Kabar Baik untuk Pariwisata Pulau Dewata Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka

WhatsApp Image 2017-10-05 at 16.17.57

Menteri Pariwisata berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist)

Setelah sempat ditutup dampak erupsi Gunung Agung di Bali, Bandara Ngurah Rai Bali dinyatakan dibuka, Jumat sore, 29 November 2017 pukul 15.00 WITA. Akses dari dan menuju Pulau Dewata Bali bisa dilalui kembali oleh wisatawan.

Keputusan itu disimpulkan dalam rapat di Ruang EOC (Emergency Operation Centre) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Mereka rapat dalam rangka Evaluasi Kondisi Terkini Erupsi Gunung Agung Bali. Rapatnya sendiri dilangsungkan siang ini jam 13.00 WIB.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Otban Wil. IV Denpasar. Peserta rapatnya terdiri dari GM PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Ka Kantor Otban Wil IV Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, GM Airnav Cabang Denpasar, Ka BMKG Ngurah Rai, Ketua AOC Denpasar, Kapolsek KP3U Bandara IGNR dan Basarnas Bali.

Kesimpulannya, VONA sudah turun dari RED ke ORANGE. Maka, terhitung mulai pukul 15.00 WITA, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai status dibuka. “Terima kasih sore ini Bandara Ngurah Rai sudah beroperasi kembali,” komentar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang terus memelototi menit demi menit situasi Bali.

Dia berharap, Bali segera normal, akses menuju Pulau dengan predikat Best Destination in The World 2017 versi TripAdvisor itu segera pulih. Apalagi, mendekati akhir tahun, saatnya Bali menerima kedatangan wisatawan di peak seasons.

Menpar Arief Yahya memang paling getol mempersiapkan segala hal terkait erupsi Gunung Agung, Bali. Sebab, baginya Bali adalah 40% wisman ke Indonesia. Bali adalah product utama pariwisata. “Iya, dalam industri pariwisata, destinasi adalah product. Originasi adalah customers, maka kita harus tahu mengalokasikan perhatian ke produk unggulan dan customers utamanya,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (29/11/2017).

Jauh hari sebelum erupsi, 5 Oktober 2017 lalu Menpar Arief Yahya sudah berkunjung ke Bali untuk menyiapkan segala sesuatunya jika bencana alam terjadi. Dia sudah sampai ke zona merah di Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari puncak Gunung Agung.

Arief ingin menunjukkan ke publik dan netizen bahwa Bali masih oke, saat itu. Bali masih aman, hampir dua bulan lalu. Setiap minggu Arief Yahya ke Bali untuk mengumpulkan industri, mengajak bicara komunitas yang bergerak di sektor pariwisata.

Sampai pada kesimpulan, hari pertama saat cancellation terjadi, semua akomodasi harus free of charge. Hari berikutnya baru di atas 50% diskon. “Ini adalah long term investment, membangun loyalty customers, agar Bali semakin di hati di mata wisatawan,” kata Ariwf Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Transportasi Dukung Pariwisata Indonesia

Menikmati layanan kereta wisata Priority (Ist) Pariwisata Indonesia selama ini tak pernah bisa dilepaskan dari peran transpotasi sebab wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara yang ingin berkunjung ke beragam destinasi wisata

Travel Operator

Belajar Pariwisata dengan Kunjungi Kota Tua

Andi Fadhilah Tenripada Arifin (berjilbab) (Ist) Sumber daya manusia (SDM) menjadi bagian penting yang tak bisa dipisahkan untuk mengembangkan beragam potensi wisata di Indonesia hingga ke mancanegara untuk menarik turis

Festival

Sambut Imlek di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Szechuan Prawn Sauce (Ist) Suatu budaya memiliki beragam keunikan yang kaya akan simbol-simbol dan tradisi. Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek atau ‘Sintjia’ merupakan momen yang sangat dinantikan. Tahun baru

Destinations

Menpar Arief Yahya ‘Disentil’ Perkembangan KEK Pariwisata Mandalika

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB (Ist) Raut wajah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun sempat memerah ketika LA Hadi Faishal, Wakil Ketua

Travel Operator

Wonderful Indonesia Quiz 2017

Semarang yang terkenal dengan Kelenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi pemenang Wonderful Indonesia Quiz 2017 (Ist) Kuis Wonderful Indonesia adalah salah satu program unggulan di Voice of Indonesia. Tujuan dari kuis

Travel Operator

Bali Terpilih Jadi Venue Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia

Pembukaan Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia (Ist) Sebagai destinasi favorit wisatawan mancanegara, Bali dipilih sebagai venue Rakornas Pendidikan Tinggi Pariwisata Se-Indonesia. Tak salah memang Pulau Dewata dipilih lantaran dosen dan mahasiswa