KEK Tanjung Lesung Masuk 10 Destinasi Wisata Fokus Pemerintah

Pemerintah akan fokus untuk menggenjot 10 destinasi pariwisata di Indonesia. Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi beberapa menteri di Kantor Koordinator Kemaritiman.

“Ada 222 lokasi yang akan dikembangkan. Tapi kita fokus di 10 lokasi wisata yang paling potensial untuk tingkatkan jumlah wisatawan. Supaya ada momentum di dalam penciptaan tourism,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli setelah rapat koordinasi yang dihadiri Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Adapun 10 destinasi wisata akan digenjot oleh Pemerintah antara lain, KEK Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Danau Toba di Sumatera Utara, Gunung Bromo di Jawa Timur, Labuan Bajo di Flores, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Morotai di Maluku, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Belitung dan Yogyakarta. Infrastruktur kesepuluh destinasi wisata itu akan segera diperbaiki mulai dari infrastruktur jalan hingga bandaranya.

Sedangkan menurut Menteri Pariwisata Arif Yahya, 10 destinasi wisata itu dipilih kerana secara bisnis menjadi lokasi yang yang paling cepat menyedot wisatawan sehingga memberikan dampak postif kepada perekonomian.

Selain pemilihan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pengembangannya, pemerintah juga akan terus memberikan kemudahan kepada wisatawan asing dengan pemberian bebas visa.

“Pak Presiden menginstruksikan kita untuk memberikan bebas visa ke lebih negara. Kita sudah mulai 15, ditambah 30 jadi 45 negara dan akan ditambah sekitar 45 negara lagi menjadi 90 negara tahun ini,” kata dia.

Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa untuk ekonomi Indonesia. Tahun ini, pemerintah menargetkan bisa mendapatkan devisa dari sektor pariwisata sebesar 12 miliar US$.

Pada 2013 lalu, devisa dari pariwisata hanya 10 miliar US$. Sedangkan pada 2014 naik menjadi 11 miliar US$. Diharapkan, pada 2019 nanti sumbangan devisa dari pariwisata mencapai 20 miliar US$. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

About author



You might also like

All About Indonesia

Apresiasi untuk Prestasi BUMN

KM Kelud milik PT Pelni (Ist) Perusahaan milik negara yang lebih dikenal dengan badan usaha milik negara (BUMN) mendapat penghargaan dalam ajang BUMN Branding & Marketing Award 2017 dari BUMN Track.

Heritage

Wisata Halal Indonesia Berjaya di Malaysia

Berita Foto: Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group mengaku bersyukur dalam ajang Asia Halal Brand Awards 2017 Rhadana Kuta Bali dinobatkan sebagai Best Halal Boutique Hotel in Asia

Destinations

Revin Banggakan Indonesia

Revindia Carina (Ist) Revindia Carina mengukir prestasi gemilang yang membanggakan Indonesia di kancah internasional. Sosok perempuan yang ramah ini menorehkan namanya untuk kebanggaan negeri ini di Korea Selatan. Perempuan berparas

Slideshow

Vote Kezia Warouw, Menangkan Indonesia di Miss Universe 2016

Vote Kezia Warouw (Ist) Follow akun IG (Instagram) Kezia Warouw di @keziawarouw untuk mendukung Puteri Indonesia 2016 yang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2016 yang dilangsungkan di Manila, Filipina.

Culture

Memotret Aktivitas Putri Pariwisata Indonesia 2016 di Semarang

Berita Foto: Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tange rupanyal tidak hanya mengikuti proses audisi Roadshow pemilihan Putri Pariwisata 2017 di Semarang, Jawa Tengah yang digelar El John Pageants di

Hotel

Menanti Wisatawan Australia Bertambah Banyak ke Indonesia

Berpose di IndoFest 2016 (Ist) Indonesia Festival atau yang biasa disebut IndoFest 2016 adalah salah satu cara menyapa warga Australia Selatan dengan budaya dan seni bernuansa Wonderful Indonesia. “Indofest adalah