Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak

Pelindo III_1

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (Ist)

Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay, Selasa (1/11/2017). Pengunjung yang datang dari Kota Surabaya dan kawasan sekitarnya memadati roof top terminal penumpang kapal laut modern yang dikelola oleh PT Pelindo III tersebut.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan bahwa hal ini menunjukkan animo warga Surabaya pada wisata maritim sudah semakin tinggi. Berdasarkan data Pelindo III, tahun 2017 tercatat beberapa kapal pesiar yang telah singgah di Pelabuhan Tanjung Perak, seperti MS Seabourn Encore, MV Volendam, MV Artania, MS Silver Shadow, dan MS Genting Dreams dengan kapasitas 5000 penumpang yang baru akan singgah pada Desember mendatang.

“Semakin besar, megah, dan mewah kapal pesiar yang singgah, maka jumlah turis mancanegara yang datang akan semakin banyak. Sehingga potensi ekonomi Surabaya North Quay sebagai sentra untuk memasarkan produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan jajanan lokal pun semakin tinggi,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Karenanya PT Pelindo III mengajak serta belasan UKM binaannya untuk membuka gerai dan menawarkan produk makanan dan kerajinan lokal kepada para turis cruise dan wisatawan lokal yang datang. Adapun Seabourn Encore dengan bobot 40.350 GT, panjang 198 meter, dan lebar 25 meter tersebut sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak tepat pukul 09.00 WIB dan lepas tali pada hari yang sama pukul 18.00 WIB.

Kapal yang berbendera Bahamas tersebut membawa sekitar 450 penumpang. “Sekitar 120 orang penumpang yang turun disambut oleh penampilan Tarian Reog Ponorogo yang meriah. Beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya juga menyambut mereka dengan ramah, sembari menawarkan berbagai paket wisata seputaran Surabaya,” kata Faruq Hidayat lagi.

Kota Surabaya semakin siap untuk menyerap peluang ekonomi dari kapal pesiar yang datang di Pelabuhan Tanjung Perak. Hal ini terlihat dari semakin beragamnya paket wisata yang ditawarkan pada para turis cruise. Ada tiga paket wisata yang ditawarkan, pertama yaitu Surabaya Discovery Tour yang mengunjungi Patung Djoko Dolog – Balai Kota – Monumen Kapal Selam – Pasar Bunga Kayoon – House of Sampoerna.

Paket yang kedua merupakan ekowisata yang di-branding sebagai Mangrove Sea Side of Surabaya untuk mengunjungi budidaya bakau di Wonorejo Rungkut. Paket wisata yang ketiga ialah Trowulan Tour yang mengeksplorasi situs bersejarah Majapahit.

Sementara para turis yang tidak menggunakan jasa biro wisata memilih untuk tetap berada di kapal atau menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mulai dari free wifi, suaasanaroof top lantai 3 dengan pemandangan pelabuhannya, serta adanya aneka gerai UKM yang berada di lantai 1, selain itu juga tersedia pusat jajanan dan makanan lokal.

“Kolaborasi antara kesiapan pelayanan pelabuhan prima oleh Pelindo III dan tersedianya beragam paket wisata yang ditawarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi sinergi bersama antara BUMN dan Pemerintah demi mengembangkan pariwisata di Kota Pahlawan,” pungkas Faruq Hidayat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

ICE Gairahkan Industri MICE di Asia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Keberadaan Indonesia

Nature

Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Terbang ke Silangit

Pesawat Garuda Indonesia (Ist)  Manajemen maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia memastikan akan menambah pesawat dan jam penerbangan rute Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara. Begitu juga rute sebaliknya. Rencana penerbangan itu akan

Heritage

Ethnic on Stage, Melestarikan Budaya Bangsa

Terdorong keinginan kuat untuk mengangkat dan memajukan kain tradisional yang bernuansa etnik sebagai kekayaan masyarakat dan bangsa Indonesia, maka perancang busana Lindy Ann Umarhadi memutuskan menggelar pergelaran tunggal perdana dengan

Hotel

patainanews.com Mengucapkan Selamat HUT ke-56 Kabupaten Takalar

Pesona wisata di Kabupaten Takalar (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat HUT ke-56 Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada 10 Februari 2016. Semoga beragam destinasi wisata, budaya setempat yang

Investments

PT Pelindo III Perusahaan Informatif di Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia III ditetapkan sebagai salah satu dari 10 BUMN terinformatif oleh Komisi Informasi Pusat. Penetapan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat John Fresly di hadapan Wakil

Festival

Wonderful Noon Kibarkan Joglosemar

Peserta Wonderful Noon (Ist) Agenda Kementerian Pariwisata yang melibatkan penggiat digital selalu sukses berkibar jadi trending topic nasional. Setelah GenPi Jateng dan GenPi Aceh, Rabu (3/5/2017), giliran blogger, vlogger dan