Kapal Pesiar MS Silver Discover Sandar di Banyuwangi

kapal pesiar di banyuwangi

Menyambut turis asing yang menggunakan kapal pesiar di Banyuwangi (Ist)

Pertama dalam sejarah kapal pesiar MS Silver Discover sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal berbendera Bahama dengan panjang 102 meter berhasil sandar di Banyuwangi pada  Kamis (20/10/2016) pukul 06.00 WIB.

“MS Silver Discover merupakan kapal perdana yang sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, kapal ini membawa sedikitnya 81 wisatawan asing dari berbagai negara dan 150 kru kapal,” ujar General Manager PT Pelindo III Tanjung Wangi Bangun Swastanto dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Bangun Swastanto kembali menjelaskan bahwa Pelabuhan Tanjung Wangi memiliki fasilitas dermaga sepanjang 543 meter dengan kedalaman mencapai -12 s.d -14 Meter Low Water Spring (MLWS).

Dermaga yang disandari kapal pesiar tersebut  telah memenuhi persyaratan keamanan internasional, yaitu dengan comply International Ship and Port Facility Security (ISPS Code) sehingga semua kapal internasional dapat langsung sandar.

Menariknya tarian daerah dan alunan lagu gamelan khas Banyuwangi menyambut para penumpang kapal cruise ketika mereka turun untuk melanjutkan berwisata di Banyuwangi. 

Penyambutan para turis  dengan pertunjukan tari gandrung dan penari rodat  yang merupakan kesenian khas hadrah Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Bangun memberikan kalungan bunga kepada kapten kapal yang menakhodai kapal MS Silver Discover sebagai bentuk keramahtamahan dan ucapan selamat datang di Pelabuhan Tanjung Wangi.

Para wisatawan juga disuguhi aneka suvenir dan makanan kecil yang tersaji dalam beberapa stan yang diatur dengan menarik.

Penyambutan kapal pesiar ini dikemas dengan apik, pasalnya pelaksanaannya dilakukan melalui sinergi antara Pelindo III dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Tidak hanya tim kesenian yang memberikan sambutan selamat datang, namun Kepala Dinas Pariwisata Kota Banyuwangi juga turut hadir dalam penyambutan kapal pesiar perdana tersebut.

Bangun Swastanto kembali menjelaskan bahwa Pelindo III telah berkomitmen untuk  turut serta meningkatkan kunjungan wisatawan melalui kapal pesiar di Indonesia khususnya diwilayah Banyuwangi.

Tercatat sedikitnya 130 kapal pesiar telah  berkunjung pada pelabuhan di wilayah Pelindo III pada 2015 lalu. Di Pelabuhan Banyuwangi, Pelindo III telah melakukan kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk pengembangan wisata di Boom Marina Banyuwangi yang merupakan wilayah Pelindo III.

“Lokasi wisata di Banyuwangi sangat menarik, ada beberapa tempat yang sudah terkenal di penjuru dunia, salah satunya Kawah Ijen yang memiliki keunggulan blue fier dan hanya ada di dua negara di dunia,” tambah Bangun.

“Selain wilayahnya yang unik, Pemerintah Banyuwangi juga sangat bagus dalam manajemen promosi wilayahnya. Semangat inilah yang mendorong Pelindo III untuk berinvestasi menyiapkan sarana prasarana fasilitas pariwisata dengan pengembangan Pelabuhan Boom menjadi Boom Marina Banyuwangi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi Mohamad Yanuarto Bramuda saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Wangi menyampaikan bahwa pemerintah men-support penuh kegiatan kunjungan cruise di Banyuwangi.

“Kami telah menyiapkan destinasi wisata berbasis ecotourism di Banyuwangi sekaligus memberikan suguhan yang paling menarik dan pelayanan berkesan bagi wisatawan cruise ini sehingga dapat terus merangsang jumlah wisatawan asing untuk berkunjung di Kabupaten Banyuwangi,” ujar Brahmanto.

Ketika ditanya masalah jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi, Bramuda menyampaikan bahwa terjadi lonjakan kunjungan turis baik domestik maupun mancanegara.

“Untuk kunjungan turis mancanegara selama periode tahun 2015, tak kurang dari 40.000 wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. “Kami optimis untuk tahun 2016 ini turis mancanegara bisa mencapai 50.000 wisatawan,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Selena Gomez Sukses Konser di ICE

Konser Selena Gomez (Ist) Selena Marie Gomez atau yang lebih akrab disapa Selena Gomez sukses menghibur ribuan Selenator -sebutan fans Selena Gomez- dalam konsernya ‘Revival Tour’ di Indonesia Convention Exhibition

Cuisine

Jogja Fashion Rendezvous 2017 Ikut Melestarikan Kain Tradisional Nusantara

Rika Hermalin, desainer asal Semarang, Jawa Tengah (tengah) yang ikut tampil dalam Jogja Fashion Rendezvous 2017 (Ist) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diketahui tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia, budaya khas

Indonesiaku

Dirgahayu RI ke-71

Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan Dirgahayu RI ke-71 Semoga pariwisata Indonesia semakin diminati wisatawan mancanegara dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat negeri ini

Hotel

Menikmati Ramadan di Pinggiran Bandung

Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh berkah yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Menarik menjalankan ibadah di bulan penuh rahmat ini sambil wisata bersama keluarga. Tak salah memang pilihan

Airlines

Plaza Atrium Dukung Promosi Pariwisata Indonesia

Nabella Purnomo (kiri), pemilik Nabella Salon yang ada di Plaza Atrium (Ist) Manajemen Plaza Atrium merencanakan pada tahun depan akan mengadakan pameran yang berkaitan dengan promosi pariwisata Indonesia. Hal tersebut

Slideshow

Sharing Experience Bisa Menarik Wisatawan Mancanegara Semakin Berkunjung ke Indonesia

Pariwisata Indonesia selama ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman). Banyak turis asing yang berkunjung ke negeri ini. Bali selama ini masih menjadi tujuan utaman wisatawan asing ke Indonesia. Selama