Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

foto bersama ay dan alex noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist)

Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini bakal menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjawab patainanews.com saat jumpa pers Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Palembang siap menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional karena memiliki replika Kabah seusai ukuran aslinya, serta dilengkapi dengan lintasan Tawaf dan Sa’i juga sesuai ukuran sebenarnya,” urainya.

Adapun Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya itu berada di Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Sumatera Selatan. Lokasi asrama haji tersebut selama ini sudah menjadi destinasi wisata religi karena dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunaikan rukum Islam kelima.

“Sudah kerap kali dipakai oleh calon jamaah haji maupun anak-anak TK dan pelajar untuk belajar manasik haji maupun umroh,” terang Alex.

Di areal embarkasi haji itu nantinya akan dilengkapi dengan onta, hotel syariah dan fasilitas lainnya seperti yang ada di Tanah Suci.

Saat ini kawasan tersebut sudah dilengkapi miniatur pesawat supaya masyarakat yang akan pergi haji dapat mengetahui tata cara naik kapal tersebut.

Menurut Alex, pesawat miniatur airbus A330 seri 300 itu sumbangan dari Garuda Indonesia. Pesawatnya berkapasitas 40 seat dan 2 toilet serta 1 pantry. Keberadaan pesawat itu, sambung Alex sangat membantu calon jamaah haji/umroh.
“Maklum sebagian besar jamaah haji/umroh asal Sumsel berasal dari desa-desa dan belum pernah naik pesawat. Di pesawat itu, mereka dilatih memasang seatbelt, pasang masker dan life jacket atau pelampung serta cara menggunakan toilet di pesawat,” terang Alex.
Ia menjelaskan, potensi jamaah haji dan umroh dari Sumsel dan sekitarnya sangat besar. “Karena itu pada 14 Desember 2016 ada direct flight dari Palembang ke Jeddah oleh Garuda Indonesia,” terang Alex.
Faktor pendukung lain Palembang layak menjadi Pusat Manasik Haji Umroh/Haji Nasional, sambung Alek karena di kawasan terpadu embarkasi hajinya juga terdapat Museum Sejarah Islam. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Datuk Hamzah Rahmat Dipercaya Jadi Direktur Eksekutif FATA

FATA Board Members (Ist) Federasi Asosiasi Perjalanan ASEAN (FATA) telah menyelenggarakan Rapat Dewan dan menunjuk Datuk Hamzah Rahmat sebagai Direktur Eksekutif. Adapun Dewan juga mempertahankan Hamzah untuk menjadi Perwakilan Resmi

Slideshow

Menyelamatkan Jakarta Tanpa Harus Membangun Gedung Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan  Susi Pudjiastuti (ketiga dari kanan) tengah berbincang dengan SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia tengah

Slideshow

Meneg BUMN dan KPK perlu bahas PT Nindya Karya

Tito Hananta Kusuma (Ist) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memblokir rekening PT Nindya Karya senilai Rp44 miliar dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dermaga di Pelabuhan bebas Sabang, Aceh. KPK sebelumnya

Festival

Kemenpar Adakan Workshop Batik di Jepang

Canting batik (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengadakan workshop batik bertema ‘Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop’ di Bunka Gakuen University, Tokyo, Jepang pada Kamis (26/11/2015). Dalam siaran pers

World Heritage

Kapal Pesiar Belanda Bawa Wisman

Kapal Pesiar Volendam (Ist) Kapal pesiar mewah asal Negeri Kincir Angin, Belanda, Volendam bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari ini (7/1/2016). Kapal ini membawa 1400 wisatawan mancanegara (wisman)

Culture

Salahgunakan Bebas Visa, Turis tak Kebal Hukum

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist) Kebijakan bebas visa untuk wisatawan 169 negara masuk ke Indonesia mendapat