Karnaval Jalan Cantik dan Keren Nusantara 2016

tim

Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016.

Penyelenggaraan event memperingati Hari Kartini 21 April 2016 tersebut akan berlangsung pada hari Minggu (car free day) 24 April 2016 yang dimulai dari halaman Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar menuju Sarinah dan kembali ke kantor Kemenpar.

Event karnaval yang diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan berbagai macam busana Nusantara tersebut akan menggambarkan tema peringatan Hari Kartini 2016, yakni ‘Semangat Kartini Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berbudaya’ serta menjadi atraksi wisata menarik sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 dalam upaya mengingatkan kembali dan memahami makna perjuangan Ibu Kartini untuk kaum perempuan Indonesia khususnya perempuan di Jakarta, memberi dukungan dan kesempatan untuk mengapresiasikan dan mengaktualisasi diri, serta menjalin kelangsungan silaturahmi satu sama lainnya.

“Even karnaval seperti ini merupakan atraksi yang menarik dan menjadi sarana promosi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Jakarta, yang menjadi pintu masuk utama wisman (great) selain great Bali dan great Batam yang memberikan kontribusi hingga 90% dari total kunjungan wisman ke Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (22/4/2016).

Menpar Arief Yahya mengatakan, even Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan menarik perhatian masyarakat luas dan akan menjadi obyek menarik untuk berfoto selfi kemudian disebarluaskan melalui media sosial sehingga menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata.

Menurut panitia penyelenggara Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 akan diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan pakaian Nusantara. Peserta dengan penampilan terbaik akan diberikan rewarding sebagai best performance & customs.

Karnaval juga disemarakan dengan art performance yang menampilkan parade ondel-ondel, parade Abang dan None Jakarta, parade Koko Cici, dan marching band. Selain itu dimeriahkan pula dengan penyelenggaraan bazaar kuliner Nusantara bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) yang berlangsung di halaman kantor Kemenpar.

Acara launching Jalan Cantik & Keren Etnik Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman disemarakan dengan pembacaan puisi, paduan suara dari Santa Ursula, demo membantik dari Museum Tekstil Jakarta, talkshow speech tiga tokoh nasional, fesyen show batik & tenun, dan demo kecantikan dari Kose. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Crossborder Music Festival Atambua 2019

Ajang Crossborder Music Festival Atambaua 2019 (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses menjaring wisatawan Timor Leste ke Indonesia lewat ajang CrossborderMusic Festival Atambua 2019 yang digelar di Lapangan Simpang Lima, Sabtu

Tourism

ASTINDO Jakarta Perkenalkan Pesan Online

Pariwisata Indonesia (Ist) Kecanggihan teknologi membuat dunia beruhah. Tak bisa dipungkiri berbagai kehidupan manusia, termasuk sektor pariwisata seakan tak bisa dipisahkan dengan teknologi modern. Ya, kini wisatawan dimanjakan dengan kemudahan

Airlines

Mencari Putri Pariwisata Indonesia 2017 Penerus Lois Merry Tangel

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Yayasan El John Indonesia akan menggelar kontes pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Event tahunan untuk generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan yang akan ikut mempromosikan

Tour Package

BRI Dukung Lomba Foto 10 Bali Baru

Berita Foto: PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mendukung lomba foto dan cerita Wastra Nusantara di 10 Bali baru (Ist)

Heritage

Lampung Selatan Siap Jadi KEK Pariwisata

Launching Lampung Krakatau Festival 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mendorong setiap daerah untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. Sebelumnya sudah ada dua provinsi yang mengusulkan KEK, yaitu Jawa Barat

Destinations

Sambut Ramadan bersama Mercure Jakarta Sabang

Ramadan 1439 H di Hotel Mercure Jakarta Sabang (Ist) Ramadan 1439 H telah tiba. Menyambut bulan suci ini, Hotel Mercure Jakarta Sabang menawarkan berbagai paket Ramadan yang dapat wisatawan nikmati