Kemenpar Ajak Masyarakat Sulut Semakin Sadar Wisata

Destinasi wisata di Sulawesi Utara (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) agar semakin sadar wisata dalam upaya pengembangan potensi pariwisata sehingga semakin menyejahterakan wilayah tersebut.

Analis Kebijakan Madya pada Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Rinto Taufik Simbolon di Jakarta, Senin (13/5/2019) mengatakan, perlunya pengetahuan Sadar Wisata dan Sapta Pesona dalam pemberdayaan masyarakat.

“Untuk mengembangkan pariwisata di Sulut diperlukan rekomendasi dan sinergi baik pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media dalam pengembangan destinasi pariwisata atau desa wisata di kabupaten/kota se-Sulawesi Utara,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Sementara Kasubbag Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara yang juga Ketua Panitia Workshop Sadar Wisata Anita Samba mengatakan, untuk mendorong masyarakat Sulut semakin sadar wisata mengingat besarnya potensi pariwisata di kawasan itu, maka digelar Workshop Sadar Wisata kepada pelaku usaha wisata.

Destinasi wisata bahari di Sulut (Ist)

“Kami mengundang sekitar 50 perwakilan dari SKPD terkait Provinsi Sulawesi Utara, Para Pokdarwis, Pengelola Destinasi Pariwisata, Pengelola Desa Wisata, pelaku usaha masyarakat termasuk kuliner, kerajinan, seni budaya, dan pemandu wisata,” katanya.

Workshop Sadar Wisata digelar pada 10 Mei 2019 di Hotel Gran Puri Manado, Sulawesi Utara dihadiri Joudy Sensuk, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Trike Tulung (akademisi), dan Jhon H Paerunan, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar.

Anita Samba berharap kegiatan itu bisa menggali potensi usaha pariwisata atau masyarakat dan sekaligus menyinergikan dalam pengelolaannya.

“Upaya ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang sadar wisata dan pengembangan destinasi pariwisata/desa wisata,” katanya.

Pihaknya juga berharap workshop itu bisa memberikan pemahaman dalam menciptakan unsur-unsur Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) di wilayah atau destinasi atau desa wisata, sekaligus memberikan pemahaman tentang pelayanan yang baik terhadap tamu atau wisatawan.

Workshop itu ke depan diharapkan mampu membangun sinergitas kegiatan berupa partisipasi dan kontribusi antar SKPD dan stakeholder dalam pengembangan SDM pariwisata.

Di samping juga untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat agar mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan kepariwisataan.

“Ini juga untuk menjadikan masyarakat yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan nilai-nilai Sapta Pesona di destinasi atau desa wisata sekaligus menjadikan masyarakat lebih memiliki keterampilan dan sikap peserta sebagi tuan rumah yang baik dalam melayani wisatawan,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Golden Siap di Era Digital

Golden Mind, diversifikasi usaha yang dilakukan Rina Darmawan (Ist) Tak bisa dipungkiri kini dunia, termasuk Indonesia sudah masuk zaman digital. Dan, era digital memudahkan banyak orang unutk melakukan beragam aktivitas,

Destinations

Ikuti Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung

Berita Foto: Ikuti kompetisi fotografi dalam di Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung. patainanews.com menjadi media partner (Ist)

Slideshow

Obama Melihat Aman Kunjungi Indonesia

Barack Obama (Ist) Kedatangan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur memiliki arti yang strategis bagi The World Cultural Masterpiece ini. Sebagai tokoh dunia, Obama

Festival

Investor China Komitmen Gelontori Destinasi Morotai Rp130 Triliun

Launching Calendar Of Events Wonderful Morotai Iskandar Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta.(21/4/2017) (Ist) Destinasi Morotai menggeliat sehingga investor-investor besar mulai melirik potensi tempat

Culture

Pariwisata NTB Sambut Investasi Arab Saudi di Lombok

LA Hadi Faishal (Ist) Pelaku bisnis pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyambut baik Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang akan melakukan investasi di Lombok. Hal tersebut dikatakan

World Heritage

Museum Direvitalisasi untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Pemenang lomba dan Komunitas Luar Kotak (Ist) Seiring semakin gencar promosi pariwisata Indonesia, termasuk melalui media sosial memberikan dampak positif terhadap kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) ke