Karnaval Jalan Cantik dan Keren Nusantara 2016

tim

Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016.

Penyelenggaraan event memperingati Hari Kartini 21 April 2016 tersebut akan berlangsung pada hari Minggu (car free day) 24 April 2016 yang dimulai dari halaman Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar menuju Sarinah dan kembali ke kantor Kemenpar.

Event karnaval yang diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan berbagai macam busana Nusantara tersebut akan menggambarkan tema peringatan Hari Kartini 2016, yakni ‘Semangat Kartini Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berbudaya’ serta menjadi atraksi wisata menarik sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 dalam upaya mengingatkan kembali dan memahami makna perjuangan Ibu Kartini untuk kaum perempuan Indonesia khususnya perempuan di Jakarta, memberi dukungan dan kesempatan untuk mengapresiasikan dan mengaktualisasi diri, serta menjalin kelangsungan silaturahmi satu sama lainnya.

“Even karnaval seperti ini merupakan atraksi yang menarik dan menjadi sarana promosi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Jakarta, yang menjadi pintu masuk utama wisman (great) selain great Bali dan great Batam yang memberikan kontribusi hingga 90% dari total kunjungan wisman ke Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (22/4/2016).

Menpar Arief Yahya mengatakan, even Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan menarik perhatian masyarakat luas dan akan menjadi obyek menarik untuk berfoto selfi kemudian disebarluaskan melalui media sosial sehingga menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata.

Menurut panitia penyelenggara Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan pakaian Nusantara. Peserta dengan penampilan terbaik akan diberikan rewarding sebagai best performance & customs.

Karnaval juga disemarakan dengan art performance yang menampilkan parade ondel-ondel, parade Abang dan None Jakarta, parade Koko Cici, dan marching band. Selain itu dimeriahkan pula dengan penyelenggaraan bazaar kuliner Nusantara bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) yang berlangsung di halaman kantor Kemenpar.

Acara launching Jalan Cantik & Keren Etnik Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman disemarakan dengan pembacaan puisi, paduan suara dari Santa Ursula, demo membantik dari Museum Tekstil Jakarta, talkshow speech tiga tokoh nasional, fesyen show batik & tenun, dan demo kecantikan dari Kose. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Rayakan HUT RI ke-71 di Tanjung Lesung

Berita Foto: Dapatkan harga spesial perayaan Kemerdekaan RI ke-71 mulai dari Rp900 ribuan di Tanjung Lesung Beach Hotel. (Ist)

Destinations

BPPD Soppeng Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan di Sulsel

Kepala BPPD Soppeng Farouk Adam (kedua dari kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) BPPD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kesempatan menghadiri Rakernas ASITA II sebagai ‘peninjau’ atas undangan

Tourism

Pariwisata Indonesia Perlu Dikembangkan Hingga ke Mancanegara

Menteri PPN Andrinof Chaniago dan Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama Banyak pilihan wisata ke berbagai tempat yang menawarkan keindahan dan pesona wisata. Dari sekian banyak tempat yang tersebar, Pulau

Destinations

Asa Besar Menggelar Indonesia Travel Mart

Wisatawan asing di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Upaya menggelar Indonesia Travel Mart sepertinya bukan lagi sekadar mimpi sebab pemerintah dan ASITA akan merealisasikan hal tersebut sebab selaras dengan usaha pemerintah

Hotel

Menuju Karawang Fashion Culture 2018

Berita Foto; Pemerintah kabupaten Karawang, Jawa Barat bersama desainer ternama Handy Hartono sepakat mengelar Karawang Fashion Culture 2018 bertempat di venue Resinda Park Mall yang akan digelar mulai 2 hingga 6

Festival

Diplomasi Kuliner untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

Diplomasi kuliner Indonesia di Belgia (Ist) Kuliner khas Nusantara rupanya diminati saat dipromosikan diberbagai acara di belahan dunia. Demikian juga yang terjadi di Brussels, Belgia. Acara resepsi diplomatik KBRI Brussels