Ke Tiongkok, Pemerintah Belajar Kembangkan Danau Toba

AY di tiongkok

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor (kedua dari kiri) didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan tanda mata kepada Walikota Hangzhou Zhang Hongming (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Hoangzhou, Tiongkok pada 10 hingga 13 Oktober 2016 bersama pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, serta sejumlah pemerintah daerah, yakni Pemprov Sumatera Utara, Pemkab Samosir Humbang Hasundutan, dan Pemkab Tapanuli Utara untuk bertemu dengan Walikota Hangzhou Zhang Hongming.

Pertemuan bertujuan menyerap keunggulan pemerintah kota Hangzhou menata Xi Hu (Danau Barat) menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Tiongkok maupun di tingkat global dimana daya tarik Xi Hu diakui sebagai situs rujukan wisata yang sangat populer, yaitu Trip Advisor.

Aktivitas wisata ke Xi Hu menempati peringkat satu dari ratusan pilihan wisata di Hangzhou. Data lain menunjukkan, sebagian besar wisatawan memberikan ulasan positif pada danau seluas 650 hektar ini, mendapat nilai rata-rata 4.7 dari skala 5 di Trip Advisor.

Tak salah jika Xi Hu menjadi pilihan utama berwisata di Hangzhou. “Setelah ditetapkan sebagai destinasi prioritas dan akan menjadi salah satu ’10 Bali Baru’ pada 2019 kita proyeksikan kunjungan wisman ke Toba akan meningkat signfikan mencapai 1 juta, dan untuk mencapai angka proyeksi 1 juta wisman tersebut, Presiden Jokowi telah menetapkan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba, sebagai langkah melakukan percepatan pembangunan Danau Toba,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (12/10/2016).

Tentunya mengacu pada Tiga A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), yakni merestorasi lingkungan Danau Toba (indestifikasi isu dan alternatif solusi), melakukan pengembangan pemasaran pariwisata (branding, advertising, dan selling), serta pengembangan SDM dan industri pariwisata, tambahnya.

Arief Yahya melanjutkan, Danau Toba sudah ditetapkan menjadi satu dari 10 Destinasi Prioritas. Artinya, destinasi ini akan dikembangkan sedemikian rupa, baik aksesibilitas, amenitas, maupun atraksinya.

Tujuannya Danau Toba siap menjadi primadona pariwisata. Targetnya pada 2019 nanti danau seluas 3.000 km2 itu bisa mendatangkan 2 juta kunjungan wisman.

Sebagai perbandingan, pada 2014 Xi Hu mendatangkan 3,26 juta turis. Menurut kisahnya danau ini sanggup menghadirkan kekaguman. Sejarah menulis, Danau Toba terbentuk akibat letusan megavulkanik puluhan ribu tahun silam.

Akibat dahsyatnya letusan itu, bumi diselimuti musim dingin selama 6 hingga 10 tahun. Selain itu, Danau Toba juga memiliki panorama alam yang indah, ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

Langkah Arief Yahya dan rombongan, selain untuk belajar tentang tata kelola danau, pemerintah Indonesia juga akan membicarakan kemungkinan terjalinnya kerja sama dengan Tiongkok.

Misalnya membuat nota kesepahaman Sister Lake Agreement antara Hangzhou dengan Pemkab Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun, Karo, dan atau Dairi.

Saat ini aksesibilitas menuju kawasan Danau Toba sudah lebih dekat, wisatawan bisa terbang langsung dari Jakarta dan kota lainnya ke Bandara Silangit di Siborong Borong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Sebelumnya wisatawan hanya punya pilihan mendarat di Bandara Kualanamu Medan. Perkembangan ini menyebabkan waktu perjalanan darat dipangkas lebih dari 3 jam.

Badan Otorita Danau Toba pun dibentuk agar pengembangan pariwisata Danau Toba berjalan cepat. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

World Heritage

Diplomasi Kuliner untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

Diplomasi kuliner Indonesia di Belgia (Ist) Kuliner khas Nusantara rupanya diminati saat dipromosikan diberbagai acara di belahan dunia. Demikian juga yang terjadi di Brussels, Belgia. Acara resepsi diplomatik KBRI Brussels

World Heritage

2000 Turis Cruise Kunjungi Tanjung Emas

Menyambut wisatawan asing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Ist) Tak kurang dari dua ribu wisatawan asing singgahi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah yang dikelola manajemen PT Pelabuhan Indonesia III

Destinations

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Ninik Irawan

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

SightSeeing

Melestarikan Budaya Nusantara Hingga ke Negeri Orang

Anggi (paling kiri) bersama tim menarikan tari Topeng Kembang Jakarta  (Ist) Potensi pariwisata Indonesia memang beragam. Bahkan, pesona negeri ini tak hanya pariwisata sebab masih didukung budaya khas Nusantara. Ya,

Destinations

Indonesia Gandeng Tiongkok Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama Chairman CNTA Li Jinzao beserta jajarannya dalam China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok 11-13 November 2016 (Ist)

Cuisine

Festival Budaya Lembah Baliem Incar Turis Tiongkok

Ilustrasi Festival Lembah Baliem (Ist) Pemerintah kabupaten Jayawijaya, Papua berharap Festival Budaya Lembah Baliem ke-28 akan semakin banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, termasuk turis dari Tiongkok. Demikian penjelasan Bupati Kabupaten Jayawijaya