Kemenpar Dukung BRI Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizky Handayani (kanan), Direktur Konsumer Bank BRI Handayani (tengah) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung program BRI Online Travel Fair ke-22 yang diinisiasi oleh online travel agen terkemuka Traveloka dengan Bank BRI untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Tanah Air.

Melalui BRI Online Travel Fair, para pengguna dan nasabah kartu kredit BRI diberikan penawaran beragam promo, diskon, dan cashback untuk berwisata di berbagai destinasi di Tanah Air.

Peluncuran BRI Travel Fair 2019 dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizky Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, Kepala Divisi Kartu Kredit BRI Wibawan Prasetyawan, dan Head of Global Partnership Traveloka, Yadi Guitana. Acara tersebut diadakan di Gedung BRI Innovation Center, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Pada kesempatan tersebut Rizky mengungkap bahwa harga promo dan diskon yang dihadirkan melalui BRI Online Travel Fair bisa menjadi upaya untuk menstabilkan pertumbuhan pariwisata Indonesia.

Terlebih belakangan ini, kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi berdampak pada sektor pariwisata. Diharapkan dengan inovasi seperti ini, dapat membantu masyarakat mendapatkan akomodasi yang murah. Apalagi harga tiket promo yang diberikan pada Maret 2019, dimana biasanya banyak orang yang mencari tiket murah untuk keperluan mudik lebaran.

Lebih lanjut, menghadapi harga tiket pesawat yang tinggi, Kemenpar mengimbau agar maskapai yang menaikan harga tiket, melakukannya secara bertahap dan memberikan notifikasi kepada pelanggan jauh hari sebelumnya. “Kalau mau naik jangan tiba-tiba, karena kenaikan satu harga tidak hanya berdampak pada minat travel masyarakat, tapi juga pada sektor lain seperti hotel dan moda transportasi,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (14/3/2019).

Sementara Vice President Kartu Kredit BRI Wibawa Prasetyawan menyampaikan bahwa pihaknya optimistis dapat meraih keuntungan sekitar Rp5 miliar dari 800 ribu orang nasabah yang bertransaksi. Dia menambahkan, sektor leisure juga berpengaruh besar terhadap transaksi kartu kredit BRI.

Tahun lalu, pertumbuhan kartu kredit di sektor ini naik 124 persen. Ditargetkan, tahun ini pertumbuhan akan lebih kecil, yaitu sekitar 90 persen.

“Kerja sama dengan Traveloka membawa dampak baik bagi BRI. Sekitar 45 persen transaksi di sektor pariwisata berasal dari penggunaan Traveloka,” imbuhnya lagi.

Sedangkan Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya Bank BRI untuk memberikan harga tiket yang lebih murah terutama bagi masyarakat yang hendak mudik atau berlibur saat musim Lebaran nanti.

Selain “BRI Online Travel Fair”, BRI juga memiliki program reguler “Weekly Deals” berupa diskon hingga 25 persen untuk pemesanan tiket transportasi seperti bus, kereta, dan pesawat. Program reguler “Weekly Deals” dapat dinikmati nasabah Kartu Kredit BRI sampai 31 Desember 2019. Harapannya, program “Weekly Deals” dari BRI ini akan meningkatkan keinginan masyarakat untuk berlibur ke destinasi-destinasi wisata domestik di Indonesia.

Dalam hal promosi pariwisata, BRI dan Kementerian Pariwisata juga telah bekerjasama melalui Co Branding dengan menerbitkan kartu “Wonderful Indonesia” yang diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata dalam negeri. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Garap Turis Negeri Jiran, Biro Perjalanan Malaysia ke Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen Tanjung Lesung menyambut gembira kunjungan agen perjalanan dari Johor Bahru dan Kuala Lumpur, Malaysia karena diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Slideshow

Sekda DKI Jakarta Dukung IKDAM Jaksel

Berita Foto: Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta H Saefullah menghadiri pelantikan IKDAM Jaksel dalam Lebaran Betawi ke 11 tahun 2018 yang digelar di Setu Babakan, Jumat (30/7/2018) Sekda Pemerintah Provinsi

Nature

Maret 2017, ASDP Indonesia Ferry Bakal Investasi di Labuan Bajo

Labuan Bajo (Ist) Semangat Indonesia Incorporated yang dipopulerkan Menpar Arief Yahya terus direspons berbagai kalangan. Giliran PT ASDP Indonesia Ferry yang berkomitmen mengembangkan pelabuhan penyeberangan di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten

Festival

Pengembangan Bandara Komodo Wujud Komitmen Pemerintah Membangun Perekonomian Daerah

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Mengawali kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Jokowi, Minggu, 27 Desember 2015, meresmikan Gedung Terminal Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo. Pengembangan bandara

Tour Package

9 September, Penyerahan Penghargaan PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 CEO PATA Mario Hardy mengucapkan selamat kepada pemenang PATA Gold Awards 2016. “Atas nama PATA, selamat kepada peraih Gold Award dan mengucapkan terima kasih kepada semua

Hotel

Wapres JK akan Kunjungi Toraja

Tongkonan, Rumah Adat Toraja (Ist) Keunikan tradisi dan budaya khas Toraja menarik perhatian Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 silam