Kemenpar Ajak Masyarakat Sulut Semakin Sadar Wisata

Destinasi wisata di Sulawesi Utara (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) agar semakin sadar wisata dalam upaya pengembangan potensi pariwisata sehingga semakin menyejahterakan wilayah tersebut.

Analis Kebijakan Madya pada Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Rinto Taufik Simbolon di Jakarta, Senin (13/5/2019) mengatakan, perlunya pengetahuan Sadar Wisata dan Sapta Pesona dalam pemberdayaan masyarakat.

“Untuk mengembangkan pariwisata di Sulut diperlukan rekomendasi dan sinergi baik pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media dalam pengembangan destinasi pariwisata atau desa wisata di kabupaten/kota se-Sulawesi Utara,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Sementara Kasubbag Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara yang juga Ketua Panitia Workshop Sadar Wisata Anita Samba mengatakan, untuk mendorong masyarakat Sulut semakin sadar wisata mengingat besarnya potensi pariwisata di kawasan itu, maka digelar Workshop Sadar Wisata kepada pelaku usaha wisata.

Destinasi wisata bahari di Sulut (Ist)

“Kami mengundang sekitar 50 perwakilan dari SKPD terkait Provinsi Sulawesi Utara, Para Pokdarwis, Pengelola Destinasi Pariwisata, Pengelola Desa Wisata, pelaku usaha masyarakat termasuk kuliner, kerajinan, seni budaya, dan pemandu wisata,” katanya.

Workshop Sadar Wisata digelar pada 10 Mei 2019 di Hotel Gran Puri Manado, Sulawesi Utara dihadiri Joudy Sensuk, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Trike Tulung (akademisi), dan Jhon H Paerunan, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar.

Anita Samba berharap kegiatan itu bisa menggali potensi usaha pariwisata atau masyarakat dan sekaligus menyinergikan dalam pengelolaannya.

“Upaya ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang sadar wisata dan pengembangan destinasi pariwisata/desa wisata,” katanya.

Pihaknya juga berharap workshop itu bisa memberikan pemahaman dalam menciptakan unsur-unsur Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) di wilayah atau destinasi atau desa wisata, sekaligus memberikan pemahaman tentang pelayanan yang baik terhadap tamu atau wisatawan.

Workshop itu ke depan diharapkan mampu membangun sinergitas kegiatan berupa partisipasi dan kontribusi antar SKPD dan stakeholder dalam pengembangan SDM pariwisata.

Di samping juga untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat agar mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan kepariwisataan.

“Ini juga untuk menjadikan masyarakat yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan nilai-nilai Sapta Pesona di destinasi atau desa wisata sekaligus menjadikan masyarakat lebih memiliki keterampilan dan sikap peserta sebagi tuan rumah yang baik dalam melayani wisatawan,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Hasil Promosi Wisata Pasti tapi Tak Bisa Seketika

Kalibiru di Yogyakarta, destinasi yang bakal menarik minat wisatawan asing ke Indonesia (Ist) Hasil promosi pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara tidak bisa dilihat seketika karena butuh proses meyakinkan wisatawan asing

Airlines

GMT 2016, Ajang Promosi Wisata dan Maritim Indonesia

Wonderful Indonesia (Ist) Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membentuk acara promosi wisata dan maritim Indonesia saat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. “Dari hasil rapat, intinya kami

World Heritage

‘Pembaruan adalah Keniscayaan’

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Di Seminar General Aviation, Menteri Pariwisata Arief Yahya sebut pembaruan adalah keniscayaan. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutarakan perubahan dalam sektor pariwisata adalah sebuah keniscayaan.

SightSeeing

Jaranan Banyuwangi Memukau di Malaysia

Atraksi dari Indonesia yang memukau (Ist) Atraksi kesenian yang ditampilkan dalam Indonesia Street Festival di Bukit Bintang menghebohkan warga negeri jiran, Malaysia. Tak hanya warga Malaysia, Indonesia Street Festival yang

Investments

PT Pelindo III Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pertamina dan IBT

Kerja sama yang dilakukan Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III melalui salah satu anak usahanya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) atau BJTI Port melakukan kerja sama

Journey

Kereta Wisata, Yogyakarta, dan Wisman

Kereta wisata Priority (Ist) Indonesia memang kaya akan destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Sebut saja Yogyakarta, destinasi wisata yang sudah lama dikenal wisatawan, selain Bali yang juga begitu terkenal