Kalsel Diminta Tetapkan Ikon Destinasi Wisata Unggulan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta untuk segera menetapkan ikon destinasi wisata unggulan untuk mempermudah upaya promosi sehingga lebih dikenal wisatawan.

Dalam kunjungan kerja ke Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menilai Kalsel mempunyai banyak potensi wisata yang bisa mencapai taraf kelas dunia.

“Kalsel jika ingin menjadi destinasi wisata dunia harus menentukan destinasi unggulan yang tepat,” ujar Menpar Arief saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah Kalimantan Selatan bertema Arah dan Kebijakan Pengembangan Pariwisata dalam Menyambut Visit Kalsel 2020 yang berlangsung di Hotel Best Western Banjarmasin pada Selasa (13/8/2019).

Menurut Menpar Arief, ada beberapa Top Destinasi Kalsel yang bisa dipromosikan menjadi wisata kelas dunia, yaitu Geopark Meratus, kawasan Loksado, Pasar Terapung Lok Baintan, dan Susur Sungai Banjarmasin. Diantara destinasi-destinasi tersebut, Menpar Arief menjagokan Pegunungan Meratus sebagai destinasi unggulan.

“Kalau yang dipilih adalah Pegunungan Meratus kita akan berjuang bersama mendapat UNESCO Global Geopark (UGG),” tegas Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Adapun Geopark Meratus sudah ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada 30 November 2018 lalu dan sedang diusahakan mendapat pengakuan dunia melalui pendaftaran UGG.

Namun, ia menyatakan, apapun keputusannya, destinasi wisata unggulan pilihan Kalsel akan mendapat dukungan penuh dari Kemenpar.

Dalam pengembangan pariwisata Kalsel, Menpar meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk memperhatikan tiga hal.

“Mengembangkan destinasi rumusnya 3A yaitu Atraksi, Akses, dan Amenitas,” ujar Menpar Arief.

Pada kesempatan itu hadir 200 peserta dari Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kalsel dan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalsel dalam acara yang bertempat di Destinasi Pariwisata Kawasan Kiram Park Gunung Mawar Geopark Meratus Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk sisi atraksi, Pemerintah Kalsel mulai gencar menyelenggarakan berbagai festival.

Sementara Deputi Bidang pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman melaporkan pada 2018 telah terlaksana 34 Festival di Kalimantan Selatan dengan 2 Festival unggulan yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kemenpar yaitu Festival Budaya Wisata Pasar Terapung dan Festival Wisata Loksado.

Sedangkan untuk sisi aksesibilitas, Menpar Arief berharap Kalsel segera membangun bandara internasional dan lebih banyak lagi penerbangan langsung (direct flight).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Rudy Resnawan.

Ia menyatakan bahwa pembenahan sarana dan prasarana terus berjalan khususnya dalam menyambut program Visit Kalsel 2020.

“Pembenahan pariwisata Kalsel terutama dari aspek destinasi, akses, dan amenitas sampai menjadi produk pariwisata layak jual memerlukan dana yang besar, sehingga perlu ada sinergitas antar Lintas Sektor,” ujar Rudy Resnawan.

Sementara itu, menurut Menpar Arief, konsep paling cocok atau solusi terbaik untuk Kalsel adalah Pengembangan Nomadic Tourism, bisa berbentuk karavan dan area glamping.

“Untuk para pengusaha pertimbangkan Nomadic Tourism karena Kalsel punya banyak destinasi wisata alam,” saran Menpar Arief kepada para pelaku industri pariwisata di Kalsel.

Pada 2017 silam, jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Kalsel tercatat sebanyak 3 juta orang dan wisatawan mancanegara 14 ribu orang dengan target pertumbuhan tahun 2018 sebesar 10 persen untuk wisman dan 20 persen untuk wisnus. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Ketika Arief Yahya Melambungkan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Tidak ada kata terlambat bagi seorang Arief Yahya. Sejak 2014 lalu dirinya dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja dan Arief Yahya pun langsung

SightSeeing

Promosi Pariwisata Indonesia tak Pernah Berhenti

Wonderful Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Dan, kini mulai terlihat hasilnya dengan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk turis asal Tiongkok ke

Hotel

Nasi Goreng Kelapa Muda Disajikan Dalam Batok Kelapa

Nasi Goreng Kelapa Muda Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Siapa yang tidak kenal dengan Nasi Goreng? Masakan lezat ini masih menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya di

Slideshow

Belajar Kearifan Lokal dari Masyarakat Papua

Melestarikan kearifan lokal Papua (Ist) Seiring perkembangan teknoloogi di era modernisasi ini, kerajinan tradisional seolah lenyap ditelan zaman. Kondisi seperti ini tentunya menjadi sangat tragis jika anak cucu penerus negeri

Cuisine

Menanti Money Changer di Tanjung Lesung

Wisatawan menikmati traveling di Tanjung Lesung (Ist) Sebagai upaya mendukung pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Bank Indonesia berencana membuka jaringan money changer. Hal tersebut iungkapkan Kepala Kantor Perwakilan

Slideshow

Peringati Hari Kartini, EL JOHN Indonesia Gelar EL JOHN Kartini Week 2019

  Ibu Kartini Indonesia 2019 (Ist) Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Yayasan EL JOHN Indonesia kembali menyelenggarakan EL JOHN Kartini Week (EKW) 2019 yang dilangsungkan  di Mosaic Walk, Kota Kasablanka,