Kemenpar Dukung Promosi GMT 2016 di Palu

jembatan di Palu

Jembatan ‘Kuning’ Ponulele di Palu (Ist)

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan dalam bentuk promosi gerhana matahari total (GMT) 2016 mendatang di Palu, Sulawesi Tengah.

“Kementerian Pariwisata mendukung promosi GMT 2016 mendatang dengan menggandeng media massa nasional maupun internasional, termasuk televisi di dalam negeri maupun di luar negeri,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Palu Susi Elvira Wahjuni Mastura ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (24/11/2015).

Seperti diketahui, fenomena alam nan eksotis gerhana matahari total (GMT) pada 2016 mendatang di Indonesia akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Sejumlah daerah di negeri ini akan bisa menyaksikan fenomena alam ini, termasuk di Palu, Sulawesi Tengah. Karenanya pemerintah kota (Pemkot) Palu terus bersiap diri menyambut GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Ada kabar baik datang dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu yang menyebutkan hingga saat ini ada sekitar 10.000 wisman yang akan berkunjung ke Palu untuk melihat GMT 2016.

“Wisatawan asing itu berasal Jepang, Inggris, Korea Selatan dan lainnya,” katanya. Susi, begitu ia biasa disapa, menjelaskan bahwa hingga saat ini tingkat hunian hotel di Palu sangat tinggi sebab sudah hampir penuh kamar dipesan wisatawan yang ingin melihat fenomena alam yang baru akan terjadi 250 tahun mendatang.

“Kami melakukan sinergi dengan pemerintah kabupaten Sigi untuk GMT sehingga di Sigi akan ada perkemahan terbuka untuk melihat GMT sebab 99 persen kamar hotel di Palu sudah habis dipesan,” paparnya.

Susi optimistis hingga tahun depan menjelang 9 Maret 2016, jumlah turis asing yang datang ke Palu akan lebih dari 10.000 orang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di ITB Berlin

Wonderful Indonesia berjaya di ITB Berlin (Ist) Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman dikenal sebagai pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.

Tourism

Nihiwatu Membanggakan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan pada Press Conference Nihiwatu “#1 Hotel in the World” By Travel + Leisure Magazine’s bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016) (Ist)

Festival

Menanti Kerja Sama Putri Pariwisata Indonesia dengan Bupati Banyuwangi

Revindia Carina (1st Runner-up Putri Pariwisata Indonesia 2017) (paling kiri) yang akan berangkat menuju Miss Global Beauty Queen 2017, dan Johnie Sugiarto, CEO El John Indonesia (mengenakan Batik) (Ist) Revindia

Cuisine

Memotret Perempuan Sasak Menenun Subahnale

Ilustrasi tenun Subahnale (Ist) Lantunan kalimat tasbih Subhanallah (Maha Suci Allah SWT) tak berhenti diucapkan dari mulut wanita suku Sasak di Desa Sekarara, Lombok, Nusa Tenggara Barat ketika melihat hasil menenun.

Destinations

Sumpah Pemuda, WWF Indonesia Gandeng HSBC untuk Konservasi Laut Indonesia Timur

Logo WWF (Ist) Momentum Hari Sumpah Pemuda dimanfaatkan WWF Indonesia untuk mengembangkan potensi wisata bahari di kawasan Indonesia timur. Keindahan pelosok Indonesia Timur selama ini menawarkan pesona laut, pariwisata dan

Destinations

‘Mengubah Kehidupan Sosial yang Lebih Baik dengan Wisata Halal’

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Kemenangan Indonesia di World Halal Tourism Awards 2016 membanggakan karena pariwisata negeri ini mampu menyabet 12 penghargaan sehingga ini menjadi modal berharga untuk mengembangkan