Kemenpar Garap Wisman di Tiongkok

Arief Yahya di asita

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Sukses Imlek 2016 yang ke-2567 di Pulau Dewata, Bali yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok bukan datang secara tiba-tiba tapi melalui proses marketing panjang sejak 2015 yang digenjot secara konsisten oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Kami gunakan media-media berpengaruh di Tiongkok. Dari CCTV, CNS, Xinhua, Baidu, dan semua channel, semua platform digital yang punya pengaruh di sana kami promosikan ‘Wonderful Indonesia’,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (17/2/2016).

Lantas, apa saja trik yang sudah dilakukan? “Banyak! Pertama, Sales Misson yang mengajak para industri pariwisata di Tanah Air, terutama dari tiga greaters dan 10 top destinasi, dan kota-kota lain yang pariwisatanya sudah siap dipromosikan, untuk matching sellers dan buyers. Sudah ada appointment dulu, lalu bertemu dan saling membuat komitmen,” jelas Arief Yahya.

Kedua, lanjut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, Festival-festival atau pertunjukkan kesenian, kebudayaan, dan semua yang bernuansa kuat ‘Wonderful Indonesia’ di banyak kota di Tiongkok.

Targetnya adalah mengenalkan nama Indonesia dengan berbagai destinasi menarik yang tidak ada duanya di dunia. Ketiga, Exhibition atau pameran-pameran yang selalu menampilkan para pelaku bisnis pariwisata, sekaligus mem-branding pariwisata Indonesia.

“Semua kita jalani dengan konsep Branding, Advertising dan Selling (BAS),” kata Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus ini. Di kota mana saja promosi itu digeber?

“Kota besar sudah pasti, dari Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Tetapi di kota-kota lain juga semakin agresif kami lakukan, seperti Kunming, Changsa, Chengdu, Xian, Wuhan, Ningbo, Shenzen, Hefei, Nanning, Hangzhou, Shenyang, Dalian, Xiamen, dan lainnya. Anda harus ingat, kota kecilnya China itu, sama dengan kota besarnya Indonesia. Penduduknya besar, dan daya belinya kuat,” ungkap Mantan Direktur Utama PT Telkom Indonesia ini.

Awal April nanti, lanjutnya, ada yang baru dalam format promosi ‘Wonderful Indonesia’ agar lebih permanen dan nyantol lebih familiar.

Yakni membuka Restoran Wonderful Indonesia di Hefei, Provinsi Anhui, yang berpenduduk 70 juta. Branding di restoran itu akan nempel terus sehingga setiap orang melintas di lokasi itu sudah langsung tertanam branding ‘Wonderful Indonesia’.

Ibarat sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali mem-branding restoran, dimana nama itu sendiri sudah sangat promotif.

Sekaligus mempromosikan masakan khas Indonesia di masyarakat Tiongkok. “Kuliner adalah produk budaya, dan banyak makanana khas Indonesia yang cocok di lidah orang-orang China. Beberapa mereka juga suka pedas dan gurih. Banyak masakan Indonesia yang bernuansa pedas dan gurih,” kata Arief Yahya yang didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana dan Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vincensius Jemadu.

Jika ini sukses, lanjutnya, tahun 2016 ini akan dibuka 10 restoran Wonderful Indonesia yang lain di lokasi lain di Negeri Kungfu Panda itu.

Resto ini merupakan join dengan investor lokal Tiongkok yang sudah berbisnis di restoran,” jelas lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris, dan Program Doktoral Unpad Bandung ini. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

PATA Indonesia akan Bantu Promosikan Tanjung Lesung

PATA Indonesia Chapter akan membantu upaya manajemen PT Jababeka Tbk untuk mempromosikan kawasan wisata Tanjung Lesung ke mancanegara sehingga bisa menarik minat wisatawan asing berkunjung ke kawasan wisata yang terletak

Festival

Jelang Libur Akhir Tahun, Mampir ke Astindo Jakarta Travel Fair 2016

Pembukaan Astindo Jakarta Travel Fair 2016 di JCC (Ist) Menjelang libur akhir tahun, traveler yang tengah mencari promo tiket dan paket liburan tidak perlu khawatir karena bisa mampir ke Astindo

Destinations

Arief Yahya, Sosok Menteri yang Pekerja Keras

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai sebagai menteri yang simpatik, ramah dan pekerja keras. Penilaian itu

World Heritage

Wisatawan Mancanegara Suka Traveling dengan Kereta Wisata

President Director PT KA Pariwisara Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) ternyata menyukai traveling selama mereka ada

Slideshow

Berburu Kopi Liong Bulan Ketika Traveling ke Bogor

Kopi Liong Bulan (Ist) Anton Ristiono, seorang wisatawan Nusantara mengaku menikmati perjalanan wisata kuliner ke Taman Ria Ade Irma Suryani (Taman Topi) di Bogor, Jawa Barat. Menariknya ia yang traveling

Airlines

Turis Australia Suka ke Lampung

Pulau Pahawang di Lampung (Ist) Destinasi wisata d Indonesia yang beragam memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke negeri ini. Tak salah Lampung menjadi salah