Ke Palembang, Wisatawan Bisa Belajar Sejarah Islam

foto bersama ay dan alex noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist)

Predikat Palembang di Sumatera Selatan sepertinya bakal bertambah. Selain sudah bisa dipastikan menjadi tujuan wisata olah raga (sport tourism), kota Pempek ini bakal menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjawab patainanews.com saat jumpa pers Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke-IV di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Palembang siap menjadi Pusat Manasik Umroh dan Haji Nasional karena memiliki replika Kabah seusai ukuran aslinya, serta dilengkapi dengan lintasan Tawaf dan Sa’i juga sesuai ukuran sebenarnya,” urainya.

Adapun Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya itu berada di Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Sumatera Selatan. Lokasi asrama haji tersebut selama ini sudah menjadi destinasi wisata religi karena dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunaikan rukum Islam kelima.

“Sudah kerap kali dipakai oleh calon jamaah haji maupun anak-anak TK dan pelajar untuk belajar manasik haji maupun umroh,” terang Alex.

Di areal embarkasi haji itu nantinya akan dilengkapi dengan onta, hotel syariah dan fasilitas lainnya seperti yang ada di Tanah Suci.

Saat ini kawasan tersebut sudah dilengkapi miniatur pesawat supaya masyarakat yang akan pergi haji dapat mengetahui tata cara naik kapal tersebut.

Menurut Alex, pesawat miniatur airbus A330 seri 300 itu sumbangan dari Garuda Indonesia. Pesawatnya berkapasitas 40 seat dan 2 toilet serta 1 pantry. Keberadaan pesawat itu, sambung Alex sangat membantu calon jamaah haji/umroh.
“Maklum sebagian besar jamaah haji/umroh asal Sumsel berasal dari desa-desa dan belum pernah naik pesawat. Di pesawat itu, mereka dilatih memasang seatbelt, pasang masker dan life jacket atau pelampung serta cara menggunakan toilet di pesawat,” terang Alex.
Ia menjelaskan, potensi jamaah haji dan umroh dari Sumsel dan sekitarnya sangat besar. “Karena itu pada 14 Desember 2016 ada direct flight dari Palembang ke Jeddah oleh Garuda Indonesia,” terang Alex.
Faktor pendukung lain Palembang layak menjadi Pusat Manasik Haji Umroh/Haji Nasional, sambung Alek karena di kawasan terpadu embarkasi hajinya juga terdapat Museum Sejarah Islam. (Gabriel Bobby)


About author



You might also like

Culture

Wonderful Indonesia Menyapa Marseille

Taksi di Marseille mempromsikan destinasi wisata Indonesia (Ist) Womderful Indonesia menyapa ‘Les Marseillais’, sebutan bagi penduduk kota Marseille, Perancis bagian Selatan, serta para wisatawan asing di kota Marseille. Gambar destinasi wisata

Tourism

Memadukan Wisata Halal dengan Wisata Bahari

Menyatunya turis asing dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

Heritage

Jazz di Kota Lama Semarang, Eva Celia Pilih Menginap di Horison NJ Semarang

Eva Celia (Ist) Penyanyi Eva Celia ternyata memilih Hotel Horison NJ Semarang ketika mengisi acara jazz di Kota Lama Semarang. Hal tersebut disampaikan Titien Soendowo, Owner Representative Hotel Horison NJ

Tour Package

Wisatawan Keluhkan Kebersihan Destinasi Wisata di Cirebon

Foto: Rombongan wisatawan Nusantara dari Jakarta ketika mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, Gua Sunyaragi, dan Rumah Kerajinan Kerang Multi Dimensi di Cirebon, Jawa Barat (Ist) Pesona beberapa destinasi wisata di Cirebon,

Tourism

Silaturahmi DPRD Banten dengan ASTINDO Jakarta

Berita Foto: DPD ASTINDO DKI Jakarta mengadakan silaturahmi dengan Komisi III DPRD Provinsi Banten di Jakarta, Rabu (4/4/2018). Ketua DPD ASTINDO DKI Jakarta Mangara Gultom (berdiri) memberikan sambutan kedatangan DPRD

All About Indonesia

Polygon Perkuat Posisi di Pasar Asia

Taipei International Cycle Show 2017 (Ist) Perubahan perekonomian global berlangsung sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini dipengaruhi oleh gejolak politik, sosial budaya hingga teknologi. Pada akhirnya mendorong persaingan industri