Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

foto bersama ay dan alex noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist)

Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini bakal menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjawab patainanews.com saat jumpa pers Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Palembang siap menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional karena memiliki replika Kabah seusai ukuran aslinya, serta dilengkapi dengan lintasan Tawaf dan Sa’i juga sesuai ukuran sebenarnya,” urainya.

Adapun Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya itu berada di Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Sumatera Selatan. Lokasi asrama haji tersebut selama ini sudah menjadi destinasi wisata religi karena dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunaikan rukum Islam kelima.

“Sudah kerap kali dipakai oleh calon jamaah haji maupun anak-anak TK dan pelajar untuk belajar manasik haji maupun umroh,” terang Alex.

Di areal embarkasi haji itu nantinya akan dilengkapi dengan onta, hotel syariah dan fasilitas lainnya seperti yang ada di Tanah Suci.

Saat ini kawasan tersebut sudah dilengkapi miniatur pesawat supaya masyarakat yang akan pergi haji dapat mengetahui tata cara naik kapal tersebut.

Menurut Alex, pesawat miniatur airbus A330 seri 300 itu sumbangan dari Garuda Indonesia. Pesawatnya berkapasitas 40 seat dan 2 toilet serta 1 pantry. Keberadaan pesawat itu, sambung Alex sangat membantu calon jamaah haji/umroh.
“Maklum sebagian besar jamaah haji/umroh asal Sumsel berasal dari desa-desa dan belum pernah naik pesawat. Di pesawat itu, mereka dilatih memasang seatbelt, pasang masker dan life jacket atau pelampung serta cara menggunakan toilet di pesawat,” terang Alex.
Ia menjelaskan, potensi jamaah haji dan umroh dari Sumsel dan sekitarnya sangat besar. “Karena itu pada 14 Desember 2016 ada direct flight dari Palembang ke Jeddah oleh Garuda Indonesia,” terang Alex.
Faktor pendukung lain Palembang layak menjadi Pusat Manasik Haji Umroh/Haji Nasional, sambung Alek karena di kawasan terpadu embarkasi hajinya juga terdapat Museum Sejarah Islam. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Peran Pers Besar dalam Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Media massa dinilai memiliki peran besar dalam ikut memajukan pariwisata Indonesia, utamanya di segi promosi pariwisata Indonesia sehingga bisa dikenal hingga ke mancanegara. Karenanya pemerintah

Slideshow

4 Desember, FPMDI Siap Gelar Syukuran

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) (Ist) Setelah resmi dideklarasikan dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) merencanakan mengadakan tumpengan sebagai bentuk ucapan syukur keberadaan

Airlines

Wonderful Tanjung Lesung

Tanjung Lesung mendukung Post Tour AJTM ke TMII (Ist) Tanjung Lesung, Banten, destinasi wisata di Indonesia yang termasuk 10 Bali baru diperkirakan akan semakin dikenal di dunia, khususnya Eropa lantaran

Slideshow

Lombok Bersiap Menyambut Wisatawan Timur Tengah

Lombok sumbang dua gelar untuk Indonesia dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Menggeliatnya industri pariwisata nasional menjadi peluang untuk menghasilkan devisa besar bagi negara. Dan, hingga saat ini Kementerian

Nature

Selamat Hari Batik Nasional

Avy Loftus (ketiga dari kiri) mampu membuat batik disukai di Kanada (Ist) Peringatan Hari Batik Nasional dilakukan setiap tahun sejak 2 Oktober 2009 silam. Manajemen, staf, dan redaksi patainanews com

World Heritage

Pariwisata Indonesia, Potongan Sorga yang Jatuh ke Bumi

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gli Trawangan, Lombok (Ist) Pariwisata bisa membuat Indonesia menjadi negara maju dan menciptakan masyarakat negeri ini sejahtera.  Deputi Bidang Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata