Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak

Pelindo III_1

Kapal Pesiar Seabourn Encore Tiga Kali Singgahi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (Ist)

Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay, Selasa (1/11/2017). Pengunjung yang datang dari Kota Surabaya dan kawasan sekitarnya memadati roof top terminal penumpang kapal laut modern yang dikelola oleh PT Pelindo III tersebut.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan bahwa hal ini menunjukkan animo warga Surabaya pada wisata maritim sudah semakin tinggi. Berdasarkan data Pelindo III, tahun 2017 tercatat beberapa kapal pesiar yang telah singgah di Pelabuhan Tanjung Perak, seperti MS Seabourn Encore, MV Volendam, MV Artania, MS Silver Shadow, dan MS Genting Dreams dengan kapasitas 5000 penumpang yang baru akan singgah pada Desember mendatang.

“Semakin besar, megah, dan mewah kapal pesiar yang singgah, maka jumlah turis mancanegara yang datang akan semakin banyak. Sehingga potensi ekonomi Surabaya North Quay sebagai sentra untuk memasarkan produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan jajanan lokal pun semakin tinggi,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Karenanya PT Pelindo III mengajak serta belasan UKM binaannya untuk membuka gerai dan menawarkan produk makanan dan kerajinan lokal kepada para turis cruise dan wisatawan lokal yang datang. Adapun Seabourn Encore dengan bobot 40.350 GT, panjang 198 meter, dan lebar 25 meter tersebut sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak tepat pukul 09.00 WIB dan lepas tali pada hari yang sama pukul 18.00 WIB.

Kapal yang berbendera Bahamas tersebut membawa sekitar 450 penumpang. “Sekitar 120 orang penumpang yang turun disambut oleh penampilan Tarian Reog Ponorogo yang meriah. Beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya juga menyambut mereka dengan ramah, sembari menawarkan berbagai paket wisata seputaran Surabaya,” kata Faruq Hidayat lagi.

Kota Surabaya semakin siap untuk menyerap peluang ekonomi dari kapal pesiar yang datang di Pelabuhan Tanjung Perak. Hal ini terlihat dari semakin beragamnya paket wisata yang ditawarkan pada para turis cruise. Ada tiga paket wisata yang ditawarkan, pertama yaitu Surabaya Discovery Tour yang mengunjungi Patung Djoko Dolog – Balai Kota – Monumen Kapal Selam – Pasar Bunga Kayoon – House of Sampoerna.

Paket yang kedua merupakan ekowisata yang di-branding sebagai Mangrove Sea Side of Surabaya untuk mengunjungi budidaya bakau di Wonorejo Rungkut. Paket wisata yang ketiga ialah Trowulan Tour yang mengeksplorasi situs bersejarah Majapahit.

Sementara para turis yang tidak menggunakan jasa biro wisata memilih untuk tetap berada di kapal atau menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mulai dari free wifi, suaasanaroof top lantai 3 dengan pemandangan pelabuhannya, serta adanya aneka gerai UKM yang berada di lantai 1, selain itu juga tersedia pusat jajanan dan makanan lokal.

“Kolaborasi antara kesiapan pelayanan pelabuhan prima oleh Pelindo III dan tersedianya beragam paket wisata yang ditawarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi sinergi bersama antara BUMN dan Pemerintah demi mengembangkan pariwisata di Kota Pahlawan,” pungkas Faruq Hidayat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist)  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan

Nature

Ketika Dunia Melihat GMT 2016 di Palembang

Turis asing (kanan) tampak senang berpose bersama dengan masyarakat yang menonton gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret 2016 di Jembatan Ampera, Palembang Nama Indonesia melambung di pentas internasional

Festival

Ingin Tahu Perkembangan Pariwisata Indonesia, Ikut PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 semakin dekat. Event pariwisata internasional ke-39 pada tahun ini akan digelar di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City,

Nature

GFNY, Lombok Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat atas sukses Ajang Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia 2017 di

Nature

Hotel Penuh untuk GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) rupanya sudah diantisipasi para pelaku industri pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, langkah itu

World Heritage

Jangan Lupa Pempek Saat Melihat GMT 2016 di Palembang

Pempek Tince (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang akan terjadi di Indonesia pada Rabu, 9 Maret mendatang tersebar di 12 provinsi. Salah satunya terjadi di Palembang,