Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

foto bersama ay dan alex noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist)

Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini bakal menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjawab patainanews.com saat jumpa pers Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Palembang siap menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional karena memiliki replika Kabah seusai ukuran aslinya, serta dilengkapi dengan lintasan Tawaf dan Sa’i juga sesuai ukuran sebenarnya,” urainya.

Adapun Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya itu berada di Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Sumatera Selatan. Lokasi asrama haji tersebut selama ini sudah menjadi destinasi wisata religi karena dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunaikan rukum Islam kelima.

“Sudah kerap kali dipakai oleh calon jamaah haji maupun anak-anak TK dan pelajar untuk belajar manasik haji maupun umroh,” terang Alex.

Di areal embarkasi haji itu nantinya akan dilengkapi dengan onta, hotel syariah dan fasilitas lainnya seperti yang ada di Tanah Suci.

Saat ini kawasan tersebut sudah dilengkapi miniatur pesawat supaya masyarakat yang akan pergi haji dapat mengetahui tata cara naik kapal tersebut.

Menurut Alex, pesawat miniatur airbus A330 seri 300 itu sumbangan dari Garuda Indonesia. Pesawatnya berkapasitas 40 seat dan 2 toilet serta 1 pantry. Keberadaan pesawat itu, sambung Alex sangat membantu calon jamaah haji/umroh.
“Maklum sebagian besar jamaah haji/umroh asal Sumsel berasal dari desa-desa dan belum pernah naik pesawat. Di pesawat itu, mereka dilatih memasang seatbelt, pasang masker dan life jacket atau pelampung serta cara menggunakan toilet di pesawat,” terang Alex.
Ia menjelaskan, potensi jamaah haji dan umroh dari Sumsel dan sekitarnya sangat besar. “Karena itu pada 14 Desember 2016 ada direct flight dari Palembang ke Jeddah oleh Garuda Indonesia,” terang Alex.
Faktor pendukung lain Palembang layak menjadi Pusat Manasik Haji Umroh/Haji Nasional, sambung Alek karena di kawasan terpadu embarkasi hajinya juga terdapat Museum Sejarah Islam. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Turis Asing Suka Budaya Indonesia

Hermawan Kartajaya (Ist) Indonesia tidak hanya kaya akan destinasi wisata yang menarik lantaran negeri ini juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik turis asing ketika mereka

Festival

Menteri Pariwisata Ajak Promosikan Destinasi Wisata Nusantara Instagramable

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan Nusantara untuk ikut mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air yang Instagramable sehingga destinasi wisata tersebut semakin dikenal

Indonesiaku

Direksi Pelindo III Lantik Direksi Anak Perusahaan

Pelantikan pejabat di PT Pelindo III (Ist) Sebanyak dua belas orang pejabat struktural di lingkungan Pelindo III dilantik Direksi Pelindo III  di Surabaya, Rabu (1/3/2017). Adapun enam orang pejabat dilantik

World Heritage

Gelar Peduli Gerakan 1000 untuk Kepulauan Seribu

Dear all, Bersediakah menjadi PARTNER GERAKAN1000? Kami membutuhkan 1000 Sponsor dalam Gerakan1000, yaitu :  500 sponsor senilai 1.5jt, komisi = 10% 250 sponsor senilai 5jt, komisi = 10% 150 sponsor senilai

Nature

Jangan Ragu Bawa Oleh-Oleh dari Destinasi Wisata Indonesia

Ilustrasi kaos Lombok (Ist) Sudah sejak lama seolah menjadi tradisi di negeri ini untuk membawa oleh-oleh ketika pulang dari luar kota. Namun, beberapa waktu lalu, sempat ramai di jejaring media

Heritage

Manfaatkan Diskon HUT Kereta Api Pariwisata

Promo HUT ke-8 PT Kereta Api Pariwisata (Ist)  Menyambut ulang tahun PT Kereta Api Pariwisata ke-8 pada 8 September mendatang, manajemen PT Kereta Api Pariwisata memberikan promo spesial untuk para