Kabar Baik untuk Pariwisata Pulau Dewata Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka

WhatsApp Image 2017-10-05 at 16.17.57

Menteri Pariwisata berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist)

Setelah sempat ditutup dampak erupsi Gunung Agung di Bali, Bandara Ngurah Rai Bali dinyatakan dibuka, Jumat sore, 29 November 2017 pukul 15.00 WITA. Akses dari dan menuju Pulau Dewata Bali bisa dilalui kembali oleh wisatawan.

Keputusan itu disimpulkan dalam rapat di Ruang EOC (Emergency Operation Centre) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Mereka rapat dalam rangka Evaluasi Kondisi Terkini Erupsi Gunung Agung Bali. Rapatnya sendiri dilangsungkan siang ini jam 13.00 WIB.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Otban Wil. IV Denpasar. Peserta rapatnya terdiri dari GM PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Ka Kantor Otban Wil IV Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, GM Airnav Cabang Denpasar, Ka BMKG Ngurah Rai, Ketua AOC Denpasar, Kapolsek KP3U Bandara IGNR dan Basarnas Bali.

Kesimpulannya, VONA sudah turun dari RED ke ORANGE. Maka, terhitung mulai pukul 15.00 WITA, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai status dibuka. “Terima kasih sore ini Bandara Ngurah Rai sudah beroperasi kembali,” komentar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang terus memelototi menit demi menit situasi Bali.

Dia berharap, Bali segera normal, akses menuju Pulau dengan predikat Best Destination in The World 2017 versi TripAdvisor itu segera pulih. Apalagi, mendekati akhir tahun, saatnya Bali menerima kedatangan wisatawan di peak seasons.

Menpar Arief Yahya memang paling getol mempersiapkan segala hal terkait erupsi Gunung Agung, Bali. Sebab, baginya Bali adalah 40% wisman ke Indonesia. Bali adalah product utama pariwisata. “Iya, dalam industri pariwisata, destinasi adalah product. Originasi adalah customers, maka kita harus tahu mengalokasikan perhatian ke produk unggulan dan customers utamanya,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (29/11/2017).

Jauh hari sebelum erupsi, 5 Oktober 2017 lalu Menpar Arief Yahya sudah berkunjung ke Bali untuk menyiapkan segala sesuatunya jika bencana alam terjadi. Dia sudah sampai ke zona merah di Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari puncak Gunung Agung.

Arief ingin menunjukkan ke publik dan netizen bahwa Bali masih oke, saat itu. Bali masih aman, hampir dua bulan lalu. Setiap minggu Arief Yahya ke Bali untuk mengumpulkan industri, mengajak bicara komunitas yang bergerak di sektor pariwisata.

Sampai pada kesimpulan, hari pertama saat cancellation terjadi, semua akomodasi harus free of charge. Hari berikutnya baru di atas 50% diskon. “Ini adalah long term investment, membangun loyalty customers, agar Bali semakin di hati di mata wisatawan,” kata Ariwf Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Peran Endorser Promosikan Pariwisata Babel Besar

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka dan memberi sambutan pada Launching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi meluncurkan Festival

World Heritage

Menteri Pariwisata Targetkan Destinasi Wisata Tersertifikasi Pariwisata Berkelanjutan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan semua destinasi wisata di Indonesia bisa tersertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia. “Target Indonesia

Cuisine

Hotel Neo Samadikun Cirebon Lestarikan Kuliner Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Tradisi kuliner Cirebon selama ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik bagi wisatawan Nusantara maupun turis asing ketika mereka berkunjung ke Kota Udang ini.

Airlines

Kejayaan Kerajaan Masa Lampau Inspirasi Festival Sriwijaya 2019

Keindahan Jembatan Ampera di atas Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan di malam hari (Ist) Kejayaan Kerajaan Sriwijaya kuno pada masa lampau menjadi inspirasi penyelengaraan Festival Sriwijaya yang berlangsung mulai

Nature

Presiden Jokowi Minta Publikasi Asian Games 2018 Lebih Gencar

Presiden Jokowi (peci hitam) (Sekretariat Presiden) Presiden Jokowi minta event Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, agar dipublikasikan

Cuisine

Kuliner Khas Cirebon yang Khas

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Cirebon tak perlu menunggu ketika musim libur tiba sebab bisa dilakukan kapan pun, bahkan termasuk saat akhir pekan.  Kini traveler