Kawasan Mandeh Mengarah Jadi KEK

manderh

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Selatan Zefnihan (paling kiri) berpose bersama Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo (tengah) (Ist)

Mandeh, kawasan wisata yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memiliki target untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tengah berfokus melakukan pengembangan dan pembangunan berbagai sektor, salah satunya adalah melakukan studi banding dan pembelajaran dengan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, kawasan pariwisata yang berhasil dikembangkan PT Banten West Java (BWJ), anak perusahaan dari PT Jababeka Tbk.

“Kawasan Mandeh ini mempunyai potensi besar untuk mensejahterakan masyarakat melalui KEK, oleh karen itu kita ingin sharing ilmu bagaimana persiapan dan pengelolaannya agar bisa menjadi sebuah KEK dengan Jababeka, yang berhasil membangun KEK Pariwisata Tanjung Lesung” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Selatan Zefnihan di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Zefnihan menargetkan dalam dua tahun kedepan, rencana KEK Pariwisata Mandeh sudah dapat tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres).

Ia menjelaskan, untuk menuju KEK, Kawasan Wisata Mandeh menawarkan gugusan pulau yang cantik. Kawasan Mandeh terkenal sebagai danau laut karena memiliki riak air yang tenang.

“Di sini, wisatawan ditawarkan berbagai kegiatan mulai dari menikmati tour boat, diving melihat-lihat cagar alam kapal Belanda, hingga jumping cliff. Banyak sekali view point yang kita tawarkan disini yang akan menjadi daya tarik,” tuturnya.

Zefnihan mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak kendala yang harus dihadapi. Mulai dari kendala di permodalan hingga insfrastruktur. 

“Kendala modal sudah umum tentunya. Selain itu juga bagaimana kita membangun komitmen masyarakat karena pariwisata yang ingin kita bangun ini berbasis kearifan lokal. Lalu juga bagaimana kita saling bersinergi antara pemerintah dan masyarakat, dan yang terakhir adalah kesiapan insfrastruktur disana,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga mengundang para investor untuk berinvestasi di kawasan wisata mandeh tersebut. Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo mengungkapkan bahwa untuk menjadi KEK Pariwisata Tanjung Lesung melalui banyak proses pembangunan, dan saat ini sudah menjadi salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia.

Dengan keberhasilan tersebut, kawasan Mandeh dapat melakukan pembelajaran dengan KEK Pariwisata Tanjung Lesung. Kawasan Mandeh berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, sekitar 60 kilometer jalur darat dari Padang, Sumatera Barat.

Kawasan dengan luas 18.000 hektar meliputi darat dan lautan ini memiliki potensi pariwisata bahari lengkap berupa teluk dengan gugusan pulau-pulau kecil, hutan mangrove, lokasi penyelaman, dan destinasi wisata minat khusus lainnya.

Kawasan ini diam-diam mulai populer didatangi oleh para wisatawan dalam tiga tahun terakhir. Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Kepala Bappeda Pemkab Pesisir Selatan Zefnihan, Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo dan tamu undangan lainnya.

‘Raja Ampat’ Sumatera

Sementara menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kawasan Mandeh yang merupakan ‘Raja Ampat-nya Sumatera’ dalam pengembangannya,

Kementerian Pariwisata sudah banyak melakukan pembangunan di kawasan tersebut seperti pembangunan Toilet Sehat bersama TNI AL, Homestay dan lainnya. “Saya sudah minta tolong kepada Kepala BKRAF Triawan Munaf, untuk membuatkan desain aristektur Nusantara khusus Sumbar, dengan begonjong, lalu kuliner dan fashionnya,” kata Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Presiden Jokowi Hadir di HPN 2016, Wisman Tetap Ramai di Pantai Kuta Lombok

Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia ketika berkunjung ke Lombok, NTB didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) (Ist)   (Ist) Perhelatan Hari Pers

Tour Package

Mencari Putri Pariwisata Indonesia 2017 Penerus Lois Merry Tangel

Herliansa Chrisnasari Puspita (Ist) Yayasan El John Indonesia akan menggelar kontes pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017. Event tahunan untuk generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan yang akan ikut mempromosikan

Hotel

Selat Lembeh, Ikon Baru Wisata Bahari Sulawesi Utara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) didampingi Rusdi Kirana (batik coklat) hadir pada launching Festival Pesona Selat Lembeh 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata

Slideshow

Menikmati Sehari di Medan

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery (Ist) Ika Suryani Ginting, Ast Marketing Communication Manager Hotel Mercure Jakarta Sabang rupanya seorang woman traveler sebab sejumlah destinasi wisata yang ada di Tanah Air

Airlines

Gabung dalam PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA akan menggelar PATA Travel Mart 2016 di Indonesia. Dan, PATA Indonesia Chapter dipercaya menjadi tuan rumah untuk event pariwisata dunia ini. Adapun penyelenggaraan PATA

Slideshow

Turis Tiongkok Suka Keliling Asia Pasifik

Ilustrasi turis Tiongkok di Indonesia (Ist) Indeks Destinasi Asia Pasifik MasterCard (MasterCard Asia Pacific Destinations Index) memperlihatkan ekspansi wisatawan Tiongkok dalam jumlah besar menuju ke kawasan di Asia Pasifik, dengan