Kemenpar Gandeng Tiket.com Kejar Target Kunjungan Wisman 2019

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Tiket.com bekerja sama untuk mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mencapai 20 juta orang pada 2019.

Sebagai salah satu travel online terbesar di Indonesia, Tiket.com diharapkan bisa berkontribusi meningkatkan sektor pariwisata Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa di Menara BCA, Jakarta, Senin (4/3/2019) menyambut baik upaya Tiket.com bersinergi menyukseskan program pemerintah.

“Performa bisnis sebuah industri tergantung dua hal yakni regulasi dan teknologi. Pemerintah wajib mendukung start up yang kepemilikannya masih dikuasai anak negeri,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menurut Menpar Arief Yahya, pelaku usaha dan pemerintah harus bekerja sama untuk membangun industri, terutama pariwisata. Terlebih, start-up digital seperti Tiket.com merupakan pilihan generasi milenial.

Dia juga menuturkan, Indonesia saat ini sedang mengarah pada pengembangan tourism 4.0 yang mengedepankan peran anak muda. Alasannya, survei pengguna tourism 4.0 secara internasional menunjukkan porsi milenial mencapai 50 persen.

“Karena itu perlu langkah cepat dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” katanya.

Menpar Arief Yahya menyebutkan, solusi untuk menggaet pasar milenial adalah meningkatkan kerja sama industri dengan pelaku usaha lain seperti duta besar perwakilan, selebritas, ataupun komunitas.

“Peningkatan kerja sama dalam bisnis itu bisa meminimalkan ongkos akuisisi menjadi lebih murah dan lebih cepat,” ujar Menpar Arief Yahya. Pada kesempatan yang sama, Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa menyatakan akan mengadaptasi program pemerintah dalam kerja sama tersebut.

“Semua promo akan kami luncurkan secara cepat, kami sudah siap,” kata Gaery.

Program yang akan menjadi andalan Tiket.com adalah mendorong “low cost” terminal untuk penerbangan biaya murah, peningkatan wisata perbatasan terutama di Kepulauan Riau, serta paket wisata untuk 15 destinasi nasional. Nantinya, konsumen bakal mendapatkan kode promo untuk potongan harga.

Gaery menjelaskan, 15 destinasi dimaksud yakni destinasi yang sedang menjadi prioritas pengembangan pemerintah meliputi Bandung, Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Wisata Bahari (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, Manado, Palembang, Labuan Bajo, dan Padang.

Program Tiket.com, kata Gaery, bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta wisatawan nusantara (wisnus). Terutama ke destinasi yang sudah disepakati tersebut.

“Kami akan spesialisasi semua yang berhubungan dengan Wonderful Indonesia, dari tiket pesawat, hotel, sampai penggunaan terminal biaya rendah, dan akomodasinya. Detailnya bakal ada di aplikasi,” ujar Gaery. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Hotel Neo Samadikun Cirebon Lestarikan Kuliner Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Tradisi kuliner Cirebon selama ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik bagi wisatawan Nusantara maupun turis asing ketika mereka berkunjung ke Kota Udang ini.

SightSeeing

Menikmati Malam di Oasis Heritage Restaurant

Appetizer yang ada di Oasis Heritage Restaurant Kuliner asal Indonesia memang mengundang semua orang untuk menikmati, termasuk wisatawan asing. Namun, tak hanya sebatas makan saja, tapi menikmati budaya asli negeri

Slideshow

‘Jangan Hanya Share Foto Selfie Tapi Juga Share Foto Destinasi Wisata’

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo foto selfie di Wahana Hutan Meranti Kotabaru, Kalimantan Selatan Seiring perkembangan zaman, kini semua orang bisa memanfaatkan gadget untuk kebutuhan memotret. Dan, di Indonesia

Heritage

Koleksi Batik Bertabur Kupu-Kupu

Batik Lindy Ann (Ist) Batik Lindy Ann memastikan hadir di Citos, Jakarta dengan koleksi batik pesisir dan batik mega mendung bertabur kupu-kupu. Adapun koleksi batik pesisir dan batik mega mendung

Nature

Tomohon Incar Turis Tiongkok

Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 (Ist) Sulawesi Utara kini diminati wisatawan Tiongkok. Karenanya Tomohon yang juga ada di Sulawesi Utara akan ikut serta mendukung upaya Sulawesi Utara menjaring turis

Tour Package

Jalan-Jalan ke Sumatera Utara Jangan Lupa Danau Toba

Danau Toba (Ist) Mulai hari ini, patainanews.com mencoba untuk mengulas 15 destinasi wisata favorit 2017 di Indonesia yang tersebar di Nusantara untuk panduan wisatawan. Adapun 15 destinasi wisata 2017 versi