Kejar Wisman Tiongkok, Kemenpar Siapkan Sales Mission

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I (Great China) Vinsensius Jemadu

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menggelar rangkaian Sales Mission di Republik Rakyat Tiongkok yang akan dilangsungkan di tiga kota yaitu Hefei, Xi’an dan Beijing pada 11 hingga 14 Juni mendatang. Pasar Tiongkok merupakan salah satu pasar wisman terbesar sehingga Kemenpar terus menggenjot potensi kunjungan wisman Tiongkok.

“Pasar Tiongkok sangat potensial dan menjadi target utama Kemenpar. Tahun 2017 outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 Juta namun hanya 1.6% yang ke Indonesia. Untuk itu kami akan terus menyasar wisatawan Tiongkok,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I (Great China) Vinsensius Jemadu, Sabtu (9/6/2018).

Pada kegiatan sales mission kali ini, Wonderful Indonesia akan all out dengan membawa delegasi pilihan. Tercatat empat travel agent dan travel online serta dua maskapai penerbangan diboyong dalam sales mission ini. “Target kita bisa menjual 100 pax di tiap kota. Kita juga akan membawa para penari serta musik tradisional Indonesia dalam rangkaian sales mission ini,” ungkap Nia Niscaya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Vinsensius Jemadu menjelaskan, sales mission di Kota Hefei akan digelar di Sofitel Jinan Silver Plaza Hotel pada 11 Juni 2018. Sedangkan di kota Xi’an akan digelar di Crown Plaza Shenyang Parkview pada 12 Juni 2018. Untuk sales mission di Beijing akan digelar 14 Juni di New Paris Hotel, Beijing.

Vinsensius menambahkan, potensi pasar untuk wisatawan Tiongkok ke Indonesia masih sangat besar. Apalagi, karakter destinasi di Indonesia sangat disukai wisatawan Tiongkok. Mereka biasanya sangat menikmati keindahan pantai dan alam bawah laut.

Untuk urusan destinasi bawah laut, Indonesia memang rajanya. “Potensi wisata bahari kita luar biasa. Dua per tiga coral dan biodiversity ada di Indonesia. Rugi besar kalau kita tidak bisa meyakinkan wisman untuk menyelami wisata bahari di tanah air,” kata Vinsensius Jemadu.

Akses penerbangan yang semakin baik menjadi modal besar yang dimiliki Indonesia. Apalagi outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 juta orang pada 2017. Mereka menghabiskan budget besar hingga RMB115,29 miliar atau Rp242,109 triliun.

Mengacu data International Luxury Travel Market Asia (ILTMA), wisatawan Tiongkok paling royal berbelanja di pasar global. Kemampuan rata-rata spending mereka mencapai US$1.139 per trip atau setara Rp15,9 juta (Kurs USD1 = Rp13.940).

“Agenda sales mission di Tiongkok semakin diintensifkan. Sebab, target kunjungan mereka di tahun ini juga dimaksimalkan. Selain kemampuan spending dan arus besar outbound-nya, wisatawan Tiongkok di tahun lalu juga menjanjikan,” ujar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I (Great China) Kemenpar, Vinsensius Jemadu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai sales mission ini memiliki fungsi strategis. Selain melakukan branding , juga dapat mengetahui keinginan pasar Tiongkok. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Cuisine

Orang Indonesia Pemegang Paspor Asing tak Bebas Visa?

Wisatawan Australia di Bali (Ist) Orang Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk yang menetap di negeri orang yang sudah tidak memegang paspor RI, namun menggunakan paspor negara setempat tengah

Hotel

Kalong di Soppeng yang Bersahabat dengan Manusia

Vila Yuliana di Soppeng (youtube) Kota Kalong. Begitu julukan yang diberikan untuk Soppeng di Sulawesi Selatan. Banyak kalong di Soppeng namun bersahabat dengan manusia sebab kalong tidak mengganggu orang dan

Culture

Upaya Pariwisata Indonesia Mengejar Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Bulan lalu, pariwisata Indonesia yang diwakili Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Hotel Sofyan mendapat kabar bagus lantaran negeri ini berjaya dengan menyabet tiga gelar dalam

Culture

Presiden Jokowi Kunjungi Booth Batik Fractal

Presiden Jokowi mengunjungi booth Batik Fractal (Ist) Tak salah memang Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Batik Fractal ketika melakukan kunjungan kerja ke Bandung Creative City Forum (BCCF) pada

Nature

Rhino Camp di Tanjung Lesung Sukses

Rhino Camp di Tanjung Lesung (Ist) Penyelenggaraan Rhino Camp yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Banten bekerja sama dengan Komunitas Explore Pandeglang sukses digelaer di destinasi wisata Tanjung Lesung. Adapun

Destinations

Sinergi Menteri Pariwisata dengan Forwarpar

Ucapan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H dari Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) (Ist) Media massa merupakan satu dari lima unsur pentahelix yang posisinya diakui