Karnaval Jalan Cantik dan Keren Nusantara 2016

tim

Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016.

Penyelenggaraan event memperingati Hari Kartini 21 April 2016 tersebut akan berlangsung pada hari Minggu (car free day) 24 April 2016 yang dimulai dari halaman Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar menuju Sarinah dan kembali ke kantor Kemenpar.

Event karnaval yang diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan berbagai macam busana Nusantara tersebut akan menggambarkan tema peringatan Hari Kartini 2016, yakni ‘Semangat Kartini Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berbudaya’ serta menjadi atraksi wisata menarik sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 dalam upaya mengingatkan kembali dan memahami makna perjuangan Ibu Kartini untuk kaum perempuan Indonesia khususnya perempuan di Jakarta, memberi dukungan dan kesempatan untuk mengapresiasikan dan mengaktualisasi diri, serta menjalin kelangsungan silaturahmi satu sama lainnya.

“Even karnaval seperti ini merupakan atraksi yang menarik dan menjadi sarana promosi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Jakarta, yang menjadi pintu masuk utama wisman (great) selain great Bali dan great Batam yang memberikan kontribusi hingga 90% dari total kunjungan wisman ke Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (22/4/2016).

Menpar Arief Yahya mengatakan, even Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan menarik perhatian masyarakat luas dan akan menjadi obyek menarik untuk berfoto selfi kemudian disebarluaskan melalui media sosial sehingga menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata.

Menurut panitia penyelenggara Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan pakaian Nusantara. Peserta dengan penampilan terbaik akan diberikan rewarding sebagai best performance & customs.

Karnaval juga disemarakan dengan art performance yang menampilkan parade ondel-ondel, parade Abang dan None Jakarta, parade Koko Cici, dan marching band. Selain itu dimeriahkan pula dengan penyelenggaraan bazaar kuliner Nusantara bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) yang berlangsung di halaman kantor Kemenpar.

Acara launching Jalan Cantik & Keren Etnik Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman disemarakan dengan pembacaan puisi, paduan suara dari Santa Ursula, demo membantik dari Museum Tekstil Jakarta, talkshow speech tiga tokoh nasional, fesyen show batik & tenun, dan demo kecantikan dari Kose. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

Bali Aman untuk Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist)  Gubernur Bali Made Mangku Pastika terus mengawal penanganan isu erupsi Gunung Agung di Karangasem. Sebanyak 33 konsulat jenderal dan honorary

Heritage

Bukber, Nikmati Kuliner Khas Tradisional Nusantara di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Ramadan Buffet Dinner (Ist) Berpuasa pada bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu kebahagiaan orang yang melaksanakan puasa adalah pada saat berbuka puasa. Setelah

World Heritage

Kuliner Khas Cirebon yang Khas

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Cirebon tak perlu menunggu ketika musim libur tiba sebab bisa dilakukan kapan pun, bahkan termasuk saat akhir pekan.  Kini traveler

Cuisine

Halimah Munawir Anwar dan Atalia Ridwan Kamil Ukir Prestasi Gemilang Akhir 2017

Halimah Munawir Anwar (kiri) bersama Atalia Praratya, istri Walikota Bandung Ridwan Kamil (Ist) Halimah Munawir Anwar mengaku bersyukur bisa menutup tahun 2017 dengan prestasi manis. Ia bersama Atalia Praratya, istri Walikota

Cuisine

Sriwijaya Air Dukung Anugerah Pesona Indonesia 2018

Foto bersama jumpa pers Anugerah Pesona Indonesia 2018 Tanpa terasa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia (API) telah menginjak penyelengaraan tahun ketiga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia penyelenggara terus melakukan evaluasi dan perbaikan

Tourism

Menikmati Live Music dari Ketinggian

City Night Sounds (Ist) Restoran dengan konsep rooftop dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi primadona generasi milenial karena desainnya yang unik berlokasi di atas bangunan dengan pemandangan kota dari ketinggian. Salah