancis. Ketika situasi tour reservation tengah melemah di market Perancis pada September 2016, pariwisata Nusantara justru diminati orang Perancis.

Ya, menjadi suatu pengecualian yang luar biasa lantaran booking tour oleh travel agent Perancis ke Indonesia melonjak 57% pada September lalu.

Eka Moncarre, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Paris kepada patainanews.com, Jumat (14/10/2016) menjelaskan, menurut barometer bulanan travel perusahaan/Atout Prancis, booking tour di berbagai travel agent Perancis turun 5% di pada bulan September.

“Dengan detail sebagai berikut 12% booking turun untuk wisata di Perancis, dan booking-an ke destinasi jarak menengah turun 1%. Namun, untungnya ada kenaikan sekitar 5% untuk negara jarak jauh, seperti Kanada yang meningkat 45% dibandingkan dengan September 2015, Vietnam meningkat 36%, India meningkat 28% dan Thailand meningkat 21%,” tuturnya.

Sementara untuk negara jarak menengah, Spanyol meningkat 20% dan Portugal meningkat 13% masih menjadi favorit untuk turis Perancis.

Adapun keberangkatan pada September lalu, mereka umumnya mengakibatkan penurunan 5% dalam jumlah penumpang. Tren negatif ini terutama mempengaruhi Perancis yang turun 7% dan tujuan jarak menengah turun 4%.

Sedangkan negara-negara yang jauh mencatat kenaikan tipis dari 1%. Penurunan aktivitas 5% sejak Januari lalu untuk travel-travel agent Perancis.

Secara rinci, tidak mengejutkan adalah Spanyol dan Portugal bernasib terbaik di negara-negara jarak menengah, dengan masing-masing naik 6% dan meningkat 32% jumlah penumpang.

Di antara negara-negara jarak jauh, barometer terutama mencerminkan peningkatan keberangkatan ke Indonesia meningkat 57%) dan Jepang meningkat 31%.

Kanada meningkat 7% lebih wisatawan ketimbang September 2015, dan Thailand meningkat 4%. Secara kumulatif, antara Januari dan akhir September 2016, aktivitas agen menurun.

Jumlah keberangkatan terdaftar menunjukkan penurunan dari 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015, dimana semua destinasi mengalami penurunan di tahun 2015, turun 7% di Perancis, turun 5% pada tujuan jarak menengah dan turun 1% pada tujuan jarak jauh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Bandara Kulon Progo akan Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta

  Candi Borobudur ikon Joglosemar (Ist) New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kulon Progo, Yogyakarta atau yang lebih familiar dengan nama Bandara Kulon Progo diperkirakan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Daerah

Airlines

Ekspatriat Australia yang Menyukai Indonesia

Paskah di Gereja Katedral Jakarta Ekspatriat dari Australia yang sudah lama menetap di Indonesia mengaku menyukai Indonesia. Grant McClean, Technical Manager Capital Projects Coca Cola Amatil Indonesia ini mengaku sudah

Airlines

STP Bali Dorong Gastronomi sebagai Daya Tarik Pulau Dewata

Workshop dengan tema Gastronomi Sebagai Daya Tarik Destinasi di STP Bali (Ist) Gastronomi telah menjadi salah satu daya tarik Bali, bahkan UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia PBB) telah menetapkan Ubud sebagai

Festival

Pelindo III Butuh Dukungan Pemkot Denpasar Kembangkan Pelabuhan Benoa

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengaku siap mengembangkan Pelabuhan Benoa di Bali lantaran pelabuhan yang ada di Pulau Dewata itu yang

Destinations

Genting Dream Cruise Datang, Bintan Panen Wisman

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo (kanan) (Ist) Sekitar 2.000 wisatawan membanjiri Pulau Bintan, Sabtu (7/7/2018). Para wisatawan ini datang bersama kapal pesiar mewah Genting Dream Cruises. Seharian

Festival

Menpar Arief Yahya Luncurkan Pesona Wisata Ramadan dan Libur Lebaran 2018

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan program Pesona Wisata Ramadan dan Libur Lebaran 2018 sebagai upaya mengatasi penurunan kunjungan wisman dan pergerakkan wisnus saat bulan Ramadan di Balairung Soesilo Soedarman,